Supri Suprihanto ~ Sukses Jual 1 Juta Benih Lele Sangkuriang per Bulan

Melihat keunggulan Lele Sangkuriang dibandingkan jenis lain, kini mulai banyak pembudidaya yang beralih ke Lele Sangkuriang. Salah satunya Supri Suprihanto, pembenih Lele Sangkuriang asal Banyumas, Jawa Tengah. Dalam satu bulan Supri mampu meraup omset Rp 200 juta. Seperti apa perjalanan usahanya dan keunggulan lele varietas Sangkuriang?

Awal Mula Usaha Pembenihan Lele Sangkuriang

Lele Sangkuriang tergolong jenis ikan omnivore, seperti halnya sifat biologi lele dumbo terdahulu. Di alam ataupun lingkungan budidaya, Lele Sangkuriang dapat memanfaatkan plankton, cacing, insekta, udang-udang kecil dan mollusca sebagai makanannya. Keunggulan dari Lele Sangkuriang ini diantaranya dapat dipijahkan sepanjang tahun, fekunditas telur yang tinggi, dapat hidup pada kondisi air yang marjinal dan efisiensi terhadap pakan yang tinggi.

Pria yang akrab disapa Supri ini mulai pertama kali merintis usaha lele pada tahun 2009. Awalnya ia dan satu orang temannya ingin membuat usaha pembesaran lele, namun di tengah jalan, rekan usaha yang awalnya siap merintis bersama justru pergi merantau ke Jakarta.

Saat pertama kali merintis usaha pembenihan lele, Supri mengeluarkan modal sekitar 3 juta. Dari modal tersebut sebesar Rp 120 ribu ia gunakan untuk membeli 2 pasang indukan lele yang siap pijah, yakni 2 ekor pejantan dan 3 ekor betina. Sebesar Rp 1,3 juta untuk menambah jumlah kolam pemijahan ukuran 2×3 m, sisanya unutk membeli pakan dan perawatan bibit lele hingga siap jual.

Hasil panen pertamanya berhasil karena lele varietas Lele Sangkuriang sangat tahan terhadap penyakit. Untuk pemula pembisnis lele sangat berhasil, Supri pun merasa yakin usaha ini sangat menguntungkan. Kemudian selanjutnya, Supri membeli indukan lagi seharga Rp 1,5 juta (berisi 5 ekor pejantan dan 10 betina). Usaha pembenihan Supri pun terus berkembang  tiap bulan dan jika ditotal hingga kini, Supri sudah memiliki sekitar 40 buah kolam, yang terdiri atas 30 kolam khusus untuk pemijahan dan 10 kolam khusus indukan.

Supri Suprihanto ~ Sukses Jual 1 Juta Benih Lele Sangkuriang per Bulan

Pertama kalinya, Supri dengan modal Rp 3 juta dalam waktu 1,5 bulan mampu meraup omset hingga Rp 7 juta dari panen pertamanya. Selanjutnya omset berkembang secara terus menerus sampai 2-3 kali lipat tiap bulan. Bahkan dari kenaikan-kenaikan ini Supri terus kewalahan memenuhi permintaan pasar.

Keunggulan Lele Sangkuriang

Lele Sangkuriang merupakan hasil persilangan antara Clarias Garepenius dari Belanda dengan Clarias Macrocephalus hasil dari beberapa experiment di Pare dan Sidoarjo, Jawa Timur. Lele jenis Sangkuriang ini juga dianggap sebagai varites terbaru dari keluarga catfish yang memiliki daya tahan fisik benih yang lebih kuat jika dibanding dengan jenis yang lain.

Selain memiliki daya tahan yang lebih kuat, Lele Sangkuriang juga memiliki masa panen benih lebih cepat, hanya dalam waktu 2-3 minggu saja benih Lele Sangkuriang sudah dapat tumbuh dengan baik dan siap untuk dipasarkan. Tidak hanya itu, kelebihan lain Lele Sangkuriang juga bisa ditempatkan dalam jenis air apapun dengan pH berapapun, meski hanya menggunakan air hujan yang diendapkan selama tiga hari.

Ukuran indukan Lele Sangkuriang dengan berat sekitar 6 ons bisa menghasilkan 40 ribu – 50 ribu benih. Dan, ukuran indukan dengan berat 1 kg bisa menghasilkan sekitar 100 ribu benih hingga 120 ribu benih dalam sekali pemijahan. Melihat jenis lele ini tergolong jenis lele yang baru, maka harga indukan Lele Sangkuriang sedikit lebih mahal dibanding lele jenis lain, yakni Rp 1,3 juta per paket. Meski sedikit lebih mahal, namun dari segi perawatan Lele Sangkuriang lebih mudah daibanding dengan jenis lain.

Usaha pembenihan Lele Sangkuriang ini tergolong sangat cerah. Pasalnya, selain menjadi ikan konsumsi yang paling banyak digemari oleh masyarakat, jenis ikan air tawar ini juga sudah mulai banyak dibuat menjadi ragam menu makanan seperti nugget, abon, kripik, dan lainnya, sehingga kebutuhan lele juga terus kewalahan untuk memenuhi kebutuhan pasar.

Harga Jual Lele Sangkuriang

Sebenarnya harga jual benih Lele Sangkuriang hampir sama denga benih lele lain. Penjualan benih Lele Sangkuriang tergantung dari tiap ukuran dan jumlah pembelian. Dimulai dari ukuran 2 – 3 cm dijual dengan harga Rp 40 per ekor. Ukuran 3 – 5 cm dijual denan harga Rp 80 per ekor, ukuran 4 – 6 cm dijual dengan harga Rp 120 per ekor, ukuran 5 – 7 cm dijual dengan harga Rp 150 per ekor. Semua harga tersebut diberikan jika minimal order minimal sebanyak 10.000 ekor.

Pembelian minimal 5.000 ekor maka harga yang ditawarkan akan sedikit lebih mahal, yakni untuk ukuran 3 – 5 cm dipatok dengan harga Rp 200 per ekor, ukuran 4 – 6 dihargai dengan Rp 250 per ekor. Ukuran 5 – 7 cm dijual dengan harga Rp 300 per ekor. Benih Lele Sangkuriang ukuran 4 – 6 cm dan 5 – 7 cm merupakan benih Lele Sangkuriang yang ideal dijual. Supri juga hanya melayani pembeli yang datang ke kolam lokasi pembenihan bibit lele.

Dari produktivitas pembenihan khusus Lele Sangkuriang saja, Supri sudah bisa menjual sekitar 1 juta benih per bulan dengan ukuran 4, 5, 6 dan 7 cm. Dalam 1 bulan Supri mampu meraup omset 200 juta per bulannya. Selain pangsa pasar yang luas, persaingan usaha pembenihan Lele Sangkuriang ini juga banyak peminat dari jenis lele lainnya. Jadi sangat mudah penjualannya ditambah nilai pentingnya adalah kualitas dari benih Lele Sangkuriang Supri.

Pemasaran

Supri menjalankan usaha pembenihan bibit Lele Sangkuriang ini Supri dibingungkan dengan pemasaran. Denan ketekunannya ia mencoba mempromosikan bisnisnya lewat selembar kertas yang diletakkan di toko fotocopy miliknya. Ia juga mempromosikan usaha dari mulut ke mulut. Tidak sampai di situ saja, dengan dibantu temannya maka dibuatlah blog dan jaringan media sosial yang lain. Dari pemasaran inilah, usaha pembenihan Supri dikenal di kalangan petani lele di daerah Sokaraja, Banyumas, Jawa Tengah.

Kendala Usaha

Menurut Supri peternakan bibit Lele Sangkurian hampir tidak menemukan kendala yang berarti. Namun saat musim hujan tiba, kolam tempat pemijahan harus ditutupi menggunakan paranet, agar telur dapat menetas. Supri kerap sering kali susah menemukan pakan cacing saat musim hujan. Supri menyiasatinya dengan membuadidayakan cacing sutera.

Info lebih lanjut mengenai usaha pembenihan Lele Sangkuriang ini, hubungi:

Supri Pembenih Lele Sangkuriang
Desa Wiradadi RT 05 RW 01 Kec. Sokaraja Kabl. Banyumas, Jawa Tengah
Tlp : 085747725158

Leave a Reply