Shabrina Fathia, Ibu Rumah Tangga Sukses Menjadi Distributor Usaha Pakaian Anak Ternama

Keinginan kuat menjalankan usaha namun tak mengganggu kesibukan sebagai ibu rumah tangga mengantarkan Shabrina Fathia terjun ke usaha fesyen. Dengan modal terbatas, wanita yang akrab disapa Fathia ini memutuskan untuk menjadi distributor pakaian anak ternama (branded) dengan nama iQaAaL Kids. Mengandalkan media online untuk memasarkan usaha, dan terus menjaga kualitas produk membuat usaha yang menawarkan pakaian anak dari puluhan brand ternama ini mendapatkan respon positif dari masyarakat. Seperti apa usaha yang juga menawarkan kerja sama kemitraan dengan modal mulai Rp 500 ribu ini?

Awal Usaha Distributor Pakaian Anak “iQaAaL Kids”

Memiliki sebuah usaha adalah impian banyak orang termasuk Shabrina Fathia. Namun kesibukannya mengurus rumah tangga, membuat wanita yang akrab disapa Fathia ini harus selektif dalam memilih usaha.

Dengan bermodalkan ratusan ribu rupiah, Rina mulai merintis usahanya sejak tahun 2008 lalu. Dipilihnya usaha fesyen anak, selain karena pasarnya yang luas, usaha ini bukan usaha musiman yang mudah surut dan ditinggalkan konsumennya.

Melihat respons yang baik dari masyarakat, membuat Fathia semakin yakin dengan usaha yang dijalankan. Karena itu ia mulai memperluaas usahanya dengan menjadi distributor dari berbagai distributor pakaian anak ternama.

Produk, Jenis dan Harga Pakaian Anak  iQaAaL Kids

Bisa dibilang iQaAaL Kids merupakan salah satu one stop shopping untuk berbagai jenis pakain anak. Hampir semua produk fesyen anak ternama dipasarkan iQaAaL Kids. Mulai dari Birdie Room, Sonoma, Babygap, Nike, Cherokee, Healtex, Furro, Jumping Beans, Biscoti, LAcoste, MOthercare, Magie and Zoe, Circo Polka, ALiza dan masih banyak lagi yang lainnya. Semua merek tersebut merupakan merek pakaian anak yang sudah dikenal masyarakat karena kualitasnya.

Shabrina Fathia, Ibu Rumah Tangga Sukses Menjadi Distributor Usaha Pakaian Anak Ternama

Sedangkan untuk jenisnya, iQaAaL Kids memasarkan berbagai produk fesyen mulai dari kaos, kemeja, celana pendek dan panjang, jogger pant, jaket, jumpsuit, dress, rok hingga pakaian muslim anak yang diperuntukkan untuk anak balita hingga 12 tahun.

Meski merupakan produk impor dan sisa ekspor, wnaita yang memanfaatkan garasi rumahnya di Jalan Pepaya Raya No 79 Depok Jaya, Pancoran Mas, Depok, Jawa Barat sebagai tempat usahanya ini, mengaku tidak menjual dengan harga yang tinggi. Harga yang ditawarkan cukup terjangkau mulai dari Rp 22 ribu hingga Rp 70 ribu per pcs.

Selain murah dan lengkap, satu hal penting yang membuat porduk yang ditawarkan mendapatkan respon positif dair konsumen adalah keaslian produknya. Karena memang di masyarakat sendiri banyak produk yang mengaku branded namun ternyata produk tersebut adalah produk palsu (aspal).

Menurut Fathia, untuk membedakan produk asli dengan produk aspal bisa dilihat dari kualitas bahan yang digunakan. Namun cara ini memang hanya bisa digunakan bagi mereka yang sering dan berpengalaman membeli produk branded. Cara lain yang juga bisa dilakukan ialah dengan melihat pada jahitan obras, pada baju asli biasanya cenderung lebih besar dan lebar, serta terdapat benang karet di dalam lapisan obrasnya. Namun jika cara tersebut masih kurang meyakinkan dapat dilihat pada label baju yang pada produk asli, akan terdapat dua label pakaian yang terletak di bagian kerah dan pinggir baju, serta terdapat tanggal pembuatan produk pada labelnya.

Peluang Usaha Menjadi Mitra Pakaian Anak  iQaAaL Kids

Untuk memperluas usahanya, Fathia membuka kesempetan kerja sama dengan sistem grosir dan partai. Untuk Grosir, modal yang dibuthkan untuk pembelian awal sebesar Rp 500 ribu dengan ketentuan 1 model terdiri dari 3 pcs. Sedangkan untuk pembelian partai modal awal Rp 2,5 juta dengan ketentuan 1 model 1 lusin.

Bagi Mitra, Fathia memberikan potongan harga berkisar Rp 5 ribu sampai Rp 10 ribu unutk pembelian partai. Dan potongan tersebut bisa lebih besar bila Mitra membeli dalam jumlah yang lebih besar pula.

Fathia mencoba menggambarkan untuk pembelian pertama sebesar Rp 500 ribu, dengan asumsi Mitra grosir mampu menjual satu kaos senilai Rp 35 ribu, dan dalam satu bulan mampu menjual 25 pcs kaus, maka omset yang didapat Rp 875.000. Setelah dikurangi pengeluaran Rp 500 ribu untuk membeli 25 kaus, maka keuntungan bersih sebesar Rp 375.000. Dengan demikian, Mitra grosir bisa balik modal sekitar 2 bulan.

Namun, semua keuntungan tersebut juga tidak bisa dilepaskan dari promosi yang dilakukan. Karena itu Lulusan Universitas Pancasila jurusan Akutansi ini menyarankan bagi mereka yang ingin memulia usaha dengan menjadi Mitra dibutuhkan ketekunan terutama dalam urusan promosi.

Info lebih lanjut mengenai usaha pakaian anak ini, hubungi:

iQaAaL Kids
Jalan Pepaya Raya No. 79 Depok Jaya, Pancoran Mas, Depok, Jawa Barat
Tlp : 081318401080
Website : http://www.iqaalkids.com

Baca juga:

Leave a Reply