Produk Pembersih Neotech ~ Usaha Sabun Curah Rumahan, Omset Hingga 100 Juta per Bulan

Kondisi ekonomi yang sedang sulit seperti sekarang mendorong masyarakat lebih berhemat termasuk dalam penggunaan produk pembersih. Karena itu tidak heran usaha sabun curah rumahan dengan brand Neotech yang dirintis Musawir Halim terus berkembang. Kini ia memiliki puluhan mitra dengan omset hingga Rp 100 juta tiap bulan. Seperti apa produk pembersih yang harganya lebih murah 45% dari pembersih kemasan yang ada di pasaran saat ini?

Awal Mula Usaha Sabun Curah Rumahan Neotech

Kebutuhan akan produk pembersih yang gak ada matinya menarik minat Musawir Halim memproduksi sabun curah skala rumahan tiga tahun lalu. Demi mewujudkan keinginannya ia rela meninggalkan pekerjaannya sebagai e-commerce eksekutif di salah satu perusahaan jasa pengiriman.

Pria yang pernah gagal menjalankan usaha rumah makan ini mengatakan, pilihannya untuk terjun ke usaha pembersih curah skala rumahan berawal saat ia bertemu sahabat yang bekerja di salah satu perusahaan customer good di Jawa Barat. Dari pertemuan itu, Musawir diajarkan tentang bagaimana cara membuat sabun curah mulai dari bahan baku dan cara membuatnya. Tidak tanggung-tanggung, untuk bisa menguasai cara membuat sabun curah Musawir membutuhkan waktu sekitar 6 bulan. “Saya belajar membuat sabun yang pas sehingga aman untuk digunakan masyarakat,” terangnya.

Setelah mendapatkan ilmu yang cukup, pria 46 tahun ini memutuskan untuk membuat sabun curah sendiri. Tepatnya pada tahun 2013 lalu dengan bermodalkan Rp 4,5 juta, Musawir memutuskan untuk memulai usahanya dengan nama sabun curah Neotech. Modal tersebut digunakan untuk membeli berbagai bahan baku dan peralatan usaha. Sedangkan untuk tempat produksi, Musawir menggunakan halaman belakang rumahnya.

Sabun Curah Neotech: Murah dan Berkualitas

Tujuan Musawir memproduksi pembersih curah karena ingin memberikan produk pembersih yang murah mendapatkan sambutan baik dari konsumen. Apalagi dengan pilihan pembersih yang bisa dibilang lengkap membuat usaha yang dijalankannya bisa berkembang pesat dalam tiga tahun belakangan.

Produk Pembersih Neotech ~ Usaha Sabun Curah Rumahan, Omset Hingga 100 Juta per Bulan

Beberapa jenis pembersih yang ditawarkan lulusan S1 Sekolah Tinggi Manajemen Informatika Komputer Makassar ini diantaranya Detergen Perfume, Deterjen Laundry, Detergen Liquid, Detergen Regular, Softener Ultra, Softener Regular, Pelicin Pakaian, Penghilang Noda Pakaian, Perfume Laundry, Floor Cleaner, Karbol, Pembersih Kramik, Pembersih Kaca, Sabun Cream Lemon dan masih banyak lagi yang lainnya.

“Selain memproduksi pembersih curah industri dan rumah tangga, kami juga memproduksi pembersih curah untuk kendaraan pribadi seperti sabun mobil, dan semir ban, “ ungkap pria asli Makassar ini.

Berbicara soal harga, Musawir menjual produknya lebih murah 45% dari produk pembersih kemasan yang ada di pasaran. Beberapa harga jual produk pembersih yang ditawarkan antara lain Detergen Liquid kualitas A Rp 13,000, Detergen 3in1 Rp 14,500 softerner Rp 9,500, Pelicin A Rp 10,500, Pembersih Lantai Rp 9,000, Carbol Rp 8,000 dan lain sebagainya. “Contohnya untuk detergen pabrikan yang di pasaran dijual dengan harga Rp 16 ribu/kg, kita bisa menjualnya dengan harga Rp 8 ribu/kg,” ungkapnya.

Kunci Musawir menekan harga adalah menjual sabun curah dalam kemasan detergen 5 liter dan 10 liter. Karena itu segmentasi utamanya adalah perusahaan, catering, rumah makan, hotel dan lainnya. Walaupun harga yang ditawarkan jauh dibawah pembersih berkemasan, Musawir tidak mengurangi kualitas produknya. Dengan memadukan bahan baku lokal dan impor, Musawir memberikan jaminan bahwa produk Neotech sama dengan yang lain dan juga aman untuk digunakan.

Peluang Usaha Keagenan

Berbagai proses pemasaran dilakukan Musawir untuk mempromosikan usahanya. Mulai dari pemasaran langsung ke beberapa perusahaan, instansi pemerintahan dan juga usaha laundry, serta menggunakan media online. “Pemasaran langsung lebih efektif karena bisa menjelaskan secara lengkap pada konsumen dan meningkatkan rasa emosional dengan para konsumen,” terangnya.

Untuk lebih mendekatkan produk Neotech pada masyarakat dan agar tidak kalah dengan produk sejenis yang membuka kerja sama pada masyarakat umum, Musawir menawarkan paket keagenan murah. Syarat yang ditetapkan cukup simple, yaitu calon Agen akan mendapatkan potongan harga khusus berdasarkan minimal pembelian yang dilakukan.

Ada tiga paket yang ditawarkan, pertama pembelian minimal Rp 2 juta maka mitra akan mendapatkan potongan harga 10%, pembelian awal Rp 5 juta potongan harga yang diberikan 15% dan pembelian minimal Rp 20 juta mitra akan mendapat potongan harga 20%.

Untuk jumlah produk yang didapat bervariasi tergantung keinginan konsumen atau produk yang banyak diminati oleh pasar. “Mitra akan mendapatkan keistimewaan baik dalam hal area penjualan baik kota, kabupaten dan keresidenan,” jelasnya. Saat ini Musawir sudah memiliki 30 orang mitra yang tersebar di seluruh Indonesia dengan omset mencapai Rp 50 juta – Rp 100 juta.

Prospek dan Kendala Usaha

Diiakui Musawir prospek usahanya ini diakui sangat menjanjikan, seperti diungkapkan di atas jika produk pembersih ini sudah menjadi kebutuhan pokok masyarakat. Tak cuma itu, hal lain yang mmbuat usaha ini menjanjikan dapat dilihat pada masa depan dari usaha ini yang masih sangat luas dengan persaingan yang tak terlalu ketat.

Adapun untuk kendala dari usaha yang digelutinya ini, diakui Musawir terletak pada sulitnya mencari sumber daya manusia atau pekerja yang terampil, adapun untuk masalah yang kedua terletak pada turunnya harga rupiah terhadap dolar yang terjadi pada saat ini. “Kebetulan sebagian bahan baku kita impor, nah karena impor itu harganya pun sewaktu-waktu dapat berubah mengikuti harga dolar,” ungkapnya. 

Info lebih lanjut tentang usaha sabun curah rumahan ini, hubungi:

Pembersih Curah Neotech
Jl. Raya Trans Yogi, Legenda Wisata, Zona Picasso K19/22
Cibubur, Cileungsi
Telp / HP : 0823 2888 1770
Pin BB : 548ADAF6
Email : musawwir.halim@yahoo.co.id
Web : https://deterjenlaundryjakarta.wordpress.com

Baca juga:

3 thoughts on “Produk Pembersih Neotech ~ Usaha Sabun Curah Rumahan, Omset Hingga 100 Juta per Bulan

Leave a Reply