Peluang Usaha Waralaba Mie Ayam Bersama Bigmama Chicken Noodle ~ Investasi Rp 1,5 – 5,5 Juta

Mie merupakan salah satu bahan makanan pengganti nasi yang banyak disukai masyarakat, tak terkecuali mie ayam. Bagi Anda yang sedang mencari peluang usaha, tak salah bila memilih mie ayam sebagai usaha yang menjanjikan. Bigmama Chicken Noodle salah satu brand mie ayam yang menawarkan kerja sama kemitraan dengan investasi terjangkau dan mudah dijalankan sehingga cocok bagi Anda pekerja kantoran. Dengan bahan baku disediakan per porsi membuat Anda bisa mengontrol usaha meski usaha dijalankan orang lain. Bagaimana cara menjadi mitra usaha waralaba mie ayam ini?

Awal Peluang Usaha Waralaba Mie Ayam “Bigmama Chicken Noodle”

Maraknya tindak kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) yang dialami perempuan membuat Maria Goreti Kadimazu Dara merasa terpanggil untuk melakukan sesuatu bagi wanita Indonesia. Maria, sapaan akrabnya, ingin mendirikan usaha dengan modal terbatas yang bisa dijalankan oleh wanita Indonesia agar memiliki penghasilan sendiri.

Berbekal resep keluarga yang telah dimodifikasi, Maria membuka usaha mie ayam dengan brand Bigmama Chicken Noodle pada Februari 2014. Saat itu, modal yang dikeluarkan Maria sekitar Rp 2 juta yang digunakan untuk sewa tempat, membeli peralatan memasak, bahan baku, dan perlengkapan usaha lainnya.

Tidak disangka, Bigmama Chicken Noodle mendapat respons positif dari siswa yang membuat Maria semakin optimis mengembangkan Bigmama Chicken Noodle lewat jalur kerja sama kemitraan. Sebagai persiapan, Maria melakukan sejumlah persiapan seperti membuat SOP (standard operating procedure), namun hingga saat ini Bigmama Chicken Noodle belum memiliki perizinan apapun.

Kini Bigmama Chicken Noodle telah memiliki 2 cabang dan 6 Mitra yang terletak di Jakarta, Bekasi, dan Depok, Jawa Barat. Sayang karena kesibukan Maria yang saat itu masih berstatus sebagai pengajar di sekolah internasional tersebut, Maria mengakui kurang fokus memperhatikan mitra usahanya, akibatnya hanya 3 mitra usaha saja yang aktif.

Peluang Usaha Waralaba Mie Ayam Bersama Bigmama Chicken Noodle ~ Investasi Rp 1,5 – 5,5 Juta

Agar lebih fokus mengurus mitra usaha, Maria memutuskan untuk resign dari pekerjaannya dan memilih untuk mengembangkan Bigmama Chicken Noodle. Hasilnya kini semua mitra usaha kembali aktif berjualan, bahkan dalam waktu dekat ini sudah ada beberapa mitra usaha yang siap bergabung membuka gerai Bigmama Chicken Noodle.

Bigmama Chicken Noodle Tawarkan Varian Rasa Mie Ayam

Salah satu kelebihan Bigmama Chicken Noodle dibanding mie ayam pada umumnya adalah banyaknya varian rasa yang ditawarkan. Jika umumnya pelaku usaha mie ayam hanya menjual mie ayam original, berbeda dengan Bigmama Chicken Noodle yang menawarkan 3 varian rasa yaitu Mie Ayam Original, Mie Ayam Rica-Rica, dan Mie Ayam Lada Hitam.

Selain itu semua bahan yang digunakan Bigmama Chicken Noodle seperti mie, topping ayam, hingga sambal semua dibuat sendiri oleh Maria sehingga lebih terjamin kualitas dan kehigienisannya. Maria mengaku menggunakan bahan baku berkualitas dengan merek ternama dan tidak menggunakan bahan pengawet sehingga aman dikonsumsi.

Harga yang ditawarkan juga relatif terjangkau yaitu sebesar Rp 15-17 ribu/porsi. Dengan rasa yang berkualitas dan harga yang terjangkau wajar bila Maria mengaku mampu menjual rata-rata 40-50 porsi/hari dengan omset sekitar Rp400-600 ribu/hari.

Modal Usaha Waralaba Bigmama Chicken Noodle

Bagi Anda karyawaan yang ingin memiliki usaha sampingan namun terkendala modal tidak perlu khawatir, pasalnya Bigmama Chicken Noodle menawarkan 2 pilihan investasi yang terjangkau yaitu Paket Rp 1,5 juta, dan Paket Rp 5,5 juta. Untuk Paket Rp 1,5 juta diperuntukkan bagi mitra usaha yang ingin membuka gerai di depan pekarangan rumahnya dan hanya mendapatkan bahan baku senilai Rp 500 ribu, serta media promosi berupa brosur dan spanduk.

Sedangkan untuk paket Rp5,5 juta mitra usaha mendapatkan gerobak, peralatan memasak, bahan baku awal, serta media promosi. Semua pilihan paket investasi tersebut belum termasuk sewa tempat dan berlaku untuk kontrak kerja selamanya. Menariknya lagi Terwaralaba juga tidak dikenakan royalty fee setiap bulannya, sehingga semua keuntungan menjadi milik Terwaralaba sepenuhnya.

Namun untuk menyeragamkan rasa Terwaralaba diwajibkan membeli bahan baku seharga Rp 8-10 ribu/porsi tergantung kuantitas yang dipesan. Harga tersebut sudah lengkap mulai dari mie, topping ayam, hinga sambal, sehingga mitra usaha hanya tinggal merebus mienya saja. Dengan begitu menurut Maria akan memudahkan mitra usaha dalam mengontrol stok bahan baku dan menghitung penjualan.

Buyback Guaranty

Karena investasinya terjangkau Maria optimis mitra usaha Bigmama Chicken Noodle bisa balik modal cepat. Berdasarkan pengalaman mitra usaha yang sudah bergabung rata-rata bisa balik modal dalam 2-6 bulan. Dengan target penjualan 30 porsi/hari maka mitra usaha diprediksi mampu meraup omset sekitar RP 10 juta/bulan, mitra usahaa akan mendapatkan keuntungan bersih sebesar Rp 3 juta/bulan atau 30% dari omset.
Yang menarik Maria memberikan garansi pembelian kembali jika Mitra tidak bisa balik modal maksimal dalam 6 bulan.

Untuk mencapai target balik modal tersebut Maria menyarankan mitra usaha membuka gerai di lokasi yang strategis seperti perumahan padat penduduk, dekat perkantoran, kantin sekolah, terminal bus, hingga stasiun kereta. Sebelumnya Maria akan melakukan survei lokasi yang diajukan oleh mitra usaha, jika lokasi tersebut dirasa kurang cocok maka Maria akan menyarankan mitra usaha mencari lokasi lain.

Kendala dan Promosi Usaha

Disinggung soal kendala Maria mengaku tidak mengalami kendala yang berarti, kendala yang kerap dialami adalah masalah sulitnya mencari SDM yang loyal serta mitra usaha yang ingin cepat untung besar dengan cara mengurangi takaran bumbu. Solusinya Maria melakukan edukasi padam mitra usaha agar jangan mengurangi takaran bumbu karena akan mengurangi kualitas rasa.

Maria sadar Bigmama Chicken Noodle masih seumur jagung,untuk itu Maria gencar melakukan promosi seperti menyebar brosur, promosi dari mulut ke mulur, hingga aktif di media sosial. Bahkan untuk mendongkrak omset penjualan Maria memberikan free delivery bagi warga sekitar dengan minimum pembelian.

Bagaimana Anda tertarik menjadi mitra usaha waralaba mie ayam ini? Info lebih lanjut hubungi:

Bigmama Chicken Noodle
Perum Harapan Baru, Taman Bunga Blok C7 No.8 Depok, Jawa Barat
Telp : 081284942874, 087878815390

Baca juga:

Leave a Reply