Peluang Usaha Yang Menguntungkan Dengan Menjadi Agen Bisnis Fashion Anak Andira House

Mengedepankan eksklusivitas desain dan ciri khas kata-kata motivasi pada setiap kaus buatannya, Andina Utami dan Rae Sumerlin Hasibuan, mampu membangun jaringan pemasaran bisnis fashion penjualan kaus anak hingga ke seluruh Indonesia. Bahkan setiap bulan, mereka mampu memproduksi hingga 3.000 pieces kaus, yang semuanya ludes terjual. Seperti apa peluang usaha yang menguntungkan dengan bisnis fashion anak Andira House ini?

Awal Bisnis Fashion Anak “Andira House”

Berkecimpung di dunia fashion memang mampu memberikan keuntungan tersendiri bagi pelaku usahanya. Sebagai salah satu produk kebutuhan utama manusia, menjadikan produk bisnis fashion laris manis diburu masyarakat, baik dari bayi, anak-anak, remaja, hingga orang dewasa. Hal inilah yang membuat pasangan suami istri Andina Utami dan Rae Sumerlin Hasibuan mantap membangun bisnis fashion tiga tahun lalu.

Namun keduanya merasakan, bisnis di bidang fashion sarat akan persaingan. Oleh karena itu pasangan ini pun mencoba mencari celah usaha yang banyak peminat namun bissa menembus persaingan yang semakin ketat. Dari survei lapangan, akhirnya diputuskan untuk terjun dalam bisnis fashion anak karena lebih bervariasi dan banyak diminati.

Awalnya Andin dan Rae memulai bisnis fashion anak dengan menjadi penjual. Dengan modal Rp 500 ribu, mereka membeli baju-baju anak di pasar grosir pakaian, seperti Pasar Tanah Abang, yang kemudian dijual ke saudara, tetangga, dan teman-teman. Seiring berjalannya waktu, usaha keduanya mulai berkembang. Dari sanalah Andin dan Rae mencoba untuk menjalankan bisnis fashion anak dengan memproduksi sendiri.

Saat itu masih di tahun yang sama, yakni 2011, keduanya menggelotorkan modal tambahan hingga Rp 1,5 juta yang digunakan untuk membeli bahan baku dan ongkos penjahit. Desain yang dibuat berdasarkan pada karakter-karakter tokoh idola anak-anak yang lagi booming. Dengan mengusung slogan ‘Casual, Comfort, and Trendy’, kaus anak produksi pasangan ini dibuat nyaman dan selalu mengikuti tren saat ini, dengan brand Andira House.

Peluang Usaha Yang Menguntungkan Dengan Menjadi Agen Bisnis Fashion Anak Andira House

Model dan Harga Kaus Anak Andira House

Andira Housee selalu memunculkan konsep eksklusif dalam setiap produk kaus anak, dalam artian setiap model diproduksi dengan jumlah terbatas. Misalnya satu desain gambar, hanya mengeluarkan 1-2 lusin produk, dengan warna yang berbeda. Bahkan, untuk membuat banyak pilihan desain kaus anak, dalam seminggu ia bisa mengeluarkan 12 desain baru, dengan model baju yang berbeda.

Ada tujuh model baju ala Andira House yang dibagi menjadi tiga model kaus anak laki-laki dengan desain lengan pendek polos, lengan pendek strip, dan raglan (lengan 7/8) serta empat model kaus khusus anak perempuan lengan panjang polos, lengan panjang sambung, lengan pendek strip, dan raglan. Desain keseluruhan kaus, sama seperti kaus-kaus distro kebanyakan.

Ukuran kaus yang ditawarkan Andira House mulai dari S, M, L, dan XL khusus anak, dengan cakupan usia antara 2-10 tahun. Dari segi harga, berkisar Rp 35 ribu-Rp 45 ribu per pcs untuk ukuran kecil, dan Rp 50 ribu – RP 70 ribu untuk kaus anak ukuran besar. Dalam sebulan Andira dan Rae mampu menjual 3 ribu pieces kaus anak berbagai model dan desain. Saat ini hingga beberapa bulan mendatang, menurut keduanya desain yang paling banyak diminati saat ini adalah kaus anak dengan desain karakter Frozen, yang mendominasi penjualan hinga 50% dari total produk.

Kata Motivasi

Yang menjadi ciri khas dari kaus anak buatan Andin dan Rae adanya sisipan pesan positif anak yang digabungkan dengan karakter tokoh kartun idola anak tersebut. Misalnya pada kaus desain Frozen, selain gambar Frozen dihiasi pula dengan kata-kata ‘Best Sister’. Jadi ada penggambaran juga kata-kata kalau di film Frozen tersebut Anna dan Elsa adalah kakak beradik yang saling menyayangi. Kata-kata motivasi yang diterapkannya dalam semua kaus, diharapkan mampu mendorong anak pemakai kaus buatannya menjadi anak yang lebih baik dan pintar.

Ide desain kaus buatan Andin dan Rae setiap minggu, didapatkan dari seringnya update tayangan televisi serial anak hingga browsing di internet. Bahkan mereka tidak pernah ragu bertanya kepada anak-anak di lingkungan sekitar ataupun konsumen, tentang tren terbaru tokoh karakter yang booming di kalangan anak-anak. Inovasi desain baju anak ini dilakukan terus sebagai langkah efektif menekan kebosanan konsumen. Ke depan, prediksi Andin dan Rae, karakter yang akan booming adalah karakter dalam tokoh kartun Big Hero 10 dan Doraemon yang sedang ramai ditayangkan di bioskop filmnya. Kelebihan produk Andi dan Rae buat dibanding produk lain terlihat dari pemilihan bahan yang digunakan Andira House memilih bahan katun combed yang menyerap keringat. Selain itu sablon yang digunakan juga awet dan tahan lama, dan yang pasti harga yang diberikan sangat bersahabat. Itu pula salah satu daya tarik kaus produksi Andira House, kaus kualitas yang bagus dengan harga yang terjangkau.

Jasa Makloon

Dari awal usaha hingga saat ini, Andi dan Rae menggunakan jasa konveksi dalam memproduksi ribuan kaus anak. Selain itu, dengan menggunakan jasa makloon, mereka bisa lebih fokus dalam promosi dan pemasaran. Mengenai tempat koveksi, mereka menggunakan jasa penjahit di dekat lingkungannya yang terbukti mampu menghasilkan produk berkualitas.

Meskipun menyerahkan semua proses produksinya mulai dari penjahitan kaus dan sablon desain kaus ke pihak makloon, namun dalam hal pencarian bahan baku serta ide desain, semuanya dikerjakan langsung oleh mereka. Alasan tetap mengontrol bahan baku dan desain, menurut Andin, merekalah yang tahu pasar, sehingga bisa melihat peluang-peluang baik dalam usahanya.

Bahan baku yang digunakan adalah bahan katun combed 30s, yang memang sudah terkenal berkualitas dan banyak digunakan pelaku usaha sekelas distro. Bahan baku kain tersebut dibeli langsung dari supplier di Pasar Tanah Abang. Dalam anggaran yang digelontorkan untuk bahan baku sekitar Rp 30 juta hingga Rp 40 juta. Sedangkan untuk teknik penyablonan, masih menggunakan teknik manual. Menurut Raem dengan sablon manual akan mendapatkan warana yang cerah dan tidak mudah luntur. Biaya makloon berkisar Rp 15 ribu sampai Rp 20 ribu per kaus.

Dalam menjalankan usaha ini Andi dan Rae dibantu oleh empat karyawan, yang bertugas membuat desain baju, bagian gudang, dan karyawan toko. Masing-masing pekerja digaji Rp 1,5 juta per bulan, bahkan mereka kerap memberi bonus tambahan bila kinerja pegawai dinilai baik.

Peluang Menjadi Agen Usaha Kaus Anak Andira House

Andi dan Rae masih tetap fokus berpromosi dengan cara konvensional, yakni dari mulut ke mulut. Awalnya mereka hanya menawarkan kepada teman dan saudara, kemudian berkembang hingga saat ini memiliki puluhan agen yang tersebar di Indonesia.

Mengenai sistem keagenan, Andin tidak menerapkan syarat yang sulit. Dengan modal Rp 2 juta setiap bulan, maka sudah bisa menjadi agen. Keuntungan menjadi agen Andira house, akan mendapatkan potongan harga 30% dan selalu di-support setiap mengadakan pameran. Selain itu Andi dan Rae juga memberlakukan proteksi area, mereka menyeleksi agen yang ingin bergabung agar agen-agennya berkembang, dalam satu lokasi biasanya diberlakukan hanya satu agen. Tetapi satu agen bisa memegang lebih dari satu lokasi, dengan syarat belum ada agen di lokasi yang sama.
Banyaknya permintaan yang berdatangan membuat Andi dan Rae tidak membuka jaringan pemasaran online. Untuk pembelian eceran, ia melayaninya di toko retail Andira House di ITC Depok, yang disewanya Rp 27 juta per tahun. Dari usaha ini, Andin dan Rae mampu meraup omset yang cukup menggiurkan, sebesar Rp 200 juta per bulan, dengan keuntungan di atas 50 persen.

Info lebih lanjut mengenai peluang usaha fashion yang menguntungkan ini, hubungi :

Andira House
Komplek Pesantren Baitul Quran No. 159. Rt 01/11. Tugu, Kelapa Dua, Cimanggis, Depok.
Gerai : ITC Depok Lantai 1 Blok B No. 106

Baca juga:

Leave a Reply