Peluang Usaha Franchise Cendol “Cendolsin”, Usaha Dengan Modal Kecil Cepat Balik Modal

Tampil beda adalah modal utama Arie Adrian bersama sang istri Lusiana untuk sukses mengembangkan usaha. Walaupun hanya berjualan cendol, namun mengusung cendol sehat tanpa 3P (pengawet, pewarna, perasa) dan 9 varian rasa yang unik dan menggugah selera membuat usaha yang baru berjalan kurang lebih 1 tahun ini bisa berkembang. Melalui peluang kerja sama yang ditawarkan kini Cendolsin (Cendol Sehat Indonesia) sudah memiliki 74 mitra yang tersebar di seluruh Indonesia. Seperti apa usaha franchise cendol dengan modal kecil cepat balik modal ini?

Awal Usaha Franchise Cendol “Cendolsin”

Siapa yang tidak mengenal cendol? Minuman manis dan menyegarkan ini memang menjadi salah satu pilihan ketika cuaca panas dan terik seperti saat ini. Namun siapa sangka, cendol yang sudah familiar di masyarakat dengan tambahan gula kelapa dan santan yang membuatnya enak, dibuat berbeda oleh Arie Adrian.

Di tangan pria yang akrab disapa Arie ini berbagai bahan utama yang biasa ditemukan pada es cendol dibuat berbeda agar lebih sehat dan memiliki cita rasa yang unik. Dengan modal sekitar Rp 6 juta, Arie mulai merintis usaha es cendolnya pada Desember 2014.

Walau di awal usaha es cendolnya masuk pada musim hujan , namun cendol sehat yang diberi nama Cendolsin yang diambil dari panggilan sang buah hati Sin-Sin ini mendapatkan respons yang baik dari masyarakat sekitar. Hal tersebut bisa dilihat dengan banyaknya pembeli yang datang hingga dalam satu hari Arie bisa menjual 150-200 gelas cendol. Karena itu tidak heran bila dalam waktu kurang dari dua Minggu Arie sudah bisa balik modal.

Cendolsin Tanpa 3P

Kekuatan es cendol buatan Arie terletak pada slogan cendol sehat yang sudah dikenal masyarakat. Dengan konspe tanpa 3P (Pengawet, Pewarna dan Perasa), Arie mencoba mengganti semua bahan baku yang tidak mengandung unsur kesehatan pada es cendol konvensional. Seperti misalnya penggunaan daun suji dan pandan sebagai pewarna, susu UHT sebagai pengganti santan agar aman dikonsumsi semua usia mulai dari anak-anak hingga orang dewasa dan penggunaan gula aren sebagai pemanisnya.

Peluang Usaha Franchise Cendol "Cendolsin", Usaha Dengan Modal Kecil Cepat Balik Modal

Cendol buatan Arie dan Lusi juga memiliki tekstur yang kenyal namun tetap lembut. Karena Arie dan Lusi menggunakan dua jenis tepung, yakni tepung beras dan tepung sagu. Tepung beras sebagai bahan utama berfungsi menghasilkan tekstur padat, sedangkan tepung sagu bisa menciptakan sensasi kenyal saat dikunyah. Tak seperti cendol pada umumnya yang cenderung hambar atau tanpa rasa, cendol racikan Arie dan Lusi memiliki rasa sedikit manis dan gurih. Karena di dalam adonan cendol sengaja ditambahkan sedikit garam dan gula pasir.

Keunggulan lain yang coba ditawarkan ialah varian rasa cendol. Selain cendol original, Cendolsin juga menawarkan 8 varian rasa lain yaitu Cendol Strawberry, Cendol Mangga, Cendol melon, Cendol Alpukat, Cendol Duren, Cendol Ketan Hitam, Cendol Keju dan Cendol Jahe. Tiap varian rasa dapat dikombinasikan dengan berbagai macam pilihan toping antara lain biscuit oreo, keju, pisang, durian dan tapai.

Masalah harga bukanlah masalah, pasalnya harga yang ditawawrkan Cendolsin cukup terjangkau, berkisar dari Rp 8 ribu untuk cendol original hingga Rp 13 ribu per gelas untuk cendol durian. Bila ingin ditambahkan topping konsumen akan dikenakan biaya tambahan sekitar Rp 3 ribu per item topping.

Konsep Indoor dan Outdoor

Melihat respons positif dari masyarakat dan banyaknya permintaan untuk kerja sama, membuat Arie mencoba membuat konsep kerja sama. Setelah semua dianggap siap mulai dari dukungan produksi dan perizinan yang ada maka pada Februari 2015 Arie memutuskan untuk membuka peluang kerja sama usaha franchise cendol-nya.

Ada dua konsep kerja sama yang dibedakan dari penempatan booth Cendolsin yaitu indoor maupun outdoor. Untuk konsep indoor investasi yang dibutuhkan sebesar Rp 8 juta, sedangkan outdoor sebesar Rp 9 juta. Yang membedakan kedua konsep tersebut hanya pada penambahan tenda eksklusif untuk booth Cendolsin outdoor. Sedangkan untuk peralatan serta bahan baku pendukungnya sama, yaitu mitra usaha akan mendapatkan booth, peralatan beserta bahan baku awal usaha.

Dalam kerja sama yang ditawarkan. Arie tidak meminta royalty fee maupun fee lain dari mitra usaha. Mitra usaha hanya diwajibkan membeli bahan baku utama seperti bahan cendol, gula aren dan juga gelas dengan minimal order terutama untuk luar kota sebanyak 30 kg. Sedangkan untuk bahan lain bisa dibeli sendiri oleh mitra usaha. Bahkan untuk pembelian minimal tersebut nantinya mitra usaha akan diberikan diskon sebesar 10%.

Usaha Franchise Modal Kecil Cepat Balik Modal

Berbekal pengalaman dalam memasarkan Cendolsin, Arie memberikan asumsi balik modal mitra usaha franchise cendol-nya sekitar 2,5 hingga 4 bulan. Balik modal tersebut bisa dicapai dengan asumsi penjualan 30 gelas per hari. Bahkan dengan berbagai kelebihan yang ditawarkan dan keuntungan bersih yang didapat sebesar 50% membuat banyak mitra usaha yang bisa balik modal lebih cepat. Seperti misalnya ,mitra usaha yang ada di Kelapa Gading, Tangerang dan Manado bisa balik modal dalam waktu sekitar 18 hari.

Kurang dari 1 tahun membangun usaha franchise cendol-nya, saat ini Arie sudah memiliki 4 cabang milik pribadi yang terletak di Jatinegara Timur, Pasar Jatinegara, Asem Baris dan Cipinang serta 74 Mitra yang tersebar di Jabodetabek, Samarinda, Makasar, Manado, Medan, Lampung dan beberapa daerah lainnya.

Kendala Usaha

Berbeda dengan kebanyakan pelaku usaha es yang sangat khawatir dengan kendala cuaca, Arie tidak terlalu memikirkan hal tersebut. Karena musim hujan yang dirasakan ketika awal merintis usaha tidak terlalu berpengaruh pada pendapatan yang didapat bahkan Arie bisa mendapatkan respons yang baik dari masyarakat.

Kendala yang dirasakan Arie ialah hal daya tahan cendolnya. Karena tidak menggunakan bahan pengawet cendol hanya bisa bertahan tiga hari. Namun bila di simpan di tempat dengan suhu yang pas seperti di dalam termos, cendol bisa bertahan lebih lama. Karena itu, pria yang memegang teguh prinsip jujur, kerja keras dan pantang menyerah saat menjalankan usaha ini, selalu mewanti-wanti mitra usaha untuk bisa memperkirakan kapan bahan baku habis dan selalu menyimpan bahan baku di tempat yang benar.

Info lebih lanjut mengenai peluang usaha waralaba minuman ini, hubungi :

Cendolsin
Jl. Jatinegara Timur No. 34, Jakarta Timur
Website : www.cendolsin.com
Instagram : @cendolsin.id
Contact Person : 087889350007

Baca juga:

Leave a Reply