Tips & Strategi Memulai & Membuka Usaha Dengan Modal Kecil, Menghasilkan Untung Yang Besar

Memulai bisnis dengan modal ratusan ribu rupiah saja, namun bisa menghasilkan untung jutaan, puluhan juta hingga ratusan juta, apakah mungkin? Tentu saja bisa! Ada beberapa cara yang bisa dijalankan para pemula untuk merintis usaha dengan modal kecil namun dapat menghasilkan untung yang besar. Modal kecil tak menjadi penghambat bagi Anda untuk sukses merintis usaha. Dengan modal sekitar ratusan ribu yang dapat Anda rogoh dari tabungan sendiri, Anda sudah bisa jadi pengusaha. Namun dalam memulai usaha dibutuhan ketelitian agar bisnis yang Anda jalankan nantinya maju, sukses dan berkembang.

Berikut ini, tips dan strategi untuk memulai dan membuka usaha dengan modal yang kecil agar menghasilkan untung yang besar.

1. PILIH JENIS USAHA YANG COCOK

Anda harus dapat menentukan bidang usaha apa yang nantinya akan Anda jalankan. Contohnya bidang kuliner dengan konsentrasi Chinese Food maka Anda harus banyak mempelajari semua tentang Chinese food mulai dari asal dan cara pembuatan hingga tercipta suatu resep yang enak.

2. MANFAATKAN PERALATAN YANG ADA

Ketika hendak merintis sebuah usaha, tak selamanya peralatan yang Anda gunakan harus baru dan serba canggih. Untuk menyiasati minimnya modal, Anda bisa memanfaatkan peralatan seadanya yang ada di rumah Anda.

3. MEMILIH LOKASI YANG TEPAT

Lokasi merupakan peran penting dalam membuka usaha. Lokasi yang ramai diyakini akan membuat usahamu cepat dikenal dan menarik banyak peminat. Untuk usaha yang baru berdiri, jangan ragu untuk memanfaatkan ruangan yang ada di rumah. Contohnya saja seperti garasi atau teras rumah sebagai lokasi usaha, atau bisa juga memanfaatkan dapur sebagai tempat produksi.

4. MANFAATKAN SOSIAL MEDIA

Kendati modal Anda cukup minim, Anda harus tetap memperhatikan strategi pemasaran usaha. Anda bisa memanfaatkan media sosial yang menawarkan pemasaran secara gratis. Cantumkan beberapa promo seperti pembelian seporsi gratis cap cay atau pembelian bebek peking mendapatkan free kakap asam manis.

Tips & Strategi Memulai & Membuka Usaha Dengan Modal Kecil, Menghasilkan Untung Yang Besar

5. BELANJAKAN MODAL DENGAN BIJAK

Hindari pembelian barang yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan. Buatlah rencana belanja dengan bijak agar tak salah langkah dalam mengelola modal usaha.

6. PANDAI MEMBAGI WAKTU

Pastinya Anda dituntut pandai membagi waktu. Beri nilai uang pada waktu. Ini akan membantu Anda saat mengambil keputusan nantinya.

7. LIBATKAN ORANG TERDEKAT

Ajaklah orang-orang terdekat seperti suami, adik, kakaj, sahabat untuk menjadi rekan kerja dalam menjalankan usaha, agar mereka juga bisa ikut membantu Anda mengelola usaha. Setelah usaha mulai berkembang, Anda dapat mempekerjakan pegawai tambahan untuk membantu Anda.

8. RENCANAKAN KEUANGAN DENGAN BAIK

Tak hanya terpaku pada modal awal. Ketika usaha sudah berjalan, Anda harus pandai mengatur alur keluar masuknya uang. Pisahkan keuangan bisnis dengan keuangan pribadi. Banyak pengusaha yang gagal karena keuangan pribadi dan bisnis tercampur aduk.

9. JADILAH YANG TERBAIK

Dalam memulai usaha, Anda tidak boleh setengah-setengah. Setiap hal yang Anda lakukan untuk customer haruslah yang terbaik. Apapun yang Anda buat dan jual, haruslah yang terbaik. Lakukan itu terus menerus, dan kekuatan word of mouth akan menyebar.

Demikian “Tips & Strategi Memulai & Membuka Usaha Dengan Modal Kecil, Menghasilkan Untung Yang Besar” sehingga bisa bermanfaat dalam bisnis Anda.

Baca juga:

Leave a Reply