Tips Sukses Usaha Jasa Bordir Komputer dan Manual

Usaha jasa bordir merupakan usaha yang prospektif. Usaha ini tidak mengenal musim dan segmen pasarnya sangat luas. Maka dari itu banyak pelaku usaha ingin terjun menjalankan usaha ini. Bagi Anda yang ingin memulai menjalankan usaha jasa bordir, berikut tips dan cara menjalankan usaha jasa bordir yang berguna untuk melancarkan usaha Anda.

1. Mesin Bordir

  • Mesin bordir manual

Mesin bordir manual digunakan secara manual dengan sepenuhnya mengandalkan kemampuan pemakai mesin dengan mengikuti pola yang sudah digambar pada kain yang akan di bordir. Proses pengerjaan mesin bordir manual sangat tergantung oleh pemakainya, apabila pemakai sudah lihai maka proses pengerjaan bisa berjalan cepat namun apabila pemakai masih belum lancar maka proses pengerjaan akan berjalan lama.

  • Mesin bordir komputer

Mengerjakan bordir dengan mesin komputer akan lebih cepat jika dibandingkan dengan yang manual. Karena segala proses pengerjaan dibantu dengan komputer maka hasilnya akan lebih rapi dan lebih cepat. Harga mesin bordir komputer pada umumnya lebih mahal jika dibandingkan dengan mesin bordir manual.

Baca juga: Peluang Bisnis Jasa Bordir Komputer Memiliki Prospek Yang Cerah

Tips Sukses Usaha Jasa Bordir Komputer dan Manual

2. Tips Memulai Usaha Jasa Bordir

  • Siapkan modal

Modal merupakan faktor yang sangat penting dalam menjalankan usaha ini. Mesin bordir memang terbilang cukup mahal untuk itu modal merupakan hal utama yang harus disiapkan. Modal bisa didapatkan dari hasil tabungan sendiri, mencari modal dari investor, melakukan pinjaman kepada pihak Bank, membeli mesin second yang dalam kondisi baik dan layak dipakai atau bahkan bisa kredit mesin bordir di toko-toko kredit mesin bordir.

  • Tentukan target market

Berhubungan modal untuk menjalankan usaha ini terbilang cukup besar maka sebaiknya pelaku usaha terlebih dahulu menentukan target market yang aka nada di sasar apakah untuk skala kecil atau untuk skala besar. Hal ini berguna supaya uang atau modal yang telah kita keluarkan untuk membeli peralatan tidak sia-sia karena alat tidak terpakai.

  • Sediakan semua peralatan dan perlengkapan usaha.

Peralatan merupakan suatu hal yang pokok dalam menjalankan usaha ini namun peralatan yang dibutuhkan pada umumnya memiliki harga yang tidak murah. Untuk itu sebaiknya gunakanlah peralatan yang pokok seperti komputer dan mesin bordir, sedangkan untuk peralatan lain dan perlengkapan lain disesuaikan dengan kebutuhan.

  • Perluas jaringan

Perlu diketahui bahwa dalam menjalankan usaha jaringan yang luas akan membawa dampak positif bagi kelangsungan usaha Anda. Semakin Anda dikenal sebagai pelaku usaha jas bordir maka otomatis brand diri Anda sudah melekat sebagai penyedia jasa tersebut. Hal lain dari pentingnya jaringan adalah rasa percaya klien terhadap usaha Anda akan lebih besar karena secara otomatis Anda sudah mendapat kepercayaan.

  • Pilih lokasi yang mudah terjangkau

Lokasi juga menjadi hal yang penting guna mempermudah akses dari klien ke usaha kita, untuk itu pilihlah lokasi yang strategis dan mudah dijangkau.

3. Strategi Pemasaran Usaha Jasa Bordir

Berikut beberapa strategi dasar dalam melakukan pemasaran usaha jasa bordir.

  • Lakukan pelayanan ramah dan sopan

Klien yang senang dengan suatu usaha jasa, besar kemungkinan akan melakukan repeat order dari jasa tersebut maka dari itu pelayanan perlu diperhatikan.

  • Lakukan pemasaran dengan menggunakan media online maupun offline

Guna menginformasikan kepada klien mengenai usaha yang kita miliki sebaiknya hal ini dilakukan. Pemasaran dengan media online maupun offline sudah terbukti banyak para pengusaha yang terbantu dalam membesarkan usahanya.

  • Berikan diskon kepada klien

Hal sepele namun akan membawa dampak besar adalah dengan memberikan diskon terhadap klien. Pemberian diskon bisa dilakukan dengan cara memberlakukan batas minimal order dan potongan harga secara langsung.

4. Kendala

  • Modal

Setiap usaha sudah pasti membutuhkan modal dan tidak sedikit pelaku usaha yang gagal melanjutkan usahanya karena kekurangan modal tidak baik untuk membeli peralatan maupun yang lain.
Solusi: solusi untuk menangani kendala modal bisa dilakukan dengan cara mengajukan pinjaman ke bank, bekerja sama dengan investor, atau pinjam ke saudara yang memang sudah mempunyai kekayaan yang banyak, namun apabila hal itu tidak memungkinkan sebaiknya modal dengan cara menabung sedikit demi sedikit hingga mencukupi untuk membuka usaha.

  • Peralatan

Peralatan mesin bordir ternyata juga membutuhkan perawatan, tak jarang peralatan terkadang harus selalu diservis beberapa bulan sekali guna melancarkan proses produksi.
Solusi : carilah jasa servis mesin bordi yang cocok, terpercaya dan dekat dengan lokasi tempat usaha kita sehingga ketika ada kerusakan bisa langsubg ditangani dengan cepat.

  • Mental

Mental sangat penting dalam menjalankan usaha, untuk itu pembentukan mental harus ditanamkan sejak mulai menjalankan usaha. Mental yang takut akan bangkrut disebabkan minimnya pengalaman dalam mengelola usaha dan mengelola uang.
Solusi : Cara meningkatkan mental adalah dengan mencontoh orang-orang sukses yang pernah berkali-kali pula mereka bangkit. Cara lain membangun mental usaha adalah dengan mengikuti pembelajaran usaha maupun strategi jadi wirausaha yang diselenggarakan oleh beberapa lembaga.

5. Tips Sukses Menjalankan Usaha Jasa bordir

  • Lakukan promosi

Dengan memaksimalkan promosi usaha maka usaha yang Anda bangun secara cepat atau lambat akan sampai kepada masyarakat. Hal ini berguna untuk memperluas jaringan usaha.

  • Berikan harga yang terjangkau dan kualitas yang baik

Kualitas yang baik memang selalu berdampak pada harga yang mahal, namun mungkin tidak bagi usaha Anda. Memberikan kualitas baik dengan harga yang murah bisa Anda berikan yang terpenting klien akan merasa puas dan terus selalu menggunakan jasa Anda.

  • Jalin rasa kekeluargaan dengan klien

Dengan menjalin rasa kekeluargaan dengan klien maka kita akan mendapatkan kemudahan untuk berinteraksi dengan klien mengenai jasa yang kita berikan.

  • Carilah pelanggan tetap

Banyaknya persaingan membuat usaha ini semakin ketat, untuk itu sebaiknya pelaku usaha mencari pelanggan tetap untuk menggunakan jasanya seperti melakukan kerja sama dengan sekolah-sekolah, dengan dinas-dinas dan lainnya.

Leave a Reply