Smilee, Keagenan Usaha Pakaian Anak Berikan Garansi Uang Kembali

Setelah sebelumnya sukses menjual pakaian anak secara grosiran, menarik minat Dadi Hartaadi Kusuma untuk memproduksi sendiri pakaian anak dengan brand Smilee. Meski menyasar segmentasi menengah ke bawah dengan harga yang terjangkau, namun Smilee menggunakan bahan berkualitas katun 30s yang nyaman digunakan anak saat beraktivitas. Agar lebih cepat perputaran bisnisnya, Dadi menerapkan penjualan secara keagenan. Apa saja kelebihannya dan keuntungan menjadi agen usaha pakaian anak Smilee?

Awal Keagenan Usaha Pakaian Anak “Smilee”

Usaha pakaian anak bukan barang baru bagi Dadi Hartaadi Kusuma, pasalnya pria yang kerap disapa Dadi ini sudah menekuni penjualan pakaiaan anak sejak 5 tahun lalu. Awalnya Dadi mengaku menjual pakaian anak secara kecil-kecilan dengan membeli pakaian secara grosiran di Jakarta dan menjualnya di daerah Ciamis.

Dadi mengaku tertarik fokus di usaha pakaian anak karena melihat bersarnya potensi di usaha fesyen anak ini. Bahkan Dadi menilai usaha pakaian anak lebih prospektif dibanding dengan pakaian dewasa, pasalnya anak-anak sedang dalam masa pertumbuhan tentu memerlukan pakaian mengikuti perkembangannya.

Benar saja, semenjak Dadi hijrah ke Jakarta, usaha pakaian anak miliknya menjadi semakin berkembang. Melihat pangsa pasar dan permintaan yang besar membuat Dadi tertarik untuk memproduksi pakaian anak dengan brand Smilee sejak 1,5 tahun lalu. Diakui Dadi untuk memproduksi pakaian anak tidak mudah, terutama soal mencari konveksi yang sesuai dengan kualitas yang diinginkan.

Dadi mengaku mengeluarkan modal sebesar Rp 5 juta untuk memproduksi sekitar 300 pcs pakaian anak dan proses uji coba selama produksi. Berbekal line penjualan yang sudah terbentuk sebelumnya, tak sulit bagi Dadi memasarkan produk barunya tersebut. Agar lebih cepat berkembang sejak awal Dadi menawarkan kerjasama keagenan bagi siapa saja yang ingin mencoba peruntungannya di usaha pakaian anak.

Smilee, Keagenan Usaha Pakaian Anak Berikan Garansi Uang Kembali

Disinggung soal perizinan Smilee telah mengantongi perizinan berupa SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan), dan telah berada di bawah bendera CV Harapan Putera.

Kualitas Pakaian Anak Smilee

Dalam memproduksi pakaian anak Smilee Dadi mengaku selalu mengutamakan faktor kualitas. Untuk kaos misalnya, Dadi memutuskan untuk menggunakan bahan katun kombat 30s. Menurutnya bahan katun memiliki beberapa kelebihan seperti tidak mudah rusak, dapat menyerap keringat, dan tetap nyaman digunakan anak untuk aktivitas sehari-hari.

Smilee menyediakan berbagai pakaian anak khusus wanita seperti atasan, kaos, dress, jumpsuit, dan joger mulai usia 1-5 tahun. Dengan perpaduan warna-warna cerah, model unik dan lucu, serta kualitas bahan dan jahitan yang bagus membuat semua produk Smilee banyak diminati oleh orangtua. Harga yang ditawarkan juga relatif terjangkua yaitu Rp 35-55 ribu/pcs.

Selain menjual busana anak wanita, Dadi juga memiliki second brand yaitu Hooney Bee yang menawarkan pakaian anak pria berupa T-shirt. Bedanya jika Smilee menyasar segmentasi menengah ke bawah, Hooney Bee hadir dengan bahan dan desain premium yang menyasar segementasi menengah atas dengan hargaa jual eceran sekitar Rp 40 ribu/pcs.

Jika dulu Dadi hanya membuat 300 pcs pakaian anak sekali produksi, kini kapasitas produksi Smilee telah menyentuh angka 2000 pcs/minggu. Bahkan untuk menyambut Ramadhan dan Idul Fitri Dadi mulai meningkatkan kapasitas produksi. Untuk memenuhi produksi tersebut Dadi menggunakan jasa 2 konveksi.

Peluang Bisnis Menjadi Agen Usaha Pakaian Anak Smilee

Bagi yang ingin menekuni usaha pakaian anak, Dadi menawarkan paket usaha yaitu Paket Lusinan, Paket Kodi, dan Partai dengan minimal pengambilan sebanyak 50 pcs/jenis. Dari paket usaha itu Mitra akan mendapatkan potongan harga (diskon) hingga 75% tergantung paket dan jenis pakaian yang dipilih. Misalnya untuk atasan dengan harga bandrol Rp 35 ribu/pcs, maka Mitra Paket Lusinan akan mendapatkan harga sekitar Rp 22 ribu/pcs hingga Paket Partai seharga Rp 18,5 ribu/pcs.

Karena sistem yang digunakan adalah jual putus maka Mitra tidak dapat melakukan retur bila ada produk yang kurang diminati, namun bila ada produk yang mengalami kerusakan karena faktor produksi atau pengiriman maka Mitra diberikan waktu selama semingggu untuk menukarnya dengan yang baru. Soal harga jual, Dadi menyerahkan sepenuhnya kepada Mitra, hanya saja Dadi memberikan patokannya agar jangan terlalu murah atau terlalu mahal.

Yang menarik karena banyak calon Mitra yang ragu-ragu karena belum mengetahui kualitas produk yang ditawarkan, Dadi memberikan garansi uang kembali jika barang yang dipesan tidak sesuai dengan yang diharapkan, dengan catatan kondisi barang masih dalam keadaan baik dan tidak rusak.

Kendala dan Promosi Usaha

Bicara soal kendala usaha, Dadi mengaku tidak menemui kendala yang berarti. Menurut bapak 2 orang anak ini, kendala justru ada di konveksi yang keteteran memenuhi permintaan produksi Smilee dan Hooney Bee. Solusinya Dadi harus mempersiapkan produksi dari jauh-jauh hari. Sedangkan untuk promosi dalam menjaring pelanggan maupun Mitra, Dadi mengaku masih mengandalkan promosi dari mulut ke mulut, website, dan media sosial.

Info lebih lanjut mengenai keagenan usaha pakaian anak ini, hubungi:

Smilee
Cluster Alaria Hy 40 No. 16 Kota Harapan Indah, Bekasi
Telp : 081312582122
Pin BBM : 5D4C4863
IG : @konveksi_hooneybee
Website : www.grosiranakku.com

Baca juga:

Leave a Reply