Rendy Basuki Sukses Sandingkan Jamu Dengan Ragam Menu Modern

Seakan ingin memanjakan konsumen pecinta jamu sekaligus mengangkat minuman kesehatan khas tradisional tersebut, Café Miss B Djajanan, Djamoe, Djoes yang berlokasi di JL. Lebak Bulus, Jakarta Selatan hadir dengan konsep modern yang nyaman. Di café ini, para pelanggan yang datang bukan hanya disuguhi aneka jamu dan minuman kesehatan lain, tapi juga dengan ragam menu makanan modern. Seperti apa usaha cafe ini?

Sekilas Tentang Café Miss B Djajanan, Djamoe, Djoes

Berada di kawasan ruko Bona Indah Bussiness Center, Karang Tengah Raya, Lebak Bulu-Jakarta Selatan, membuat Café Miss B Djajanan, Djamoe, Djoes cukup mudah ditemui. Lahan parkir yang cukup luas memudahkan Anda yang datang dengan berkendara roda dua atau empat. Spanduk besar dengan warna warni dan mencolok yang memampang aneka menu yang ditawarkan Café Miss B Djajanan, Djamoe, Djoes jadi petunjuk mutlak.

Café yang dirintis pada bulan Oktober 2012 ini, lahir dari kepedulian seorang Rendy Basuki, pemilik Café Miss B Djajanan, Djamoe, Djoes, yang merasa prihatin akan keberadaan jamu tradisional yang kian tergerus zaman, dan seakan digusur oleh minuman-minuman modern. Rendy juga melihat kebanyakan masyarakat mengkonotasikan jamu hanya terkait dengan mbok-mbok jamu yang biasa berkeliling kampung atau kios jamu di pinggir jalan.

“Café ini sengaja kami bangun dengan harapan bisa mengangkat derajat jamu sebagai minuman sehat khas Indonesia yang tampilannya bisa dimodifikasi sedemikian rupa agar tidak ketinggalan zaman,” ujar Rendy.

Minimalis Moderen

Supaya lebih terlihat kekinian, Rendy juga menata Café Miss B Djajanan, Djamoe, Djoes dengan konsep desain minimalis modern. Space ruang yang tidak terlalu luas pun jadi tetap terasa nyaman. Dominasi warna hijau muda pada kursi meja makan yang senada dengan warna dinding bagian atas seakan matching dengan wall paper motif kayu di setengah bagian bawah tembok.

Poster-poster semi jumbo khas Brand Miss B yang merupakan tokoh fiksi wanita dalam novel karangan penulis senior nasional yang tidak lain adalah kakak kandung dari Rendy Basuki yaitu Fira Basuki. Uniknya, tiap poster digambar dengan latar belakang motif balik yang klasik.

“Karakter fiksi tersebut menggambarkan wanita muda Indonesia yang independent (mandiri) dan modern, tetapi tidak melupakan tradisi warisan bangsanya sendiri,” tegas Rendy.

Anda pun tak perlu khawatir kegerahan saat bertandang ke café berkapasitas 20 seat ini karena air conditioner yang dipasang Café Miss B Djajanan, Djamoe, Djoes siap menyejukkan suasana.

Menu Khas

Meski ide awal yang diusung Rendy bertujuan untuk menaikkan kelas jamu khas nusantara, bukan berarti pengunjung Café Miss B Djajanan, Djamoe, Djoes hanya bisa menikmati ragam varian jamu saja, karena di sini anda juga dapat mencicip aneka menu lain yang modern dan mengenyangkan.

Ciri khas dari menu-menu racikan Café Miss B Djajanan, Djamoe, Djoes didominasi bahan makanan sehat yang bebas dari bahan pengawet dan bahan kimia, mulai dari jajanan seperti Singkong Goreng, Pisang Lumer, Bakso Sehat, Pempek Enak, Spaghetti Bolognaise dan Cordon Blue. Aneka jamu berupa Beras Kencur, Kunyit Asam, Wedang Uwuh dan Wedang Jahe. Hingga ragam minuman segar seperti Aneka Smoothies, Aneka Flavored Ice Teas, Orange Juice Special, Aneka Es Campur dan aneka kopi.

Dari deretan menu jajanan ala Café Miss B Djajanan, Djamoe, Djoes menu yang paling populer dan banyak dipesan customer setiap harinya adalah Bakso Sehat. Rendy memang cukup berani menambahkan kata sehat pada bakso racikannya, karena bahan baku yang digunakan murni bahan baku segar yang kemudian diolah didapur Cafe Miss B Djajanan, Djamoe, Djoes. Bukan itu saja, Rendy bahkan sama sekali tidak menambahkan bahan kimia seperti bahan kimia seperti vetsin, bahan pengenyal atau pemutih ke dalam adonan bakso.

Bakso Sehat, menu yang popuker di Café Miss B Djajanan, Djamoe, Djoes

Walhasil, saat mulai mencicipi  semangkuk Bakso Sehat yang disajikan dalam keadaan panas tersebut, Anda akan merasakan rasa daging bakso sapi yang khas dengan tekstur lembut dan kenyal berpadu cita rasa gurih yang light khas bumbu segar. Demikian juga saat menyeruput kuah Bakso Sehat yang gurih, hasil kolaborasi bawang putih, lada putih bubuk dan garam di dalam air rebusan tulang sapi. Seporsi Bakso Sehat ditawarkan dengan harga Rp 20 ribu.

Bila semangkuk Bakso Sehat masih kurang nampol, Anda juga bisa memesan Pempek Enak yang tak kalah ciamik. Diracik dari daging ikan tenggiri segar, sensasi gurih alaminya begitu terasa saat tercecap di lidah. Siraman kuah cukanya yang asam-segar membuat lidah tak ingin berhenti bergoyang. Anda pun cukup merogoh kocek sebesar Rp 28 ribu untuk menikmati sepiring Pempek Enak.

Selanjutnya, Love Drama Smoothie cocok jadi minuman dingin pelega tenggorokan. Karena minuman satu ini diramu dari potongan buah mangga dan strowberi, serta air perasan jeruk yang diblend hingga lembut bersama es. Warna merah merona yang dihasilkan sanggup membuat tiap orang yang melihatnya ngiler. Dan rasa asam bercampur manis yang ditawarkanpun begitu menyegarkan. Tak heran bila segelas Love Drama Smoothies jadi minuman favorit customer Miss B Djajanan, Djamoe, Djoes.

Aneka Jamu Sehat

Bertandang ke Café Miss B Djajanan, Djamoe, Djoes belum afdol rasanya tanpa mencicipi kenikmatan jamu sehat yang ditawarkan. Untuk jamu Beras Kencur dan Kunyit Asem tersedia dalam kemasan botol plastik, sedangkan untuk Wedang Uwuh dan Wedang Jahe dalam bentuk kering dan dikemas dalam kemasan paper bag. Namun,  semuanya bisa dihidangkan di dalam gelas saji dan siap minum.

Jamu Kunyit Asem dari Café Miss B Djajanan, Djamoe, Djoes

“Untuk Wedang Uwuh atau Wedang Jahe bila ingin dinikmati ditempat sebelumnya telah kami seduh dengan air mendidih,” tambah Rendy.

Customer Café Miss B Djajanan, Djamoe, Djoes yang kebanyakan adalah kaum hawa cukup menggemari jamu Kunyit Asam. Minuman sehat yang dijual seharga Rp 15 ribu per cangkir dan Rp 30 ribu per botol isi 300 ml ini memang berkhasiat untuk memperlancar siklus haid, menghilangkan bau badan tak sedap, mencegah timbulnya jerawat, membantu meredakan panas demam, serta mengurangi gejala sakit maag.

Seperti menu lainnya, semua jamu yang diracik Café Miss B Djajanan, Djamoe, Djoes juga menggunakan bahan baku yang bebas pengawet dan pemanis buatan. Untuk jamu Kunyit Asam atau Beras Kencur, Rendy menggunakan gula merah kelapa, sedangkan untuk Wedang Uwuh atau Wedang Jahe ditambahkan gula batu. Kedua pemanis tersebut dinilai lebih sehat dan alami dibanding gula pasir.

“Café Miss B Djajanan, Djamoe, Djoes juga menyediakan Sarang Semut Putih yang kami datangkan langsung dari Papua. Sarang Semut Putih merupakan anti oksidan yang dapat memperlambat pertumbuhan sel kanker,” papar Rendy.

Untuk Syuting

Meski memiliki kapasitas ruang yang terbatas, namun Café Miss B Djajanan, Djamoe, Djoes kerap digunakan sebagai lokasi syuting sinetron atau film. Tak jarang, Rendy harus menutup cafenya karena keperluan syuting tersebut.

Walau demikian customer Café Miss B Djajanan, Djamoe, Djoes yang kebanyakan adalah pekerja kantoran dan kaula muda tidak terlalu kecewa. Mereka umumnya datang saat jam makan siang atau weekend.

“Selain kedatangan artis yang singgah untuk syuting sinetron atau film, beberapa selebriti seperti Sylvana Herman dan Wimar Witoelar juga pernah sengaja bertandang untuk mencicipi menu-menu yang kami tawarkan,” ucap Rendy.

Selain menyediakan Wifi gratis, Café Miss B Djajanan, Djamoe, Djoes juga memberikan segelas Smoothie secara cuma-cuma bagi customer yang berbelanja minimal Rp 50 ribu di Café Miss B Djajanan, Djamoe, Djoes. Tertarik? 

Info lebih lanjut dapat menghubungi :

Miss B Djajanan, Djamoe, Djoes
Jl. Karang Tengah Raya, Bona Indah Business Centre No. 8W
Lebak Bulus, Jakarta Selatan
No: Telp (021) 29207105 / 087878196566
Facebook : DearMissB
Twitter : @DearMissB
Instagram: @cafemissb

Baca juga:

Leave a Reply