Servis Memuaskan, Kunci Sukses Bangun Loyalitas Pelanggan Usaha Bengkel

Usaha di bidang otomotif khususnya bengkel memang mempunyai prospek yang sangat baik, terlebih karena produksi dan penjualan kendaraan roda empat terus meningkat. Namun harus diperhatikan, jika ingin bertahan dan berkembang dengan baik maka bengkel tersebut harus mempunyai kekuatan untuk memberikan hal yang menarik dan diunggulkan oleh pihak bengkel. Hal ini berkaitan erat dengan tenaga kerja (mekanik), pasalnya kekuatan bengkel sangat bergantung pada mekaniknya. Semakin baik kinerjanya, maka reputasi bengkel juga akan meningkat.

Selain tenaga kerja, lokasi juga menjadi sangat penting. Dalam menentukan lokasi yang baik dan strategis mendirikan usaha bengkel, pertama kali yang harus dipikirkan adalah jumlah kendaraan atau pengguna kendaraan di lokasi tersebut, idealnya lokasi breada di pinggir jalan raya yang berdekatan dengan wilayah perumahan atau sentra otomotif. Baik di kota besar maupun daerah-daerah usaha bengkel masih bisa dikembangkan, jika melihat pada persaingannya tentu menjalankan bisnis ini di daerah persaingannya tak seketat di kota besar.

Untuk program pemasarannya dengan dua cara, yang pertama bagaimana menarik pelanggan yang baru dan yang kedua menjaga pelanggan lama agar bisa terus datang dan menjadi pelanggan setia. Untuk itu yang paling penting adalah harapan pelanggan datang ke bengkel bisa terpenuhi. Artinya kepuasan pelanggan terhadap kualitas, hasil servis, dan pelayanannya sesuai dengan apa yang diharapkan. Untuk itu kinerja mekanik atau montir harus lebih difokuskan dan diperhatikan.

Servis Memuaskan, Kunci Sukses Bangun Loyalitas Pelanggan Usaha Bengkel

Untuk mendukung hal-hal di atas, tentu promosi juga menjadi hal penting dalam menjaring konsumen dan pelanggan. Program-program promosi seperti diskon, voucher gratis cuci mobil jika melakukan perawatan, atau hadiah-hadiah lainnya yang bisa menarik minat konsumen datang ke bengkel sangat perlu dilakukan.

Baca juga:

Leave a Reply