Tangkap Peluang Bisnis Menjadi Agen PT Pos Indonesia Hanya Dengan Modal 5 Juta

PT Pos Indonesia adalah salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) selalu mengikuti perubahan yang dinamis dalam dunia bisnis dan kini menerapkan sebuah inovasi dalam memperluas jasa pelayanannya di seluruh Indonesia. Anda bisa menangkap peluang bisnis ini dengan menjadi agen PT Pos Indonesia. Bagaimana menjadi Agen Pos perusahaan BUMN ini?

PT Pos Indonesia Terapkan Sistem Pembayaran Online

Dalam rangka memperluas jasa pelayanannya, PT Pos Indonesia kini membuka sistem pembayaran online melalui system online payment point atau SOPP. Dengan sistem ini, masyarakat bisa menangkap peluang usaha ini sebagai agen pembayaran online dengan lebih dari 21 macam sistem pembayaran online.

Menurut Seno, Manager Pengembangan Agen Pos, tujuan dibentuknya sistem keagenan dari Pos Indonesia guna memberikan kesempatan pada masyarakat yang ingin memiliki usaha jasa pengiriman. Potensi pasar pendapatan Agen Pos dari jasa kurir pada tahun 2014 baru berkisar 7,33% dibanding total pendapatan jasa kurir pos Indonesia secara nasional. Sedangkan menurut data tahun 2009, pangsa pasar dan logistik Pos Indonesia baru mencapai 16% sehingga keberadaanAgen Pos diharapkan mampu mengambil alih pangsa pasar kurir dan logistik nasional yang masih cukup besar (84%) atau sekitar 12,99 triliun sedangkan jasa keuangan baru 4,46% yang diraih Agen Pos.

Untuk memaksimalkan pangsa pasar dan logistik yang atau yang masih  84% atau sekitar 12,99 triliun, maka pada tahun 2013 Agen Pos membuka sistem kemitraan.

Peluang Bisnis Menjadi Agen PT Pos Indonesia

Agen Pos merupakan pengembangan jaringan melalui kerja sama kemitraan antara Pos Indonesia dengan perorangan atau badan usaha. Selain itu agar lebih mendekatkan diri dengan konsumen. Agen Pos juga dimaksudkan juga sebagai bentuk pemberdayaan sektor ekonomi mikro melalui pengembangan pola-pola kemitraan dalam bisnis.

Tangkap Peluang Bisnis Menjadi Agen PT Pos Indonesia Hanya Dengan Modal 5 Juta

Untuk layanan, Agen Pos dapat melayani jasa kurir seperti pengiriman surat, dokumen dan barang atau paket untuk tujuan domestik maupun internasional, termasuk menjual prangko, benda filateli, nemda konsinyasi atau materai atau melayani jasa keungan atau penerimaan pembayaran berbagai macam tagihan dan layanan pengiriman uang.

Seno mengatakan, produk dan pelayanan di Agen Pos akan terus dikembangkan sesuai kebijakan pos Indonesia dengan mempertimbangkan kebutuhan masyarakat dan perkembangan lingkungan bisnis. Untuk produk-produk unggulan dari Agen Pos di antaranya Pos Kilat Khusus, Pos Express, Expres Mail, Weselpos Instan, Pospay, Filateli, dan Prisma.

Pos Kilat Khusus adalah pelayanan pengiriman surat, dokumen dan barang yang mengandalkan kecepatan (maksimal H+4) untuk jaringan dalam negeri dengan jangkauan ke seluruh pelosok nusantara. Pos Express adalah layanan pengiriman dokumen penting dan barang berharga yang mengandalkan kecepatan (maksimal H+1) dan akurasi serta ketepatan kiriman untuk tujuan kota-kota tertentu di Indonesia.

Menurut Seno, untuk menjadi Agen dari PT Pos Indoensia tidaklah sulit karena yang terpenting pemohon berbentuk badan usaha atau perorangan, memiliki tempat usaha dan sumber daya manusia, memenuhi persyaratan jarak minimal 250 meter dari Agen Pos lain atau kantor pos dan kelayakan bisnis, menyiapkan peralatan kerja seperti komputer, printer, line telepon dan timbangan, biaya operasi dan akses jaringan atau IP public, akses jaringan dan aplikasi sistem disiapkan oleh Pos Indonesia, mendapat persetujuan pos Indonesia dan menandatangani perjanjian kerja sama.

Menurut Seno, jika sudah memiliki perangkat kerja seperti PC, printer, line telepon, dan timbangan, maka calon agen hanya cukup mendepositkan uang minimal Rp 5 juta sebagai jaminan dalam bertransaksi. Namun apabila belum memiliki perangkat kerja, maka calon agen bisa mengeluarkan uang Rp 12 juta sebagai investasi awal yang bisa digunakan untuk membeli berbagai peralatan dan deposit.

Diakui Seno, keuntungan menjadi Agen Pos dibandingkan dengan yang lainnya diantaranya Pos Indonesia telah diakui keberadaannya. Sehingga agen tidak perlu repot melakukan branding karena nama Kantor Pos atau Pos Indonesia sudah sangat dikenal oleh masyarakat.

Didukung penuh oleh Pos Indonesia, perusahaan jejaring terintegrasi terbesar di Indonesia dengan outlet pos penghubung. Dukungan pemasaran, pembinaan usaha, operasi (pick up) dan teknologi informasi terintegrasi yang real time online.

Jangkauan distribusi dan antaran yang sangat luas hingga ke pelosok-pelosok desa yang memberikan peluang lebih besar untuk mendapatkan pelanggan serta jaringan luas hingga mancanegara. Persyaratan untuk menjadi Agen Pos lebih mudah, dapat dikelola oleh siapa pun baik individu, institusi bisnis maupun koperasi. Nilai investasi bisa ditekan serendah mungkin terutama apabila calon agen sudah memiliki ruang sendiri atau telah memiliki usaha, bisa dipadukan dengan Agen Pos seperti usaha warnet, fotocopi dan yang lainnya.

Untuk keuntungan yang bisa didapat oleh agen secara garis besar pembagian keuntungan antara agen dan PT Pos, untuk jasa pengiriman surat, Agen akan mendapat fee sebesar 20%, persentase ini pun sifatnya progresif. Semakin tinggi jumlah transaksi, semakin besar pula persentase yang diberikan. Untuk layanan jasa keuangan, ada perhitungannya sendiri tapi tentu lebih besar untuk Agen “Misalnya fee dari pembayaran tagihan listrik nilainya Rp 1000, angka ini yang akan dibagi antara PT Pos dan agen. Perhitungannya ada sendiri, namun pasti lebih besar untuk agen,” ujar Sukatmo tegas.

Rendahnya investasi awal untuk menjadi agen dari pos Indonesia, membuat sistem kemitraan yang ditawarkan PT Pos Indonesia sangat diminati. Menurut data tahun 2014 saja, jumlah Agen Pos telah mencapai 2,418 atau tumbuh 62% dari tahun sebelumnya atau tahun awal membuka sistem kemitraan. Sedangkan Agen Pos yang melayani jasa keuangan terdapat sekitar 23.945 dimana jumlahnya meningkat 3 kali lipat dari tahun sebelumnya.

Menurut Seno, bagi masyarakat yang ingin bekerja sama dengan menjadi Agen Pos ini tidak perlu bingung karena PT Pos Indonesia akan memberikan atau melakukan pembinaan usaha bagi semua Agen Pos dan membantu aktivitas promosi produk unggulan di Agen Pos sehingga setiap Agen Pos yang dibuka dapat selalu aktif bertransaksi dan terus tumbuh berkembang.

Pos Indonesia juga menetapkan saluran informasi komunikasi dan melakukan pertemuan-pertemuan dengan para mitra kerja untuk review, evaluasi dan up dating informasi terkait perkembangan Agen Pos.

Persaingan Usaha

Walau jasa logistik swasta bermunculan, namun PT Pos tidak gentar. Ribuan jaringan yang sudah tersebar sampai ke pelosok menjadi kekuatannya. Toh pada kenyataannya, tidak sedikit jasa logistik swasta yangjustru menggunakan layanan PT Pos untuk menembus daerah pelosok.

Itulah tekadnya, perusahaan yang telah berusia ratusan tahun ini tidak hanya telah menjadi bagian nostalgia manis di masa silam, namun tetap terus melayani wong cilik sekarang dan ratusan tahun ke depan.

Info lebih lanjut mengenai peluang bisnis Agen Pos ini, hubungi:

PT Pos Indonesia (Persero)
Graha Pos Indonesia, Lt. 3A
Jl. Banda No. 30 Bandung
Telp: 022-4213640
Email: agenpos@posindonesia.co.id

Baca juga:

Leave a Reply