Tangkap Peluang Bisnis Waralaba dan Kemitraan Usaha Busana Muslim Yang Semakin Menjanjikan

Meningkatnya jumlah pengguna hijab di tanah air setiap tahun mebuat permintaan busana Muslimah terus meningkat. Apalagi menjelang bulan suci Ramadan dan hari raya Idul Fitri seperti sekarang permintaan busana Muslimah bisa melonjak hingga 10 kali lipat. Nah, bagi Anda yang tertarik mencoba peruntungan di usaha busana muslimah, penawaran kerja sama distributor atau agen yang ditawarkan para produsen bisa menjadi pilihan. Apalagi dengan potongan harga yang mencapai 30% dari harga jual membuat usaha ini semakin menarik untuk dijalankan.

Sebagai negara dengan jumlah pemeluk agama Islam terbesar di dunia membuat perkembangan usaha busana Muslim terus mengalami kenaikan yang sangat signifikan. Apalagi saat ini, hijab sudah menjadi salah satu tren berbusana yang terus mengalami perkembangan. Para hijaber (perempuan berhijab) biasanya membeli busana Muslimah untuk dipadu padankan dengan hijab yang dipilihnya agar terlihat lebih fashionable.

Dari segi bisnis, tingginya permintaan busana Muslim membuka peluang bagi produsen busana Muslim untuk menerapkan kerja sama kemitraan ataupun keagenan, seperti yang diungkapkann Pengamat Kewirausahaan Yoyok Indrayatmo. “Tingginya permintaan busana Muslim membuka celah bisnis bagi siapa saja yang ingin membuka usaha busana Muslim. Sedangkan bagi produsen celah tersebut bisa dimanfaatkan untuk melebarkan penjualan melalui sistem keagenan,” ujarnya.

Busana Muslim Desain Simple Paling Banyak Diminati

Perkembangan busana Muslim di tanah air tidak lepas dari berbagai inovasi  yang dilakukan para pelaku usaha. Namun dalam inovasi yang dilakukan, para pelaku usaha akan memberikan porsi lebih besar pada perkembangan pasar. Seperti diungkapkan Wury Hapsan, Ketua Womenpreneur Community Bekasi, pengembangan desain yang dilakukan tidak 100% ide yang dituangkan milik pelaku usaha. Paling tidak 80% rancangan yang ada akan mengikuti tren dan perkembangan pasar sedangkan 20% sisanya merupakan ide para pelaku usaha yang bisa menjadi ciri khas.

Dari berbagai desain busana Muslim yang berkembang saat ini, desain simpel masih menjadi yang paling banyak dicari terutama oleh kalangan anak muda. Hal tersebut dialami Sri Sumarni, pemilik Bungan Twin Hijab. Dengan desain produk yang simpel dan elegan, membuat produk busana Muslim Bunga Twin Hijab banyak diminati semua kalangan terutama anak muda yang bisa menggunakan produk ini untuk berbagai kesempatan baik santai maupun formal.

Tangkap Peluang Bisnis Waralaba dan Kemitraan Usaha Busana Muslim Yang Semakin Menjanjikan

Desain simple juga dikembangkan pelaku usaha lain yaitu Frida Aulia. Desain ini dibuat untuk semua kalangan terutama anak muda. “Kalau yang tabrak sana, tabrak sini, perpaduan bahan ini dan itu, terus cutting di mana-mana sudah banyak, nah saya mencoba memunculkan kembali desain yang simple namun tetap style bagi penggunanya,” ungkap Frida.

Lain lagi dengan yang ditawarkan Hikmawati Arsyid pemilik The Most. Untuk memikat pasar, Hikmawati mengeluarkan desain hijab Passion yang disesuaikan dengan passion para penggunanya. Karena disesuaikan dengan penggunanya tak aneh jika busana Muslimah buatan. The Most ini lebih banyak memproduksi busana-busana Muslimah yang memang sedang tren dan digandrungi. Meski berkiblat pada tren yang sedang berkembang, produk The Most tetap memperhatikan syar’i. “Walau modis, saya selalu berusaha baju yang saya buat tetap sesuai syariat dengan menutup aurat penggunanya,” ungkap Hikmawati.

Diskon

Bagi anda yang tertarik mencoba peruntungan di usaha busana Muslimah tidak perlu bingung, pasalnya kini banyak pelaku usaha busana Muslimah yang menawarkan kerja sama menjadi distributor, agen, atau reseller dengan modal yang cukup terjangkau. Jika anda memiliki modal berlebih maka menjadi distributor bisa menjadi keputusan yang tepat. Namun bagi anda yang ingin coba-coba bisa memulai dengan menjadi agen atau reseller.

Seperti Bunga Twin Hijab, yang menawarkan beberapa tipe kerjasama mulai dari agen, reseller hingga marketer. Untuk agen, pembelian awal minimal 20 pcs dan akan mendapatkan potongan harga sebesar 20%. Reseller pembelian awal minimal 30cs dan akan mendapatkan potongan harga 10% dan untuk marketer tidak ada syarat pembelian cukup memiliki keinginan kuat untuk memasarkan produk Bunga Twin Hijab dan akan mendapatkan potongan harga sebesar 5%. “Semua mitra akan mendapatkan foto produk untuk bahan  pemasaran dan juga pembinaan bisnis agar bisa sukses menjalankan usahanya,” tambah Ncie.

Penawaran kerjasama yang menarik juga ditawarkan Frida Aulia. Dalam melebarkan sayap usaha, Frida membuka sistem kemitraan bagi yang tertarik untuk bergelut di usaha busana Muslim. Caranya cukup mudah yaitu dengan melakukan pembelian minimal Rp 5 juta akan mendapatkan potongan harga 30%, dan pembelian minimal Rp 3 juta akan mendapatkan potongan harga 20%. “Diskon berlaku untuk pembelian berikutnya nominal pembelian dalam besaran yang sama,” ungkapnya.

Selain potongan harga, keuntungan lain yang di dapat calon mitra berupa dibantu promosi dan akan mendapatkan katalog baik dalam bentuk foto yang biasa dikirim melalui email dan aplikasi pertemanan, serta berupa katalogue dalam bentuk buku. Tak Cuma itu di momen-momen khusus mitra akan mendapatkan suvenir mulai dari kerudung, mukena hingga baju. “Soal keuntungan jika mitra konsisten dalam penjualan dan promosi, Insya Allah dalam satu bulan saja sudah balik modal,” jelas wanita yang telah memiliki puluhan mitra usaha ini.

Bicara mengenai balik modal, para pelaku usaha busana Muslim memberikan asumsi balik modal yang tidak terlalu lama mulai dari balik modal yang memakan waktu kurang dari 3 bulan, bahkan hingga balik modal waktu sekitar 1 bulan.

Menjelang Hari Raya Penjualan Berlipat-lipat

Pameran produk busana Muslim tidaklah sulit karena saat ini sudah menjadi kebutuhan wanita Muslimah, mulai dari anak-anak hingga dewasa, untuk dikenakan dalam acara resmi maupun kegiatan sehari-hari. Pelaku usaha dapat memasarkan busana hijab melalui media online ataupun juga dapat melakukannya dengan membuka gerai atau toko khusus menjual perlengkapan busana Muslim.

Terlebih sekarang ini merupakan momen yang paling menguntungkan untuk menjalankan usaha busana Muslimah yaitu mendekati bulan suci Ramadan dan hari Raya Idul Fitri. Bagi para pelaku usaha menjelang lebaran seperti sekarang merupakan waktu yang tepat untuk mendapatkan pasar. Bahkan dari pengalama Sri Sumarni pemilik Bunga Twin Hijab, permintaan menjelang lebaran seperti sekarang bisa meningkat hingga 10 kali lipat.

Dengan permintaan pasar yang besar, bisa dibilang usaha busana Muslim akan mendatangkan permintaan yang juga tidak kalah menjanjikan. Hal tersebut bisa dilihat dari omset yang didapat para pelaku usaha yang mencapai puluhan hingga ratusan juta per bulannya.

Baca juga:

Leave a Reply