Tips 9 Langkah Membuka Usaha Cake & Bakery Rumahan

Ketika Anda memutuskan untuk menjalankan usaha kuliner cake & bakery, maka saat itulah Anda akan memperoleh banyak tantangan meskipun belum Anda mulai. Sebab, pelaku bisnis kuliner di bidang ini semakin lama jumlahnya semakin banyak. Karena bisnis ini dianggap cukup menjanjikan karena produk yang dijual adalah produk yang disukai banyak orang. Bagi konsumen, hal ini tentunya sangat menyenangkan. Tetapi bagi produsen cake & bakery hal ini bisa jadi hal yang kurang berkenan tapi bisa jadi juga hal ini menjadi hal yang menyenangkan dan menantang.

Keadaan tersebut mengharuskan kita untuk berhati-hati dalam berbisnis. Tetapi bagi Anda yang memang hobi bisnis kuliner, hal ini sangat menyenangkan. Sebab, dengan begitu Anda akan merasa tertantang untuk bersaing dengan produser lain. Sedangkan bagi Anda yang hendak mencoba bisnis ini akan membuat Anda berpikir berulang kali. Tapi kini Anda tidak perlu ragu ataupun khawatir. Realita tersebut menginspirasi kami untuk memberikan beberapa tips kepada Anda untuk memulai menjalankan bisnis cake & bakery.

Baca juga: Strategi Meraih Untung Jutaan Rupiah Dari Usaha Cake Ataupun Bakery

Langkah-langkah membuka usaha cake & bakery rumahan

Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa disimak dan dilakukan untuk memulai dan juga menjalankan bisnis cake & bakery rumahan. Tips 9 Langkah Membuka Usaha Cake & Bakery Rumahan

  1. Pertimbangkan dapur rumah Anda untuk membuat produk dalam jumlah besar.

Umumnya dapur rumah tangga tidak terlalu besar, namun kebersihannya tetap terjaga dengan baik jika dibandingkan dengan dapur produksi yang ukurannya jauh lebih besar. Dengan demikian, dapur rumah Anda dapat dijadikan tempat untuk memproduksi aneka produk yang akan dijual. Disamping itu, jika produksi Anda lakukan di rumah maka biaya transportasi tidak banyak diperlukan.

  1. Segeralah untuk melangkah dan jangan banyak berpikir

Ketika ide sudah muncul, terkadang muncul juga kekhawatiran yang membuat takut untuk melangkah ke depan. Hal seperti itu wajar terjadi untuk orang yang belum pernah berbisnis ataupun menjalankan sebuah usaha. Bahkan hal tersebut juga sering terjadi pada orang-orang yang mengalami kegagalan pada bisnis sebelumnya. Tetapi hal tersebut bisa saja terjadi jika Anda memiliki kemampuan, kreativitas dan juga niat yang kuat. Itu merupakan modal yang sangat cukup untuk menjalankan bisnis cake & bakery.

  1. Buatlah daftar bahan dan alat yang digunakan untuk membuat produk

Tepung terigu, telur, gula pasir, margarine, baking powder, bread improver, ragi instan merupakan bahan-bahan yang sering digunakan bahkan dapat dikatakan juga merupakan bahan baku untuk membuat aneka sajian cake & bakery. Bahan-bahan tersebut aman digunakan untuk membuat berbagai macam produk dan tidak membutuhkan ijin yang khusus pada instansi terkait. Jika Anda menggunakan Bahan Tambahan Pangan (BTP) gunakanlah bahan yang diizinkan oleh BPOM namun tetap dalam penggunaan yang diperbolehkan.

  1. Tentukan konsep usaha Anda

Konsep usaha merupakan salah satu hal penting yang dalam membuka sebuah usaha. Dalam hal ini yang harus Anda tentukan adalah, toko yang akan buka ini menyajikan berbagai macam produk cake & bakery atau hanya toko yang fokus pada pesanan pelanggan. Jika Anda memilih untuk menyajikan berbagai macam sajian makan toko Anda memerlukan tempat tersendiri untuk penyajian, tapi jika fokus pada pesana maka tempat yang Anda butuhkan untuk bertemu dengan pelanggan tidak membutuhkan area yang luas.

  1. Pasarkan produk Anda dengan member tester kepada keluarga, saudara dan juga kerabat agar dapat direkomendasi dari mulut ke mulut

Ketika merasakan produk yang berkualitas dengan tampilan yang menarik, secara otomatis hal yang dialami ini akan disampaikan kepada orang lain. Kondisi yang seperti ini dapat Anda manfaatkan untuk memasarkan produk Anda. Namun tetap dalam jumlah yang secukupnya, tidak perlu memberi dengan jumlah yang berlebihan. Gunakan alokasi dana promosi Anda untuk hal ini. Karena secara tidak langsung tindakan ini adalah salah satu langkah untuk mempromosikan produk Anda.

  1. Catat semua transaksi usaha dengan baik dan rapi

Simpan dengan baik semua resep yang Anda gunakan untuk membuat produk, sehingga jika suatu saat dibutuhkan dapat segera digunakan. Perhatikan juga pengeluaran dan juga pemasukan yang berkaitan dengan keuangan perusahaan. Dengan begitu, Anda lebih mudah mengkontrol keuangan perusahaan Anda. Gunakan dana perusahaan dengan bijak, jadi fokuskan pengeluaran hanya pada bahan atau alat dan segala hal yang benar-benar dibutuhkan oleh perusahaan.

  1. Pantang menyerah menghadapi rintangan dan permasalahan

Pantang menyerah dalam menghadapi rintangan ataupun permasalahan merupakan salah satu kunci sukses dalam menjalankan suatu usaha. Sebab, setiap usaha pasti aka nada permasalahan yang dating dari berbagai hal. Namun, kita sebagai pengusaha harus tahan terhadap masalah itu. Jangan mudah putus asa ketika menemui permasalahan tapi segeralah untuk mencari solusi dan jalan keluar yang tepat dan terbaik agar masalah tersebut bisa segera teratasi dan bisnis Anda dapat kembali sebagaimana mestinya.

  1. Kesampingan keuntungan di awal berdirinya usaha

Ketika awal mendirikan usaha, sebaiknya Anda tidak mengutamakan untung besar terlebih dahulu. Namun yang perlu Anda pikirkan saat itu adalah bagaimana caranya usaha yang akan Anda rintis ini dapat berdiri dan berjalan dengan baik. Tidak memikirkan bukan berarti Anda akan merugi, tetapi utamakan untuk kepentingan produksi. Dalam hal ini sangat berhubungan erat dengan penentuan harga jual. Harga jual yang Anda tentukan tidak harus tinggi, untuk sementara waktu yang penting cukup untuk segala biaya produksi. Setelah produk Anda dikenal banyak orang dan diminati, di saat itulah Anda harus mengatur ulang harga jual yang sesuai dengan rencana Anda sebelumnya.

  1. Lakukan inovasi produk agar pelanggan tertarik

Dalam menjalankan usaha cake & bakery, membuat produk yang enak tidaklah satu-satunya hal yang penting. Tetapi adanya inovasi dalam membuat produk adalah salah satu nilai jual tersendiri dalam usaha ini. Sebab, produk yang memiliki daya tarik tentunya menarik akan banyak diminati oleh konsumen. Namun tetap dengan kualitas rasa yang juga harus tetap dijaga. Jangan sampai ketika kita disibukkan dengan membuat produk yang baru lantas membuat Anda mengesampingkan mutu dan kualitas dari produk Anda. Jika ini samapi terjadi, maka lambat laun konsumen pun akan pergi. Tentunya hal tersebut bukanlah suatu hal yang Anda inginkan.

Dengan sedikit tips tersebut, diharapkan dapat menambahkan wawasan Anda mengenai usaha cake & bakery dan membuat Anda semakin yakin untuk mendirikan sebuah usaha. Meskipun diawali dari usaha rumahan, bukan tidak mungkin akan berubah manjadi usaha yang besar dan diminati banyak masyarakat. Hal itulah yang menjadi keinginan semua orang yang menjalankan suatu usaha.

Semoga beberapa tips dari kami dapat bermanfaat bagi Anda calon pengusaha cake & bakery.

Baca juga:

4 thoughts on “Tips 9 Langkah Membuka Usaha Cake & Bakery Rumahan

    • Untuk menjadi bisa, bisa belajar sendiri dari buku, cd, majalah ataupun dari internet, dari teman/keluarga/ orang yang ahli/expert, ataupun mengikuti kursus…smg bisa membantu.

Leave a Reply