Tangkap Peluang Bisnis Susu Almond Rumahan, Usaha Yang Menjanjikan

Gaya hidup sehat memengaruhi banyak orang untuk lebih selektif dalam memilih bahan makanan, termasuk ketika memilih susu. Kadar lemak yang cukup tinggi dalam susu sapi, membuat banyak orang kini mencari alternative susu pengganti yang lebih sehat dan tanpa efek samping. Susu Almond atau Almond Milk pun jadi pilihan. Alasan kuat itulah yang membuat bisnis Susu Almond kini kian prospektif. Meski menggunakan bahan import yang harganya relative mahal, namun keuntungan yang diraup tetap deras. Seperti apa peluang bisnis Susu Almond rumahan ini?

Susu Almond termasuk bahan minuman yang rentan dan mudah rusak, terutama bila disimpan dalam suhu ruang. Ketersediaan Susu Almond buatan pabrik besar yang mampu bertahan dalam waktu cukup lama, diketahui menggunakan tambahan bahan pengawet. Hal itulah yang membuat banyak orang lebih memilih mengonsumsi Susu Almond ala industri rumahan yang saat ini kian banyak ditawarkan via online atau store khusus.

Aneka Rasa Susu Almond Rumahan

Selain bebas bahan pengawet, pelaku usaha Susu Almond rumahan juga menawarkan varian rasa yang lebih beragam, tidak sekedar rasa vanilla dan cokelat yang biasa ditawarkan pelaku usaha pabrikan. Sebut saja Susu Almond Latte, Susu Almond Coconut Cinnamon, dan Susu Almond Chocolate.

Bahkan ada juga pelaku usaha yang memadukan Susu Almond dengan buah-buahan segar. Salah satunya Prafieta Ayu, pemilik Mylklnc Almond Milk yang salah satu gerainya berlokasi di Lippo Mall Kemang, Jakarta Selatan. Di tangan wanita yang biasa disapa Prafieta ini, Susu Almond dikawinkan dengan buah-buahan seperti strawberry, apel, jeruk, pir dan mangga. Sensasi rasa yang nikmat membuat pecinta Susu Almond tak pernah bingung memilih varian rasa yang berbeda,

Hal yang sama juga dilakoni oleh Katherine, pemilik usaha Organicrush Almond Milk di Grand Indonesia, Jakarta Pusat. Katherine menawarkan Susu Almond dengan varian rasa Original, Sweetened by Dates, Matcha, Coconut Cinnamon serta Chocolate. Dan Coconut Cinnamon memiliki rasa yang unik dan lebih legit saat diseruput. Karena cairan yang digunakan untuk menghaluskan kacang almond adalah air kelapa muda.

Tangkap Peluang Bisnis Susu Almond Rumahan, Usaha Yang Menjanjikan

Tanpa Suhu Tinggi

Meski sudah ada sejak 2-3 tahun lalu, namun saat in Susu Almond kian meningkat. Gaya hidup sehat dan informasi tentang manfaat Susu Almond yang semakin gencar digaungkan membuat banyak orang kini lebih memilih mengonsumsi susu nabati ini.

Susu Almond juga mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh mulai dari lemak baik, vitamin E, dan asam folat. Seperti halnya Susu Kedelai, Susu Almond biasa dikonsumsi sebagai pengganti Susu Sapi karena bebas laktosa dan kasein (protein susu sapi) yang menjadi sumber alergi bagi sebagian orang.

Kelebihan lain Susu Almond dibanding Susu Kedelai adalah rasanya yang lebih gurih dan kalorinya yang rendah. Sangat pas untuk orang yang sedang diet kalori. Sayangnya Susu Almond tak bisa menjadi sumber protein karena kandungan proteinnya rendah. Kandungan proteinnya tak bisa menggantikan Susu Sapi ataupun Susu Kedelai. Susu ini juga tidak coock untuk orang yang alergi kacang-kacangan.

Menurut Chef Nchank Tamberang, Executive Chef Ocean Ballikpapan, Kalimantan Timur, Susu Almond ala rumahan biasa juga disebut Raw Almond atau Fresh Almond Milk, karena proses pembuatannya sama sekali tak melibatkan suhu tinggi. Hasilnya adalah Susu Almond yang lebih fresh dan sehat karena enzim dan zat giginya tak rusak karena pemanasan.

Untuk membuat Susu Almond dengan kekentalan yang pas, perbandingna antara kacang almond dan air adalah 30% : 70%, atau 300 gr kacang almond dan 700 ml air. Prinsip pembuatannya mirip pembuatan Susu Kedelai menggunakan proses pemasakan.

Proses pembuatan Susu Almond pun terbilang mudah. Dimulai dengan merendam kacang almond selama satu malam. Tahap ini dilakukan unutk membuat kacang almond lebih empuk saat dihaluskan dan ekstraknya mudah keluar. Proses menghaluskan kacang almond bisa dilakukan secara konvensional menggunakan blender, atau dengan teknik modern menggunakan cold press atau juicer.

Karena tidak melalui proses pematangan, maka air yang digunakan untuk menghaluskan kacang almond haruslah air matang atau air mineral. Sehingga lebih aman dikonsumsi. Sebagai perasa manis, Anda bisa menambahkan kurma atau madu yang ikut dihaluskan bersama.

Kemasan Susu Almond yang dianjurkan adalah yang terbuat dari botol kaca atau beling karena bebas dari kontaminasi dan mudah disterilisasi. Susu Almond yang telah dikemas harus segera disimpan dalam chiler atau lemari es, agar bisa bertahan sampai 3 hari. Dan bila disimpan dalam freezer daya tahannya bisa lebih panjang, hingga 3 bulan. Tapi dianjurkan mengonsumsinya langsung, saat masih segar.

Strategi Bisnis

Berkembangnya bisnis Susu Almond sebenarnya lebih didasari oleh kesadaran masyarakat yang semakin tinggi. Karena umumnya Susu Almond dibuat tanpa tambahan gula, dan bahan pemanisnya diganti dengan kurma atau madu. Hal tersebut juga diaminkan oleh Yanto Siddiq, selaku pengamat marketing. Ditekankan Yanto, perkembangan bisnis Susu Almond ini bukan karena masyarakat sudah tidak menyukai Susu Kedelai dan Susu Sapi melainkan karena kesadaran masyarakat terhadap kesehatan.

Dalam strategi bisnis, hal yang perlu dilakukan oleh pemula untuk memulai bisnis ini diantaranya harus memiliki market yang jelas, karena Susu Almond tidak memiliki daya tahan yang panjang. Pelaku usaha juga harus lebih menekankan pada kesehatannya dan prosesnya harus dilakukan dengan sehigiene mungkin.

Lebih lanjut dijelaskan Yanto, meski hanya merambah dunia online, pelaku usaha Susu Almond harus tetap mengedepankan kemasan agar kualitas susu tetap terjaga. Tampilkan pula label yang menyantumkan identitas Anda agar lebih menyakinkan konsumen.

Strategi pemasaran yang harus dilakukan oleh pelaku usaha pemula harus lebih mengedepankan manfaat dari Susu Almond yang ditawarkan. Sehingga konsumen lebih tertarik untuk mencoba karena telah mengetahui khasiatnya.

Kendala Usaha Susu Almond Rumahan

Daya tahan Susu Almond yang cukup singkat, yakni sekitar 1-2 jam dalam suhu ruang menjadi kendala usaha yang harus dicermati oleh pelaku usaha pemula. Selain hanya membuat Susu Almond berdasarkan pesanan saja di awal usaha, ketika proses pengantaran ke tangan konsumen Susu Almond sebaiknya dibekukan terlebih dahulu. Atau dengan menggunakan box ice yang ditambahkan es batu.

Bisnis Cerah

Bisnis Susu Almond rumahan diyakini para pelaku usahanya memliki prospek yang cerah, mengingat kesadaran masyarakat untuk hidup sehat kian tinggi. Keuntungan yang didapat juga cukup menggiurkan, berkisar 38-50%. Seperti yang dirasakan Katherine dan Prafieta Ayu, yang bisa mengantongi keuntungan bersih hingga 50%. Ini menunjukan usaha Susu Almond rumahan memliki prospek yang cerah asal pintar melihat peluang bisnis yang ada.

Baca juga:

Leave a Reply