Wahyuni F. Herawati ~ Berkali-kali Gagal, Kini Sukses Usaha Sablon Dengan Omset Puluhan Juta

Pengalaman adalah guru yang berharga, pepatah tersebut cocok untuk menggambarkan perjalanan usaha seorang Wahyuni F herawati. Setelah berkali-kali gagal menjalankan usaha, Wahyuni akhirnya sukses di bisnis sablon kaos dengan mendirikan Sablon Bogor. Dengan kualitas sablon dan pelayanan yang prima, Wahyuni mampu meraup omset hingga Rp 70 juta/ bulan. Kini, Wahyuni mulai melebarkan sayap usahanya dengan melakukan ekspansi usaha ke bidang konveksi lainnya. Seperti apa perjuangan Wahyuni menjadi pengusaha sukses?

Awal Mula Usaha Sablon Bogor

Siapa yang tidak kenal dengan sablon, hampir setiap orang Indonesia pasti mengenali usaha ini. Apalagi jika dilihat dari keberadaannya yang cukup lama di ranah usaha konveksi membuat usaha ini dapat dengan mudah dijumpai di setiap kota. Namun meski sudah banyak pemainnya, rupanya usaha di bidang yang menggunakan tinta sebagai bahan baku utamanya ini tetap memiliki prospek yang menggiurkan. Selain karena peminatnya cukup banyak, inovasi pada jenis sablon menjadikan usaha ini tetap eksis.

Jika biasanya usaha sablon identik dengan kaum adam, maka Wahyuni F Herawati adalah sebuah pengecualian. Bahkan wanita yang akrab disapa Wahyuni ini sukses mengantongi omset sebesar Rp 70 juta dalam sebulan, dan bisa meningkat hingga Rp 100 juta pada musim pilkada. Lewat usaha sablon, Wahyuni bisa berinvestasi untuk membangun usaha lainnya.

Berkali-kali Mengalami Kegagalan

Namun siapa sangka usaha sablon bukanlah usaha pertama yang dijalani oleh wahyuni. Sebelumnya Wahyuni sempat beberapa kali menekuni dunia usaha namun mengalami kegagalan. Meski begitu Wahyuni yang sejak kuliah memang ingin menjadi entrepreneur ini tidak pernah kapok untuk memulai merintis usaha.

Sebelum sukses di usaha sablon, lulusan IPB Bogor ini pernah melakoni usaha angkringan hingga barang dagangannya disita lantaran terjaring razia dan digusur oleh satpol PP lantaran berjualan di lokasi yang memang dilarang untuk berjualan. “Yang membuat saya sedih adalah pada saat saya ingin menebus gerobak di kantor satpol PP, ternyata gerobak saya dan isingan sudah tidak ada,” ujarnya.

Wahyuni F. Herawati ~ Berkali-kali Gagal, Kini Sukses Usaha Sablon

Meski sedih namun Wahyuni legowo dan menyadari musibah tersebut lantaran kesalahannya yang memilih lokasi jualan yang memang dilarang.  Belajar dari pengalaman tersebut Wahyuni mencoba usaha lain yang tidak bertentangan dengan hukum. Wahyuni pun mencoba usaha lainnya dengan membeli beberapa produk unik dan kreatif di pasar kulakan Senin Jakarta yang kemudian dijual olehnya kembali. Meski cara ini cukup aman, jarak Jakarta dan rumahnya yang berada di Bogor cukup jauh serta selisih keuntungan yang sedikit membuat usaha ini tidak begitu lama usianya.

Meski telah gagal dua kali tidak membuat Wahyuni jera, namun justru memberinya ide untuk memulai usaha baru yaitu sablon baju. Melihat ada pelatihan Diklat sablon yang diadakan di kota Bandung, memberikan Wahyuni ide untuk menekuni usaha sablon. Kebetulan sang suami Reza Rifyal Akbar sedang menganggur sehingga dapat mengikuti pelatihan tersebut. “Sebelumnya kami tidak memiliki keahlian di bidang sablon, namun melihat prospek yang cerah makanya saya minta suami untuk mengikuti Diklat tersebut dan kalau sudah mahir kita bisa buka usaha sablon,” terangnya.

Selesai mengikuti pelatihan tersebut, Wahyuni dan suaminya memberanikan diri membuka usaha sablon. Berbekal modal sebesar Rp 300 ribu Wahyuni mulai merintis usaha sablon yang diberi nama Sablon Bogor yang berdiri sejak 14 Agustus 2012. Modal tersebut digunakan untuk kegiatan promosi saja seperti membuat brosur, dan akomodasi suami dalam mempromosikan usahanya, sedangkan untuk bahan-bahan seperti kaos dan sablon Wahyuni menjalin kerjasama dengan para pengusaha sablon.

“Jadi di awal itu bisa dikatakan kita itu cuma broker, kalau ada pembeli kita langsung lempar ke pengusaha sablon yang sudah cukup ternama di Bandung,”ungkapnya.

Jemput Bola

Perlahan namun pasti Sablon Bogor mulai banyak dikenal oleh masyarakat. Bahkan jika dulu hanya sebagai broker yang menyerahkan pengerjaan sablon ke oranglain, kini Wahyuni sudah bisa mengerjakannya sendiri. Tidak hanya menerima sablon, Wahyuni juga menerima jasa konveksi lainnya seperti pembuatan kemeja, seragam batik, swetter, celana training, seminar kit, dan masih banyak lagi.

Soal harga cukup bervariasi mulai dari Rp 15-150 ribu. Meski sudah ada price list, namun dalam menentukan harga dapat menyesuaikan dengan budget yang dimiliki oleh pelanggan. “Kami selalu memberikan pelayanan maksimal sesuai budget yang dimiliki oleh pelanggan dengan memberikan solusi tanpa harus mengurangi kualitas dan hasil produksi,” ujarnya.

Adapun untuk pemesanannya dapat dilakukan dengan cara baik datang langsung ke lokasi produksi, maupun juga bisa dilakukan dengan cara online cukup dengan email kemudian konfirmasi ke customer service maka barang sudah bisa dikerjakan. “Jika sudah deal, kami menetapkan DP sebesar 50% dengan transfer pembayaran melalui rekening, dan barang akan dikirim ke alamat setelah pesanan selesai dikerjakan,” ungkapnya.

Sedangkan keunggulan lainnya yang sudah dimiliki Sablon Bogor terletak pada pelayanan yang merupakan layanan konveksi satu atap. Dijelaskan Wahyuni yang dimaksud dengan layanan satu atap disini adalah semua proses yang dilakukan mulai dari awal sampai akhir dilakukan dan dikerjakan pada satu tempat, sehingga kualitas dan pengerjaannya dapat dikontrol dengan baik. Satu lagi keunggulan dalam bentuk layanan juga terdapat pada sistem jemput bola yang dijalaninya, dengan mendatangi tempat konsumen untuk konsultasi pesanan. “Layanan ini kami khususkan bagi instansi pemerintahan, swasta, maupun komunitas dan perorangan yang memiliki waktu produktif pada jam,” ungkapnya.

Promosi Usaha

Dengan berbagai keunggulan yang dimilikinya dan selama manusia masih memakai baju maka selama itu pula usaha yang digelutinya memiliki prospek yang jelas. Namun agar usaha tetap eksis dan dikenal banyak orang Wahyuni mengakalinya dengan rajin berpromosi baik melalui online dan sosial media.  Dan juga melalui menjaga hubungan baik dengan konsumen yang pernah mencoba jasa konveksi milikinya. “Jika konsumen sudah percaya dengan jasa kita, maka jika mereka ingin membuat produk lagi pasti akan kembali ke kita, dan bisa jadi merekomendasikan ke orang lain,” ungkapnya. 

Info lebih lanjut mengenai usaha sablon ini, hubungi:

Sablon Bogor
Jl. Flamboyan I no. 4 Villa Citra Bantarjadi Blok F2 Kota Bogor
Telp : 0812900883212, 089608787234
Email : info@sablonbogor.com
Website: www.sablonbogor.com

Baca juga:

Leave a Reply