Strategi Meraih Untung Jutaan Rupiah Dari Usaha Cake Ataupun Bakery

Pada dasarnya, membuka usaha cake ataupun bakery dapat dilakukan oleh siapa saja. Usaha cake ataupun bakery dapat dijadikan usaha sampingan untuk tambahan pemasukan bulanan Anda dan tidak menutup kemungkinan usaha ini dapat dijadikan sebagai mata pencaharian utama. Apalagi produk dari aneka cake ataupun bakery merupakan produk yang selalu dibutuhkan di setiap kesempatan, baik saat berkumpul bersama keluarga ataupun pada saat kesempatan tertentu.

Jenis dari cake & bakery sangat banyak yang umumnya disukai banyak orang. Mulai dari tart cake, brownies, black forest, roti tawar, roti manis isi, pie dan masih banyak lagi yang lain. Namun dalam menjalankan usaha tidak hanya dibutuhkan keahlian dala hal pembuatan, tetapi juga dibutuhkan kreativitas dalam hal pembuatan ataupun penyajian. Penampilan dan bentuk yang menarik juga menjadi nilai tambah dalam setiap produk yang kita tawarkan.

Aneka olahan cake & bakery merupakan produk yang diminati oleh berbagai kalangan, baik anak-anak maupun orang dewasa dan dari semua golongan. Oleh karena itu, jika kita dapat menyajikan berbagai hidangan cake ataupun bakery dengan kualitas yang baik dan tetap terjaga namun harga yang kita berikan dapat dijangkau oleh semua golongan. Harga yang kita berikan tidak perlu mahal, tapi dengan mutu yang tidak kalah dengan produsen yang memasang dengan harga tinggi.

Dalam membuat aneka hidangan cake & bakery pastikan Anda telah memilih bahan-bahan yang tepat. Sebab, bahan yang digunakan antara satu produk dengan produk lainnya memilliki perbedaan. Misalnya saja antara brownies dan roti, tepung terigu yang digunakan untuk membuat brownies adalah tepung terigu protein sedang sementara untuk membuat roti diperlukan tepung terigu protein tinggi. Setelah Anda memahami mengenai bahan-bahan yang dibutuhkan selanjutnya Anda juga harus memahami mengenai teknik pembuat adonan. Sebab, meskipun dengan bahan yang sama jenis dan jumlahnya tetapi untuk teknik pengolahannya berbeda, maka hasilnya pun akan berbeda. Hal yang semacam inilah yang harus Anda pahami sebelum memulai usaha cake ataupun bakery.

Strategi Meraih Untung Jutaan Rupiah Dari Usaha Cake Ataupun Bakery

Selain memahami tentang bahan maupun teknik, Anda juga perlu untuk memahami mengenai peralatan, baik peralatan produksi ataupun penyajian. Mulailah dengan peralatan yang Anda miliki. Tetapi, Anda juga harus memastikan bahwa peralatan tersebut masih layak pakai dalam jangka waktu tertentu sampai modal Anda kembali dan dapat menggantinya dengan alat yang lebih sesuai. Sebab peralatan juga dapat menjadi faktor penentu terhadap hasil jadi produk. Misalnya saja dalam membuat roti. Jika Anda mencampur adonan roti menggunakan tangan atau manual hasil dari roti yang Anda buat khususnya dari segi tekstur jelas akan berbeda dengan hasil jadi yang dalam mencampur adonan menggunakan mesin pengaduk atau mixer.

Setelah produk jadi yang harus dipersiapkan adalah peralatan ataupun bahan untuk penyajian. Kemasan yang digunakan untuk membungkus produk harus menarik. Tidak perlu dengan bahan-bahan yang mahal tapi tetap terlihat rapi dan menarik. Untuk tahap awal usaha, Anda dapat menggunakan plastic kemasan yang praktis seperti plastic OPP yang sudah tersedia bersama dengan perekatnya. Anda hanya perlu mengatur tata letaknya agar terlihat menarik. Jika sudah dikemas, lalu Anda harus menyiapkan tempat untuk menampilkan produk. Dalam hal ini Anda dapat menggunakan etalase untuk menyajikan berbagai produk cake & bakery yang Anda buat.

Pemasaran Usaha Cake Ataupun Bakery

Setelah semua selesai, hal yang juga tidak kalah penting dalam menjalankan usaha adalah pemasaran. Pemasaran atau promosi yang baik sangan membantu perjualan Anda. Apalagi usaha Anda adalah usaha yang baru dan tentunya belum banyak yang mengetahui kualitas produk Anda. Dalam hal ini Anda dapat memberikan produk Anda secara gratis atau semacam tester kepada tetangga disekitar tempat tinggal Anda. Sampaikan juga bahwa telah akan memulai menjalankan usaha baru dan menerima pesanan cake & bakery. Teknik promosi yang lain yang dapat Anda lakukan adalah dengan membuat brosur dan juga kartu nama.

Jika Anda sudah membuat brosur dan juga kartu nama, maka Anda dapat membagikannya kepada saudara dan kerabat, ketika membuat atau mendesain brosur, buatlah semenarik mungkin. Jadi, diharapkan dengan adanya brosur tersebut mereka yang melihatnya memilliki ketertarikan untuk mencoba produk Anda meskipun tidak pernah mencicipi hasil karya Anda sebelumnya. Dengan pemasaran yang baik, maka kemungkinan untuk memperoleh pesanan yang banyak juga akan terbuka lebar. Setidaknya dalam sehari Anda dapat memproduksi lebih dari 100 potong roti ataupun cake serta aneka bakery. Untuk menentukan harga jual awal, sebaiknya Anda tidak memasang harga yang terlalu tinggi. Prioritaskan harga jual Anda untuk proses produksi. Jadi, Anda tidak harus memikirkan keuntungan yang besar terlebih dahulu ketika memberikan harga jual awal produk Anda. Barulah ketika nama Anda dikenal orang Anda dapat mengubah perhitungan harga jual sesuai dengan prosentase keuntungan yang Anda inginkan.

Pada tahap awal membuka usaha, siapkan modal dan khususkan untuk produksi dan penyajian. Karena usaha ini merupakan usaha yang baru tentunya Anda akan merangkap menjadi karyawan atau mungkin juga keluarga Anda. Dalam hal ini untuk sementara waktu, upah dari karyawan tidaklah menjadi hal yang penting. Tetapi usaha Anda berkembang dan modal kembali barulah Anda mulai memperhitungkan kerja karyawan dalam biaya penjualan meskipun jika karyawannya masih Anda sendiri beserta keluarga. Jadi yang terpenting ketika memulai usaha cake ataupun bakery adalah bahan utama yang dibutuhkan serta peralatan dan juga beberapa hal yang berhubungan dengan proses produksi hingga penjualan.

Baca juga:

Leave a Reply