Rahasia / Strategi Sukses Menjadi Pengusaha Cake & Bakery

Bisnis kuliner merupakan bisnis yang tidak pernah ada matinya. Pasalnya, tak ada satu manusiapun yang tidak membutuhkan makanan. Jenis dari makanan itu sendiri beraneka ragam. Mulai dari makanan yang ringan hingga makanan yang berat. Makanan berat sering juga disebut sebagai masakan sedangkan makanan ringan sering disebut sebagai aneka kue atau jajanan. Seiring berjalannya waktu banyak masyarakat lebih suka memenuhi kebutuhan makanan dengan cara membeli ataupun menggunakan jasa penyedia makanan. Hal ini dapat dijadikan sebagai peluang bisnis yang menjanjikan, sebab semakin lama konsumen kuliner jumlahnya semakin bertambah.

Lokasi Usaha Yang Stategis

Sebelum memulai usaha, salah satu hal terpenting yang juga dapat menentukan hasil usaha Anda adalah lokasi usaha. Lokasi usaha yang strategis sangat mempengaruhi penghasilan usaha Anda. Lokasi yang strategis dalam hal ini adalah lokasi dimana aktivitas di sekitarnya sangat padat yang membuat masyarakatnya tidak memiliki kesempatan untuk meluangkan waktu membuat makanan. Di antaranya adalah tempat di lingkungan perkantoran, sekolah ataupun universitas. Di samping itu juga di lingkungan perumahan yang mayoritas penduduknya adalah karyawan juga dapat dijadikan tempat strategis dalam membuka usaha. Sebab, bagi para karyawan biasanya tidak memiliki kesempatan untuk menyiapkan makanan untuk di rumah.

Baca juga: Tips Sukses Usaha Kuliner di Kantin Kantor

Produk Yang Enak

Setelah Anda memperoleh tempat yang strategis, selanjutnya Anda harus memahami berbagai produk yang akan Anda tawarkan kepada konsumen. Dalam hal ini yang perlu Anda kuasai adalah aneka sajian cake & bakery.

Pasalnya, banyak masyarakat kita yang membeli sesuatu karena sedang trend dan ingin mencobanya. Kesempatan inilah yang bisa Anda gunakan sebagai peluang usaha. Jika Anda dapat membuat produk yang enak, dapat membuat mereka yang niatnya hanya mencoba dapat kembali membeli produk Anda.

Rahasia / Strategi Sukses Menjadi Pengusaha Cake & Bakery

Jika hasil karya Anda mulai dikenal, lakukanlah variasi produk. Misalnya saja Anda menjual donat, aneka cake dan juga berbagai macam roti manis. Lakukan variasi isi ataupun bahan yang Anda gunakan. Bisa juga untuk cake Anda menggunakan variasi bahan, misalnya saja cake jagung atau cake talas dan kombinasi bahan yang lain. Aneka bentuk dari roti manis juga dapat Anda variasikan, jika umumnya roti manis berbentuk bulat ataupun oval Anda dapat membentuk roti menjadi aneka bentuk yang lucu dan menarik.

Pemasaran

Jika sudah memiliki lokasi usaha yang strategis, produk yang enak, penyajian yang bervariasi tentunya Anda harus memasarkan dan juga memperkenalkan kepada para konsumen. Biasanya pada tahap ini banyak yang merasa putus asa, namun hal itu jangan sampai terjadi pada Anda. Sebab, biasanya ketika memasarkan ternyata para konsumen lebih suka membeli produk yang sudah terkenal dibandingkan produk yang baru dan belum mereka ketahui. Terkadang produk yang menarik pun belum cukup membuat mereka tertarik untuk mencoba produk Anda. Ketika awal mencoba pun, umumnya mereka lebih suka mengkritik. Namun dengan adanya kritikan itu, Anda tak perlu berkecil hati. Tapi dengan adanya kritikan tersebut, justru mental Anda sebagai pengusaha harus semakin kuat. Perbaiki kritikan dari mereka lalu coba perbaiki dan tawarkan produk yang sudah Anda perbaiki tersebut kepada mereka yang member kritikan. Dengan begitu mereka akan melihat usaha Anda untuk membuat produk yang lebih baik dan lebih baik lagi.

Harga Jual

Jika Anda tidak memahami dunia kuliner, langkah yang bisa Anda tempuh adalah konsultasi kepada rekan yang ahli di bidang kuliner. Salah satu yang juga memengaruhi daya tarik adalah harga jual. Harga jual yang terjangkau juga merupakan nilai tersendiri bagi sebagian orang. Jadi tentukanlah harga jual yang sesuai dengan pasar Anda. Untung banyak tidak harus diperoleh dari harga jual yang tinggi. Tetapi dengan harga jual yang secukupnya tapi dengan banyak permintaan juga dapat memberikan Anda keuntungan yang besar. Jadi selain Anda memperoleh untung yang besar, produk Anda juga tentunya akan semakin diminati.

Baca juga: Strategi Meraih Untung Jutaan Rupiah Dari Usaha Cake Ataupun Bakery

Peralatan

Dalam membuat sajian cake & bakery, khususnya aneka roti Anda akan membutuhkan berbagai macam peralatan. Peralatan tersebut diantaranya adalah mixer adonan, prover adonan, oven serta beberapa peralatan kecil seperti loang, pemotong adonan dan sebagainya. Termasuk juga peralatan untuk berjualan, Anda memerlukan peralatan yang khusus. Pada tahap awal membuka usaha ini menggunakan gerobak dapat menjadi salah satu pilihan bagi Anda. Terkkadang jika menggunakan konsep seperti café justru banyak orang yang tidak berani untuk mencoba. Namun jika menggunakan gerobak, maka mereka tidak akan ragu untuk mencoba. Untuk lebih mempermudah Anda juga dapat menggunkan etalase untuk menyajikan berbagai produk.

Pelayanan

Bersikap ramah kepada pembeli juga memberikan nilai tambah bagi usaha Anda. Sebab, tentunya Anda memiliki banyak pesaing dan dengan keramahan dapat menambah daya tarik tersendiri. Jadi bagi konsumen yang mementingkan pelayanan tentunya akan memilih produk Anda untuk melengkapi acara mereka. Jadi, dengan adanya produk yang enak lalu harga yang terjangkau serta pelayanan yang menyenangkan dan berada di lokasi strategis, diharapkan dapat menjadikan usaha Anda menjadi usaha yang sukses dan menjadikan Anda sebagai pengusaha cake & bakery sukses dengan penghasilan yang memuaskan. Semoga tips ini bermanfaat bagi Anda.

Baca juga:

1 thought on “Rahasia / Strategi Sukses Menjadi Pengusaha Cake & Bakery

Leave a Reply