Peluang Usaha Catering Sehat ~ Bisnis Yang Menguntungkan

Usaha catering makin banyak berkembang. Dalam skala offline bisnis catering konvensional yang melayani perkawinan sampai kantoran dan industri tetap memiliki pasar tersendiri yang setiap hari tetap berjalan dengan baik. Berkembangnya era internet menjadikan catering bisa dilayani dengan online dengan cakupan pembeli atau konsumen yang makin melebar juga. Persaingan semakin cepat.

Usaha catering bisa jadi disebut tumbuh seiring gaya hidup yang lebih praktis di mana dengan bertambahnya kebutuhan akan makanan siap saji. Rumahan, salah satu contoh adalah catering yang bisa jadi mengalami pertumbuhan yang lumayan signifikan.

Benarkah Usaha Catering Sehat Makin Hebat?

Persaingan begitu ketat, usaha catering konvensional bisa jadi pemainnya semakin banyak dan bertambah saja, sehingga diperlukan ide kreatif yang lebih mempertajam segmentasi dan strategi usaha catering agar tidak terjebak pada persaingan bisnis catering konvensional. Catering sehat bisa jadi plihan tepat, karena adanya perubahan gaya hidup di segmen pasar terutama menengah atas yang mulai memahami pola hidup sehat.

Ancaman fast food, penggunaan pengawet, issue trans fat, diet bahan organic bahkan sekarang menjadi kebutuhan beberapa orang. Dan yang paling menggembirakan bagi pengusaha catering adalah orang-orang ini memiliki kesibukan yang luar biasa sehingga tidak punya waktu untuk memasak. Maka jasa catering sehat harus bisa memberikan solusi yang paling tepat

Catering sehat definisinya adalah usaha jasa perusahaan atau perorangan yang melakukan kegiatan pengelolaan makanan yang disajikan di luar tempat usaha atas dasar pesanan (menkes RI 715/menkes/SK/V/2003). Embel embel sehat mensiratkan bahwa hidangan yang disajikan adalah sehat. Sehat berarti memiliki value atau nilai lebih agar orang yang makan merasa sehat atau mendapatkan  manfaat berupa kesehatan atu bebas dari ancaman bahaya pangan.

Peluang Usaha Catering Sehat ~ Bisnis Yang Menguntungkan

Munculnya ancaman penyakit yang seringkali menjadikan ketakutan konsumen karena pemakaian bahan aditif, pengawet atau genetikal modifikasi yang marak beredar disertai pemakaian pestisida bahkan hormon dan antibiotic pada ternak dan tanaman menimbulkan ketakutan yang luar biasa. Banyak kejadian baik penyakit kanker, sakit perut dan seterusnya menjadikan konsumen memiliki kebutuhan mendesak agar bisa dapat makanan sehat lewat catering. Catering sehat adalah segmentasi pasar yang sangat jelas dan tegas menjual jenis olahan makanan yang sehat dengan segala persyaratannya.

Apa Saja Yang Penting Dalam Mengelola Usaha Catering Sehat?

Mengelola usaha catering sehat agar lebih memilik kredibilitas ada baiknya mengurus ijin layak sehat sehingga konsumen yang membeli percaya jika usaha yang dikelola sudah memenuhi standard food safety dan dilegalisasi oleh pihak pemerintah dalam hal ini dinas kesehatan RI. Dinas kesehatan akan memberikan batasan dan aturan yang menyebut standard awal agar memenuhi persyaratan keamanan pangan saat menghidangkan catering.

Usaha catering sehat harus cerdas sehingga tepat mengenai sasaran, salah satunya adalah menentukan tema usaha catering sehat yang tepat. Jika tema yang focus pada satu akan memberikan kekuatan lebih untuk memahami kebutuhan konsumen. Contoh tema catering sehat adalah catering makanan bayi yang sehat fokus pada penyediaan makanan bayi yang sehat, catering diet sehat juga akan menyasar pada konsumen yang gemuk dan berharap catering sehat jadi solusi dan berbagai jenis tema lain yang lebih spesifik yang bisa digali misal ide organic, no GMO, non additive, non MSG dan seterusnya, di mana diclare itu penting untuk dikenali oleh konsumen.

Aplikasi manajemen food safety adalah penting sekali dan menjadi kunci usaha catering sehat. Dengan menggunakan manajemen itu hidangan akan terhindar dari kontaminasi berbahaya yang bisa mengancam kesehatan. Pengetahuan untuk aplikasinya menjadi syarat yang tidak bisa ditawar karena catering sehat mengusung nilai lebih terhadap harapan konsumen. Sembrono dalam mengelola usaha catering sehat akan menghasilkan makanan yang tidak bermutu baik, busuk, mengurangi manfaat dari makanan yang diusung atau bahkan menjadi sumber keracunan.

Baca juga:

2 thoughts on “Peluang Usaha Catering Sehat ~ Bisnis Yang Menguntungkan

Leave a Reply