Qchen Diet Catering ~ Sukses Usaha Catering Lewat Strategi Promosi Endorse Artis

Berkembangnya gaya hidup sehat membuat usaha catering sehat semakin diminati. Salah satunya Qchen Diet Catering yang berdiri dua tahun lalu yang dirintis pasangan suami istri Yudi Hendrawan dan Novita Dewi Damayanti. Lewat strategi promosi endorse artis, Qchen Catering diet mampu meraup omset Rp 70 juta/bulan. Seperti apa Yudi menjalankan usaha catering diet yang banyak di pesan artis dan pejabat ini?

Awal Usaha Qchen Diet Catering

Memiliki bentuk tubuh ideal memang menjadi impian semua orang, termasuk pasangan suami istri Yudi Hendrawan dan Novita Dewi Damayanti. Untuk mewujudkannya, pasangan suami istri ini lantas mencoba melakukan Diet Mayo untuk menjaga asupan gizi makanan dan olahraga yang teratur.

Awalnya memang tidak mudah untuk melakukan Diet Mayo, pasalnya salah satu syarat Diet Mayo adalah tidak mengkonsumsi makanan yang mengandung garam. Tak ayal jika biasanya pria yang sehari-hari disapa Yudi ini mengkonsumsi makanan yang kaya akan penyedap kini beralih ke makanan yang hambar dan disajikan dalam bentuk setengah matang dan diolah dengan cara direbus. Namun tekad yang bulat menjadikan Yudi dan istri konsisten untuk menjalani diet ini.

Hasilnya hanya dalam waktu 2 minggu Yudi dan istri sudah mendapatkan bentuk tubuh ideal. Tak heran bila banyak teman satu kantor istrinya yang tertarik mengikuti Diet Mayo. Peluang bisnis tersebut dimanfaatkan Yudi untuk menjual program Diet Mayo. Sebagai lulusan Sekolah Nutrisi Binaragawan Ade Rai, tentu tak sulit bagi Yudi untuk menyusun program Diet Mayo sesuai dengan target para pelanggannya. “Mungkin karena hasilnya yang cukup terasa dan tidak perlu repot-repot berolah raga serta keluar biaya nge-gym jadi banyak yang tertarik untuk menjalani diet yang sama,” ungkapnya.

Bermodal Rp 500 ribu, Yudi memulai usaha catering diet dengan nama Qchen Diet Catering pada September 2014. “Sebetulnya usaha ini djalankan tanpa modal karena untuk membeli semuanya kita menggunakan perputaran uang dari pembeli di tiap pembelian kita kenakan uang muka,” ungkapnya.

Qchen Diet Catering ~ Sukses Usaha Catering Lewat Strategi Promosi Endorse Artis

Awalnya hanya ada lima orang pelanggan yang mengikuti program diet, namun seiring dengan berjalannya waktu kini Qchen Diet Catering telah memiliki ratusan pelanggan. Namun bukannya senang, Yudi yang dibantu istrinya dalam menyiapkan catering diet, justru dibuat pusing dengan masalah pengiriman, apalagi jenis catering ini bukanlah seperti catering biasa yang bisa dipesan kapan saja dan waktu pengiriman yang lama. “Dahulu itu belum ada ojek aplikasi, jadi untuk pesanan yang datang di luar teman saya sama istri bingung untuk mengirimnya,” tuturnya.

Meski terkendala, Yudi tidak mau menyerah begitu saja apalagi jika melihat omset dan prospeknya yang cukup menjanjikan. Oleh karena itu, pria bertubuh kekar ini pun berinisiatif untuk turun tangan menjadi kurir dalam mengantarkan pesanan pelanggan. “Kebetulan saya memang punya satu motor, jadilah kita gunakan motor tersebut untuk transportasi pengiriman catering,” ungkapnya.

Menu Pilihan Yang Ditawarkan Qchen Diet Catering

Walau terseok-seok di awal menjalankan usaha, kini Qchen Diet Catering telah berjalan dengan stabil. Bahkan Yudi yang biasanya keliling Jakarta mengantarkan semua pesanan saat ini tidak perlu lagi melakukannya lantaran sudah memiliki kurir pribadi. “Selain kurir saat ini kita juga sudah punya beberapa pegawai yang bantu masak di dapur,” jelasnya.

Qchen Diet Catering menawarkan program diet sehat seperti Diet Mayo. Menurut Yudi yang dimaksud Diet Mayo disini tidak mengkonsumsi makanan yang mengandung garam, mengurangi konsumsi karbohidrat. Garam adalah pantangan utama dalam menjalankan Diet Mayo. Anda dapat mengkonsumsi makanan apa saja, asalkan sehat dan tidak mengandung garam. Dalam program diet ini, Anda disarankan agar lebih banyak mengonsumsi air putih atau air mineral. Minimal 8 gelas air setiap hari. Banyaknya air berfungsi sebagai sarana mengeluarkan garam-garam yang ada di dalam tubuh.

Qchen Diet Catering ~ Sukses Usaha Catering Lewat Strategi Promosi Endorse Artis

Jadi saat Anda tengah melakukan diet yang berlangsung selama 13 hari tersebut, garam yang ada di dalam tubuh akan dikeluarkan melalui urin dan juga feses. Nah, pada saat itu juga tubuh tidak akan mendapatkan asupan garam yang memicu peningkatan volume air di dalam tubuh, karena air inilah yang menjadi beberapa penyebab berat badan berlebih.

Selain Diet Mayo, Qchen Diet Catering juga menawarkan beberapa program diet dan menu makanan sehat. Diantaranya program Diet General Motors, Program Makanan Sehat untuk Ibu Hamil, Menyusui Baby dan Vegetarian. “Sedangkan untuk menunya selain menyediakan varian menu pasti, kami juga menyediakan aneka menu yang disesuaikan dengan kebutuhan klien dan menunya akan selalu berganti setiap minggu,” tuturnya.

Semua layanan tersebut ditawarkan dalam 3 paket, yaitu paket 13 hari, 7 hari dan 5 hari. Adapun untuk harganya mulai dari Rp 1,5 juta untuk tipe Diet Mayo program 13 hari, Rp 800 ribu untuk Program Makanan Sehat selama 5 hari untuk Ibu menyusui, ibu hamil dan vegetarian, Rp 600 ribu untuk program diet selama 7 hari. “Pembayaran tersebut sudah termasuk ongkos kirim, sedangkan untuk jatah makannya mendapatkan 2x makan pada siang dan malam. Sedangkan khusus untuk program ibu hamil dan menyusui akan mendapatkan snack 2 pcs setiap harinya,” jelasnya.

Keunggulan Qchen Diet Catering

Yudi mengatakan keunggulan produknya terletak hasil yang didapatkan. Contohnya saja untuk program Diet Mayo jika konsumen konsisten dalam menjalankan dietnya dan menuruti semua saran yang diberikan maka dalam tempo 13 hari akan terjadi penurunan badan dari 5 – 13 kg. selain itu keunggulan lain adalah penggunaan bahan baku dengan kualitas terbaik.

Qchen Diet Catering juga memberikan layanan after sales berupa free konsultasi tentang masalah gizi selama menjalankan program diet agar mendapatkan hasil yang maksimal. Konsultasi tersebut dapat dilakukan via telepon, email, maupun kunjungan langsung. “Selain mendapatkan program yang tepat, konsultasi ini juga diperlukan untuk mengetahui jenis makanan apa saja yang disukai oleh konsumen serta riwayat penyakit agar tidak menyebabkan efek samping,” ujarnya.

Satu lagi keunggulan yang juga dimiliki oleh Qchen Diet Catering terletak pada penggunaan alat masak dan proses masak yang sangat diperhatikan. Hal ini penting dilakukan karena selain berpengaruh terhadap nilai gizi juga terhadap rasa. Terutama selama proses memasak api yang digunakan harus dalam keadaan kecil. Hal ini agar nutrisi yang terdapat pada bahan makanan tidak hilang. Sedangkan untuk makanan rebusan, Yudi hanya merebusnya sebentar saja selama 1-2 menit dalam air mendidih.

Promosi dan Kendala Usaha

Selain melalui media sosial seperti Twitter dan Instagram, Yudi cukup terbantu dengan profesi sang istri yang kebetulan bekerja sebagai tim kreatif di salah satu stasiun televisi swasta. Tak heran bila istrinya kenal dengan banyak artis yang kemudian Yudi endorse untuk memperkenalkan usaha catering diet miliknya. Tidak kurang sederet artis kenamaan seperti Dewi Persik, Vicky Zhu, dan Irfan Hakim telah di endorse Qchen Diet Catering.

Bagi Yudi cara endorse artis ternama cukup berhasil, selain mudah dikenal dengan cara ini Qchen Diet Catering miliknya menjadi langganan para artis dan pejabat, mulai dari Nagita Slavina, Chef Bara Pattiradjawane, Kartika Putri, dan masih banyak lagi yang lainnya. Tak heran bila dalam sebulan omset yang didapatkan oleh Qchen Diet Catering mencapai Rp 70 juta dengan keuntungan bersih sebesar 50% dari omset.

Terkait dengan kendala, Yudi mengaku kendala utama pada usahanya ini pada pengiriman yang memang masih terbatas sementara persaingan terjadi begitu ketat di area yang samanya seiring dengan meningkatnya popularitas catering diet di kalangan masyarakat. “Untuk saat ini kami melayani permintaan konsumen di area Jabodetabek, untuk luar daerah kita belum bisa melayani,” ungkapnya.

Namun meski semakin banyak pelakunya Yudi pun harus siap menghadapi persaingan pasar yang mulai bermunculan. Menurutnya, semakin banyak kompetitor berarti semakin bagus peluang bisnis tersebut. “Dari awal kami buka saya sadar bukan pionir, namun meski bukan pionir dan pelakunya sudah banyak, tapi tidak mengurangi konsumen saya sedikitpun,” ujarnya.

Adapun untuk mengatasi persaingan yang ada, Yudi mengaku selalu mencoba berinovasi menu-menu baru bagi para konsumennya namun tetap menjaga cita rasanya. Sedangkan cara berikutnya dengan memberikan servis yang baik serta profesional untuk selalu mendapatkan kepercayaan dari para pelanggan. 

Info lebih lanjut mengenai usaha healthy food catering ini, hubungi:

QCHEN DIET CATERING
Jl. Praja Dalam K4 No. 17, RT 007, RW 012
Kebayoran Lama Jakarta Selatan
WA: 081288618765 / 082221939222
Line : juragankece
Bbm : 54502922 & 5F6435CE
IG : qchendietcatering

Baca juga:

Leave a Reply