Peluang Usaha Yg Menguntungkan Dengan Menjadi Mitra Usaha Jasa Kurir Eposs

Memiliki banyak pengalaman di dunia kerja, memberikan segudang manfaat bagi Amiruddin dalam mengembangkan usaha. Lihat saja, dengan mengedepankan service excellent pada para pelanggannya, mantan supir taksi dan karyawan outsourcing ini sukses mengembangkan usaha jasa kurir Eposs. Ingin memberikan pelayanan maksimal, Amir pun menawarkan berbagai usaha jasa. Tak ayal pebisnis jasa kurir plus-plus ini telah memiliki ratusan mitra usaha. Seperti apa usaha jasa kurir Eposs ini?

Awal Usaha Jasa Kurir “Eposs”

Bisa dibilang hampir semua orang ingin menjadi pengusaha, begitu juga dengan Amiruddin yang memiliki cita-cita menjadi pengusaha sejak masih kanak-kanak. Maklum Amir dibesarkan di keluarga pedagang di mana waktu kedua orangtuanya banyak dihabiskan bersama keluarga di tengah kesibukannya membuka usaha kelontong di salah satu pasar di Jakarta Utara.

Keputusan Amir untuk menjalankan bisnis semakin kuat ketika suami dari Herning Wijayanti sempat merasakan sulitnya menjadi pekerja yang harus bisa membagi waktu antara pekerjaan dengan keluarga. Karena itu dengan belajar dari beberapa pengalamannya bekerja di berbagai perusahaan jasa Amir memutuskan untuk membangun bisnisnya khususnya di bidang usaha jasa kurir.

Bicara soal menjadi pegawai, bisa dibilang Amir memiliki pengalaman segudang. Berbagai pekerjaan pernah dilakoninya mulai dari Accounting Staff KOPKAR Unilever, Ground Handling di PT. Sempati Air, Taxi Driver Bluebird selama 5 tahun hingga Staf Marketing di salah satu perbankan.

Dari berbagai usaha yang ada, Amir mengaku memilih bisnis jasa kurir karena prospek usaha ini sangat menjanjikan. Dengan modal Rp 10 juta, Amir yang saat itu masih bekerja di salah satu bank mencoba peruntungan dengan menjadi agen jasa kurir ternama.

Peluang Usaha Jasa Kurir Yg Menguntungkan Dengan Menjadi Mitra Usaha Eposs

Dengan mengutamakan pelayanan bagi konsumen, usaha jasa kurir yang dirintis sejak April 2009 ini terus berkembang. Berbagai respons positif diberikan konsumen di awal usaha jasa kurir yang diberi nama Eposs ini. Paling tidak 10-50 paket bisa dikirimkan tiap harinya.

Usaha Berkembang

Jasa kurir Eposs menawarkan berbagai jasa pengiriman. Mulai dari pengiriman sampai di hari yang sama (Sameday Service) yang berlaku di wilayah Jabodetabek, kiriman sampai dalam 1 malam (one night service), hingga pengiriman reguler ke seluruh kota di Indonesia.

Amir mengaku tarif jasa pengiriman kurir Eposs sangat terjangkau. Untuk tariff reguler yang bisa sampai di hari yang sama untuk wilayah Jakarta, konsumen hanya dikenakan biaya Rp 6.500 per kg. Selain murah, produk atau barang yang dikirimkan juga bervariasi mulai dari berbagai macam barang, parcel, undangan, hingga dokumen.

Bagi Amir, kepuasan pelanggan adalah prioritasnya. Karena itu, selain bekerja sama dengan perusahaan jasa pengiriman besar dan PT. KAI untuk pengiriman luar Jakarta dan luar kota, saat ini untuk pengiriman di wilayah Jabodetabek Eposs Kurir juga didukung 15 armada sepeda motor yang siap mengantarkan paket kiriman konsumen.

Untuk memberikan pelayanan lebih bagi konsumen, Amir juga memberikan garansi chasback 2 kali lipat ongkir apabila barang yang dikirimkan tidak sampai pada waktu yang ditetapkan. Dalam satu hari, paling tidak Amir bisa mendapatkan omset Rp 500 ribu-Rp 1 juta dari jasa kurir yang ditawarkan atau sekitar Rp 15-30 juta sebulan.

Sadar dengan persaingan usaha jasa kurir dan ekspedisi yang semakin ketat sedangkan jasa yang ditawarkan hampir sama, beberapa bulan setelah usahanya berjalan Amir memutuskan untuk menggabungkan usaha jasa kurirnya dengan berbagai usaha jasa yang ada. Bisa dibilang bisnis kurir Eposs adalah usaha jasa plus-plus. Amir mengatakan Eposs melayani jasa pembayaran (Payment Point), Transfer & Pengiriman Uang, Pinjaman Dana Tunai. Tak hanya itu, Eposs juga melayani jasa Perpanjang STNK, Mutasi, Balik Nama hingga Jasa Perpanjang & Pembuatan Pasport.

Modal Usaha Franchise Jasa Kurir “Eposs”

Agar memperluas jaringan ushanya, Eposs membuka kerjasama bisnis jasa kurir pada tahun 2010. Amir mengatakan, hal yang menarik dalam kerja sama ini ialah dengan investasi mulai dari Rp 3 juta hingga 45 juta.

Untuk investasi Rp 3 juta mitra usaha hanya akan mendapatkan sistem usaha dan bisa menjalankan usaha sendiri, sedangkan untuk Rp 45 juta mitra usaha akan mendapatkan dukungan penuh dari pusat mulai dari sistem, peralatan usaha dan sebagainya. Dengan sistem kerja sama ini mitra usaha akan mendapatkan bagi hasil sebesar 60% dari keuntungan per bulannya.

Dengan margin transaksi untuk usaha jasa kurir sebesar 20%-25% dan untuk jasa lain bisa mencapai sekitar 50%, Amir mengasumsikan mitra bisa balik modal dalam waktu sekitar 6 bulan usaha. Saat ini Eposs sudah memiliki 100 jaringan Mitra yang tersebar di Jabodetabek.

Kendala Usaha

Setiap usaha pastilah menemui kendala, begitu juga dengan Amir. Menurutnya, kendala SDM bila tidak ditanggulangi dengan baik akan mengganggu perjalanan usaha. Karena itu, pelatihan SDM mutlak diperlukan dan yang juga sangat pentinga adalah memperhatikan kesejahteraan mereka agar tetap loyal dan memiliki komitmen yang tinggi dengan pekerjaannya.

Info lebih lanjut peluang usaha jasa pengiriman ini, hubungi :

Eposs Bisnis Center
Jl. Peninggaran Raya Kebayoran Lama Jakarta Selatan
Tlp : 081281123471
Website : www.geraieposs.com

Baca juga:

Leave a Reply