Usaha Bimbingan Belajar APIQ Mathematics, Waralaba Spesialis Matematika

Berangkat dari kepedulian terhadap pendidikan di Indonesia khususnya mata pelajaran Matematika membuat Agus Nggermanto tertarik mendirikan usaha bimbingan belajar APIQ Mathematics. Berbeda dari usaha bimbel lainnya, APIQ Mathematics hanya memberikan bimbingan belajar khusus pelajaran matematika. Mengusung konsep waralaba, APIQ Mathematics telah memiliki 30 Terwaralaba. Apa saja kelebihannya dan bagaimana menjadi Terwaralabanya?

Awal Usaha Bimbingan Belajar APIQ Mathematics

Melihat kualitas pendidikan di Indonesia yang masih memprihatinkan menggugah Agus Nggermanto yang memiliki passion di bidang pendidikan untuk membangun lembaga pendidikan di banyak tempat. Berbekal pengalaman menjadi guru dan dosen di salah satu universitas negeri terkemuka, akhirnya Agus membuka usaha bimbingan belajar APIQ Mathematics pada Agustus 2000 yang mengkhususkan pada pelajaran matematika.

Bukan tanpa alasan Agus memilih matematika sebagai spesialisasi APIQ Mathematics. Agus menyebut sebuah survei internasional yang menyatakan tentang pentingnya pendidikan matematika untuk kemajuan suatu bangsa. Maka berdasarkan survei tersebut Agus merasa terpanggil untuk mengembangkan pendidikan matematika di Indonesia.

Sayang rencana Agus tidak seindah yang dibayangkan, pasalnya masyarakat khususnya para orangtua merasa ragu dengan APIQ Mathematics. Namun Agus tidak kehabisan akal, Agus lantas memberikan trial gratis sekali pertemuan bagi calon murid untuk mencoba mengikuti bimbingan belajar di APIQ Mathematics. Hasilnya banyak murid yang ketagihan belajar matematika.

Mendapat respons yang positif membuat Agus semakin pede untuk mengembangkan usaha bimbelnya, salah satunya dengan membuka kerja sama waralaba. Sebelumnya Agus telah lebih dulu mempersiapkan SOP (Standard Operating Procedure), sayang Agus tidak menyebutkan perizinan apa saja yang telah dikantongi APIQ Mathematics. Sejak diwaralabakan April 2008, kini APIQ Mathematics telah memiliki 30 Terwaralaba yang tersebar di Bandung, Jabodetabek, serta beberapa kota di Sumatera.

Usaha Bimbingan Belajar APIQ Mathematics, Waralaba Spesialis Matematika

APIQ Mathematics, Bimbel Spesialis Matematika

Banyaknya rumus di pelajaran matematika membuat banyak siswa tak menyukainya. Karena itu, lewat APIQ Mathematics, Agus ingn membantu siswa memahami matematika ceoat dengan cara yang mudah dan menyenangkan.

APIQ Mathematics memberikan metode belajar dengan menggunakan game orisinal matematika yang membuat siswa dengan mudah paham dengan konsep matematika. Untuk itu Agus menciptakan kurikulum matematika yang sistematis secara bertahap dari usia TK, SD, SMP, dan SMA.

Tidak hanya itu, APIQ Mathematics juga membekali para siswa dengan jurus 7 detik matematika. Dengan jurus 7 detik maka anak-anak dapoat menyelesaikan soal matematika yang sulit kurang dari 7 detik. Bahkan anak-anak jadi surprise bahwa dirinya dapat menyelesaikan soal dengan cepat. APIQ Mathematics juga mengembangkan kurikulum matematika untuk kompetisi olimpiade matematika yang mengantarkan putra-putri terbaik menjadi juara matematika.

Bagi orang tua yang ingin anaknya menjadi siswa di APIQ Mathematics, cukup membayar Rp 200 ribu untuk biaya pendaftaran, serta membayar SPP sebesar Rp 175 ribu/bulan untuk tingkat TK dan SD, sedangkan untuk tingkat SMP dan SMA sebesar Rp 225 ribu/bulan. Untuk jam belajar, siswa bebas memilih hari dan jam berapa sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan oleh APIQ Mathematics.

Modal Usaha Franchise APIQ Mathematics

Investasi yang dibutuhkan untuk menjadi Terwaralaba APIQ Mathematics adalah sebesar Rp 220 juta. Investasi tersebut sudah termasuk untuk pengadaan tools, training SDM, serta franchise fee sebesar Rp 120 juta untuk kontrak kerja sama selama 5 tahun. Investasi tersebut belum termasuk sewa tempat.

Agar Terwaralaba lebih mudah menjalankan operasional gerai miliknya, Agus juga memberikan pendampingan pada terwaralaba mulai dari operasional sampai kegiatan belajar mengajar selama sebulan. Demi menjaga kualitas guru pengajar, APIQ Mathematics akan memberikan training secara berkala tiap bulannya.

Selanjutnya Terwaralaba juga diwajibkan membayar royalty fee sebesar 10% dari omset. Disinggung soal balik modal, Agus menargetkan Terwaralaba APIQ Mathematics bisa balik modal dalam 2-3 tahun. Agus memberikan gambaran bila Terwaralaba memiliki 200 siswa dengan biaya SPP Rp 300 ribu/bulan, maka dalam sebulan Terwaralaba dapat meraup omset sebesar Rp 60 juta, setelah dikurangi royalty fee, dan biaya operasional lainnya maka Terwaralaba diprediksi mampu mengantongi keuntungan bersih sebesar Rp 8 – 9 juta/bulan.

Agar dapat memenuhi target tersebut Agus menyarankan Terwaralaba membuka gerai di lokasi yang strategis seperti sekitar sekolah, dekat perumahan padat penduduk, atau lokasi yang ramai dilewati orang.

Promosi Usaha

Agus mengakui persaingan di usaha bimbingan belajar sudah sangat ketat. Maka untuk memenangkan persaingan Agus gencar melakukan promosi mulai dari menyebar brosur, kanvasing ke sekolah-sekolah, hingga memanfaatkan media online dengan membuat website www.,apiqquantum.com.

Sedangkan untuk menjaring lebih banyak Terwaralaba Agus masih mengandalkan promosi dari mulut ke mulut dan website. Ke depannnya Agus berencana untuk mengikuti pameran waralaba, hingga memasang iklan di media cetak berskala nasional.

Info lebih lanjut mengenai usaha bimbingan belajar ini, hubungi

APIQ Mathematics
Jl. Picung 109 Bandung
Tlp : (022) 2008621, 0818220898
Web : http://apiqquantum.com

Baca juga:

Leave a Reply