Tangkap Peluang Usaha Bakso, Ikuti Tips Jitu Cara Memulai Usaha Bakso

Bakso merupakan jenis makanan lintas generasi mulai dari anak kecil hingga orang tua, dimana hampir semuanya suka dengan sajian yang bernama bakso ini. Karena cita rasanya yang khas Indonesia yang kaya akan rempah-rempah itulah yang membuat banyak orang suka makan bakso tak hanya orang Indonesia saja namun juga mancanegara. Fakta inilah yang membuat peluang usaha bakso makin hari makin banyak dilirik oleh pengusaha, apalagi bisnis ini tak membutuhkan modal yang terlalu besar, karyawan pun juga tidak memerlukan yang terampil atau membutuhkan pelatihan ekstra dalam jangka waktu yang lama.

Selain itu, makanan bakso pun sangat mudah untuk diolah menjadi berbagai bentuk kreasi. Akan tetapi, karena kemudahan membuka usaha bakso, Anda tidak perlu khawatir. Sebab meskipun penjual bakso semakin banyak, maka peminat bakso pun juga selalu bertambah. Inilah yang menjadikan peluang usaha bakso masih terbuka lebar. Untuk membuka usaha bakso memerlukan sedikit kreatifitas sehingga Anda mampu memenangkan kompetisi dalam peluang usaha bakso ini.

Cara Memulai Usaha Bakso Yang Jitu

Berikut ini adalah tips atau cara tepat yang dapat Anda lakukan dalam membuka usaha bakso agar mampu bersaing dengan pengusaha bakso lainnya sehingga bisa mencapai jutaan rupiah dalam usaha bisnis ini.

1. Cara membuat bakso yang benar

Gunakan resep -resep yang baku dalam pembuatan bakso, namun terlebih dahulu lakukan uji coba resepnya agar hasilnya tidak mengecewakan saat dimulai dijual pada publik.

2. Membuat bakso variasi yang kreatif dan special

Peluang bakso harus disikapi dengan baik dan benar. Salah satu langkahnya adalah membekali diri dengan cara membuat bakso yang special dan mampu membuat kreasi berbeda dengan penjual lainnya.

Tangkap Peluang Usaha Bakso, Ikuti Tips Jitu Cara Memulai Usaha Bakso

3. Peralatan dan perlengkapan usaha

Peralatan dan perlengkapan usaha bakso merupakan sebuah hal yang sangat penting. Beberapa alat dan perlengkapan yang diperlukan antara lain :

  1. Sebuah gerobak bakso sederhana
  2. Beberapa meja dan kursi untuk para pengunjung
  3. Mangkok, gelas, sendok dan beragam peralatan lainnya
  4. Bumbu bakos seperti garam kecap manis, saus dan lainnya
  5. Sebuah tempat untuk menjual bakso dengan ukuran yang tidak terlalu besar

4. Menentukan lokasi usaha bakso

Di dalam usaha bakso sudah seharusnya Anda mendapatkan lokasi yang terbaik demi melancarkan kondisi keuangan yang ada di dalam usaha Anda. Beberapa lokasi terbaik yang bisa dijadikan sebagai tempat usaha bakso milik Anda adalah sebagai berikut :

  1. Pasar
  2. Lokasi perkantoran
  3. Lokasi kampus dan sekolah
  4. Lokasi kompleks perumahan
  5. Kota besar secara umum

5. Menguasai dapur produksi

Caranya dengan berlatih sendiri cara membuat produk bakso yang baik atau bisa mengikuti kursus pembuatan bakso yang benar. Tidak mungkin kita memulai usaha bakso namun minim pengetahuan akan dapur produksi.

6. Mengurus legalitas usaha bakso Anda

Legalitas sebuah usaha bakso itu ada beberapa misalnya SIUP (surat ijin usaha perdagangan) dan TDP (tanda daftar perusahaan) dengan mempunyai kedua ijin kita pasti diharuskan mempunyai NPWP (nomor pokok wajib pajak) jadi dengan memiliki ketiga jenis ijin usaha di atas, maka usaha bisnis bakso Anda sudah diakui secara resmi oleh pemerintah. PIRT dari BPOM dan sertifikat halal juga penting untuk dipunyai, demi kredibilitas usaha bakso yang Anda jalani.

7. Memikirkan cara untuk memasarkan produk bakso Anda

Untuk memasarkan usaha bakso yang Anda jalani ada dua cara yaitu melalui offline yaitu pemasaran melalui gerai bakso, depot bakso, bakso dorong, bakso motor, dll atau melalui online yaitu pemasaran melalui dunia internet dengan cara membuat website atau situs tentang bakso kita atau kita bisa beriklan di situs-situs yang ramai pengunjungnya. Intinya membranding usaha bakso Anda.

8. Mengorganisasi usaha bakso Anda

Membuat organisasi usaha bakso yang Anda geluti seefisien mungkin dengan karyawan secukupnya, namun kinerja tetap terjaga bagus. Penting untuk membuat karyawan untuk bangga telah bekerja bersama usaha bakso kita. Control terhadap usaha bakso harus rutin Anda lakukan agar bisa mengetahui masalah seputar usaha bakso Anda.

9. Tips sukses usaha bakso

  1. Buatlah bakso dari daging sapi yang sehat agar rasa bakso Anda menjadi lebih nikmat
  2. Jangan pelit kepada para pembeli dan suguhkan mereka porsi yang cukup banyak
  3. Buatlah bakso yang tanpa bahan pengawet agar diminati oleh banyak orang
  4. Jagalah kebersihan tempat usaha bakso yang Anda miliki

10. Tips Kiat Agar Dagangan Laris Manis Ramai Pembeli

  1. Menentukan segmen pembeli dagangan Anda

Tujuan berdagang harus Anda yakini dan pahami, jangan sampai dagangan tidak laku dikarenakan Anda tidak tahu untuk siapa dagangan Anda diperjualkan. Untuk itu terlebih dahulu Anda harus mengetahui segmentasi pembeli yang akan membeli. Misalnya lokasi berada di dekat kampus, sedangkan Anda berencana untuk membuka usaha bakso, maka tawarkan produk kepada mahasiswa, tetapi harus bisa dijangkau dengan harga sesuai kantong mahasiswa, buatlah produk semenarik mungkin, agar mereka tertarik untuk membeli.

  1. Jangan membuat pembeli kapok

Berikan kemudahan atau menonjolkan nilai plus dari cara berdagang, misalnya memberikan kemudahan dalam pembayaran atau memiliki variasi item sehingga pembeli merasa banyak pilihan, pembeli sangat menyukai barang yang update dan terus berkembang. Buatlah pembeli merasa puas.

  1. Jadilah pedagang yang cerdas

Suatu nilai plus jika anda menjadi pedagang yang cerdas dalam memasarkan barang dagangan. Manfaatkan sarana internet seperti jejaring sosial, blog gratis dan situs yang memang menyediakan tempat untuk mempromosikan dagangan. Meski begitu Anda tetap dituntut untuk selalu mengupdate ilmu e-commerce, sedapat mungkin Anda harus membuat barang dagangan Anda banyak terekspose oleh para calon pembeli sehingga peluang untuk laris pun semakin terbuka, di situlah letak tantangannya. Banyak metode yang bisa dilakukan.

Demikian informasi tentang “Tangkap Peluang Usaha Bakso, Ikuti Tips Cara Memulai Usaha Bakso Yang Jitu” semoga bermanfaat dan sukses dalam bisnis Anda.

Baca juga:

Leave a Reply