Regina Kusumawidjaja ~ Sukses Raih Omset Puluhan Juta dari Artisan Smoothies

Gaya hidup sehat telah menjadi lifestyle di masyarakat beberapa tahun terakhir. Tidak heran permintaan akan makanan dan minuman sehat terus meningkat. Adalah Regina Kusumawidjaja salah satu yang jeli melihat peluang bisnis tersebut dengan membuka usaha smoothies sejak akhir 2015 lalu. Walau masih seumur jagung menjalankan usaha Artisan Smoothies, Regina mampu meraup omset belasan juta dalam sebulan. Seperti apa perjalanan usaha Regina mengembangkan Artisan Smoothies?

Awal Usaha Artisan Smoothies

Banyak cara yang dilakukan orang untuk dapat menjaga kesehatan dan kebugaran tubuhnya, salah satu caranya adalah dengan mengkonsumsi makanan dan minuman sehat yang baik untuk tubuh. Hal itulah yang dilakukan Regina Kusumawidjaja selama menjalani studi di Australia. “Di sana saya biasa menjalankan pola hidup sehat mulai dari rutin nge-gym sampai mengkonsumsi makanan sehat seperti smoothies,” ujarnya.

Bahkan ketika pulang dari negeri kengguru tersebut wanita yang kerap disapa Regina ini tetap berusaha menjalankan pola hidup sehat seperti tetap mengkonsumsi smoothies. Sayang dari sekian banyak smoothies yang ada di pasaran, hanya sedikit yang sesuai dengan seleranya. Hal tersebut memberi Regina ide untuk membuat smoothies sendiri. Berbekal resep yang didapat dari internet dan uji coba sendiri, Regina mulai membuat smoothies untuk konsumsi pribadi.

Regina pun iseng-iseng memposting smoothies buatannya ke media sosial instagram. Postingan tersebut rupanya mendapat respons dari teman-temannya yang minta dibuatkan smoothies. Melihat ada peluang usaha, Regina lantas memutuskan untuk membuka usaha Artisan Smoothies pada Desember 2015. “Saya ingin mengubah pandangan orang kalau healthy food seperti smoothies itu rasanya gak enak, menjadi seperti orang minum starbuck yang rasanya enak,” terangnya.

Untuk memulai usaha Artisan Smoothies, Regina mengaku merogoh kocek sebesar Rp 30 juta yang digunakan untuk membeli peralayan usaha, botol dan bahan baku awal. Untuk pemasaran awal Regina mengaku mengandalkan promosi melalui media sosial dan dari mulut ke mulut. “Paling efektif memang promosi dari mulut ke mulut,” terangnya. Smoothies

Regina Kusumawidjaja ~ Sukses Raih Omset Puluhan Juta dari Artisan Smoothies

Jenis dan Varian Rasa Artisan Smoothies

Menurut Regina, Artisan Smoothies  sama seperti smoothies pada umumnya, hanya saja Artisan Smoothies menggunakan bahan baku tambahan berupa Super Fruit yaitu Chia Seed, Spirulina, dan Akay Powder. Lebih jauh Regina menjelaskan kalau Super Fruit tersebut memiliki banyak manfaat seperti anti oksidan, mengendalikan kadar gula darah, anti peradangan, serta kaya akan serat, mineral, dan omega 3.

Artisan Smoothies menawarkan 2 macam smoothies yaitu dengan susu (dairy), dan tanpa susu (non dairy). Untuk yang menggunakan susu (dairy) Artisan Smoothies menawarkan 3 pilihan rasa yaitu Legalty Pink (banana, stevia, pitaya, milk, ice), Sunrise (orange, mango, matcha, chia seed, milk,ice), dan Dragon Fly (pitaya, berries, chia seed, milk,ice).

Sedangkan untuk non dairy ada 4 varian rasa yaitu Call Me Grey (banana, strawberry, soy milk, earlgrey, ice), Berry Blossom (banana, coconut water, strawberry, pineaple, chia seed, ice), Lean & Mean (spinach, banana, pineapple, cacao, coconut water, ice), dan Fuel The Day (coffee, banana, oats, nut butter, cinnamon, chia seed, ice).

Dari 7 varian rasa yang ditawarkan, varian rasa Legally Pink, Sunrise, dan Dragon Fly banyak disukai oleh para wanita, sedangkan Fuel The Day menjadi primadona bagi kaum adam. Harga yang ditawarkan pun relatif terjangkau yaitu sebesar Rp 50 ribu/botol di luar ongkos kirim. Tak heran bila dalam sehari Regina mampu menjual sekitar 15-20 botol dengan omset mencapai puluhan juta tiap bulannya.

Selain 7 varian rasa regular tersebut, Regina juga kerap menghadirkan varian rasa tertentu tergantung stok buah yang tersedia. Karena mengusung usaha healthy food, Regina mengaku tidak menggunakan bahan pengawet dan pemanis buatan, wajar jika Artisan Smoothies hanya mampu bertahan dalam 2 hari saja. “Saya hanya memproduksi berdasarkan pesanan saja jadi terjamin kesegarannya,” ujarnya.

Pintar Cari Supplier

Meski harga jual yang ditawarkan relatif terjangkau, namun Regina mengaku tidak secara khusus menyasar segmentasi pasar menengah ke bawah. Regina hanya ingin Artisan Smoothies dapat dinikmati oleh semua kalangan yang ingin menjalankan gaya hidup sehat dengan olah raga dan konsumsi healthy food seperti smoothies.

Menurutnya harga jual yang terjangkau tersebut lantaran Regina sangat selektif dalam mencari supplier baik dari kualitas dan harga. Dengan bahan baku yang lebih terjangkau Regina dapat menekan harga jual Artisan Smoothies. “Saya diajarin sama ayah saya kalau dagang itu harus pintar cari bahan baku agar menguntungkan buat saya dan juga konsumen,” ujarnya.

Meski begitu Regina menjamin bahan baku yang digunakan adalah bahan baku berkualitas. Regina mengaku menggunakan buah lokal dengan kualitas terbaik (grade A) yang terjamin kesegarannya dan bahan baku gula diet yang rendah lemak baik bagi mereka yang sedang dalam program diet.

Kendala dan Promosi Usaha

Sebagai pemain baru di ushaa smoothies, Regina tidak menampik jika dalam menjalankan usaha Artisan Smoothies kerap mengalami kendala. Regina masih menggunakan jasa ojek online yang tarifnya tidak dapat ditentukan karena tergantung jarak pengiriman. “Saya pernah dikomplain sama konsumen lantaran ongkos kirimnya lebih mahal dari harga smoothies-nya,” akunya.

Soal promosi selain masih tetap mengandalkan promosi dari mulut ke mulut, dan lewat media sosial, kini Regina juga rutin mengikuti bazzar. Guna meningkatkan penjualan ke depannya Regina ingin melakukan promosi lewat media baik media cetak maupun elektronik.

Info lebih lanjut mengenai usaha healthy food ini, hubungi:

Artisan Smoothies
Citra Garden 2 Blok O 4 No 5-6
Cengkareng, Jakarta barat
Telp dan WA 08111699499
IG; Artisan.smoothies

Baca juga:

Leave a Reply