Rima Merdina, Sukses Jalankan Usaha Kedai Kopi Ozaizy Coffee n’Resto Dengan Omset Ratusan Juta

Salah satu kunci sukses usaha adalah kejelian melihat peluang. Seperti yang dilakukan Rima Merdina dalam menjalankan usaha kedai kopi. Meski tak berpengalaman, namun dengan keberanian dan kejelian melihat peluang bisnis, dan semangat berwirausaha, kini ia pun sukses menjalankan usaha yang diberi nama Ozaizy Coffee n’Resto. Seperti apa Rima menjalankan usahanya?

Awal Usaha Kedai Kopi Ozaizy Coffee n’Resto

Jika sebagian besar orang merasa ragu saat akan memulai usaha, lain halnya dengan Rima Merdina. Bagaimana tidak, meski tidak memiliki pengalaman di bisnis kuliner namun wanita yang akrab disapa Rima ini yakin membuka usaha coffee shop. Apalagi saat ini ngopi sudah jadi gaya hidup membuat pangsa pasarnya semakin membesar.

Setelah mempelajari seluk-beluk usaha coffee shop, Rima akhirnya membuka coffee shop dengan nama Ozaizy Coffee n’Resto Agustus 2012 di rest area Tol Jagorawi. Mendapat respons bagus dari masyarakat membuat Rima semangat untuk mengembangkan sayapnya. Maka setahun kemudian Rima membuka cabang kedua Ozaizy Coffee n’Resto di bilangan Ahmad Yani, Bogor, Jawa barat.

Dikatakan Rima, Ozaizy merupakan singkatan dari nama kedua anaknya yaitu Oza dan Izi. “Awalnya saya bingung kira-kira apa nama usaha yang akan saya gunakan, namun ketika saya ingat nama anak-anak saya maka saya pun memutuskan untuk mengambil dari nama kedua anak saya,” ujar wanita 31 tahun tersebut.

Rima mengaku berani membuka usaha kuliner setelah ia bertemu dengan Chef Zulfikar yang bekerja di salah satu restaurant di Dubai. Setelah berkonsultasi dan berkunjung ke Dubai, akhirnya Rima mengajak Chef Zulfikar bekerja sama membuka usaha kuliner di Indonesia. “Alhamdullilah beliau mau kerja sama sehingga saya bisa menyerahkan sepenuhnya urusan menu kepadanya,” ujarnya.

Rima Merdina, Sukses Jalankan Usaha Kedai Kopi Ozaizy Coffee n’Resto Dengan Omset Ratusan Juta

Meski mengantongi pengalaman sebagai seorang chef profesional, namun Rima dan chef Zulfikar tetap melakukan survei dan membandingkan berbagai macam kopi dan makanan di beberapa restauran yang banyak didatangi masyarakat. Tujuannya agar mengetahui rasa yang disukai masyarakat. Untuk membuka usaha Ozaizy Coffee n’Resto, Rima mengaku menghabiskan uang sebesar Rp 300 juta untuk sewa dan renovasi tempat, membeli peralatan dan perlengkapan usaha, serta bahan baku awal. “Modal tersebut saya dapatkan dari hasil pinjaman ke orangtua yang saya kembalikan dengan sistem angsuran bulanan,” akunya.

Konsep Resto

Dari namanya kita bisa tahu kalau Ozaizy Coffee n’Resto mengusung konsep coffee and resto di mana pelanggan tak hanya bisa menyeruput secangkir kopi, namun juga dapat menikmati aneka makanan berat khas resto. Untuk desain interior Rima menggunakan nuansa Eropa yang didominasi interior menara Eiffel dan jajaran foto pemain bola liga-liga besar Eropa. “Saya suka menara Eiffel makanya saya pilih tema bergaya Eropa,” ujarnya.

Ozaizy Coffee n’Resto menawarkan berbagai varian kopi arabika seperti Kopi Gaya, Thai Ice Coffee, Coffee Latte, Amercano Coffee, Saigon Coffee, Espresso Coffee, Coffee Black Original, hingga Machiatto Ekspresso. Selain kopi, Ozaizy Coffee n’Resto juga menawarkan aneka makanan seperti Pizza Keju, Pizza Ayam Jamur, Pizza Daging Onion, Pizza Seafood, Banana Pizza, Hawaian Pizza, Classic Pizza, Thin Crispy Pizza, Aneka Mie seperti Kwetiaw Telur Siram, Kwetiaw Telur Goreng, Mie Goreng Jawa, Mie Goreng Seafood, Bihun Goreng Jawa hingga menu aneka olahan nasi seperti Nasi Lemak, Nasi Kuku Ayam Jamur, Nasi Kukus Ayam Sosis, Spicy Thai Chicken Rice, Thai Dori Fish Rice.

Untuk minuman kopi yang banyak diminati oleh pelanggan adalah Kopi Gayo, dan Tai Ice Coffee. Sedangkan makanan yang paling disukai adalah Pizza Classic yang memiliki tekstur yang empuk dan lembut di lidah dengan lelehan keju mozzarella dan berbagai topping berupa daging asap dan paprika. Meski mengusung konsep ala Eropa namun harga yang ditawarkan masih relatif terjangkau yaitu sebesar Rp 20-29 ribu/cangkir kopi, dan makanan mulai dari Rp 12 – 105 ribu/porsi.

Dengan suasana yang cozy dan banyaknya menu yang ditawarkan membuat Ozaizy Coffee n’Resto tidak pernah sepi dikunjungi pelanggan. Tidak heran bila Rima mengaku mampu mengantongi omset sebesar Rp 250 juta/bulan dari satu restonya. Kesuksesan yang Rima raih tidak lepas dari kedisiplinannya mengontrol pemasukan dan pengeluaran sehingga usahanya tersebut tetap mencatatkan profit setiap bulannya.

Kendala Usaha

Meski saat ini sudah bisa dikatakan sukses menjalankan Ozaizy Coffee n’Resto, namun Rima tidak menampik jika dalam perjalanannya sering mengalami kendala. Menurut Rima, kendala yang sering dihadapi adalah terkait karyawan. Menurutnya dalam usaha kuliner khususnya kedai kopi sangat dibutuhkan karyawan yang memiliki skill dan keterampilan khusus, maka Rima rutin memberikan pelatihan secara berkala kepada karyawan. “Repotnya kalau ada karyawan yang keluar, otomatis kita harus men-training karyawan baru dari awal lagi,” terangnya.

Selain masalah karyawan, kendala lainnya yang dihadapi adalah ketersediaan bahan baku dan harganya yang sangat fluktuatif. Bahkan menurut Rima harga bahan baku cenderung menunjukkan grafik menanjak. Tentu ini menjadi pekerjaan rumah bagi Rima bagaimana menyiasati masalah harga bahan baku agar tidak perlu menaikkan harga jual. “Solusinya saya menangkas margin keuntungan daripada menaikkan harga yang nantinya akan memberatkan pelanggan,” terangnya.

Promosi Usaha

Dalam memasarkan usaha kopi dan restonya, Rima mengaku melakukan promosi lewat berbagai cara mulai dari promosi dari mulut ke mulut, hingga memberikan tester kepada masyarakat sekitar untuk mencicipi menu yang ada di Ozaizy Coffee n’Resto. Rima juga memilih lokasi yang strategis yaitu dekat dengan keramaian yaitu pusat kuliner dan mudah terlihat oleh masyarakat.

Namun demi untuk terus mempromosikan usahanya, Rima juga memanfaatkan media sosial (medsos) untuk memasarkan usahanya seperti twitter, facebook dan medsos lainnya. Menurut Rima lewat medsos maka usahanya akan lebih cepat dikenal karena hampir semua orang punya minimal satu akun medsos.

Rima memberikan tips sukses di usaha kedai kopi ini. Menurutnya rencana yang matang dalam membangun bisnis merupakan bagian yang sangat penting, setelah memiliki rencana yang matang sebaiknya langsung dieksekusi agar usaha yang sudah direncanakan dapat segera terealisasi dan bermimpilah untuk menjadi orang sukses.

Info lebih lanjut mengenai usaha kedai kopi ini, hubungi:

Rima Merdina, (Ozaizy Coffee n’Resto)
Jl. Ahmad Yani No. 50 Bogor, Jawa Barat, / Jl. Tol Jagorawi Km 10.6 jakarta Timur
Telp : 0251 8383953
Email: ozaizycoffeeresto@gmail.com
Facebook: Ozaizy Kopi
Instagram : @ozaizy_coffee_n_resto_bogor

Baca juga:

Leave a Reply