Peluang Bisnis Waralaba: Usaha Mie Ayam dan Bakso Semakit Hot

Bagi Anda yang sedang mencari peluang usaha, tak ada salahnya melirik usaha mie ayam dan bakso karena kuliner yang satu ini memiliki banyak pelanggan setia. Menariknya saat ini banyak pelaku usaha mie ayam dan bakso menawarkan kerja sama kemitraan atau waralaba. Jadi Anda tidak perlu repot mencari tahu cara membuat mie ayam bakso yang nikmat. Bukan hanya itu berbagai perlengkapan usaha dana manajemen sudah disiapkan. Anda cukup membayar investasi yang ditawarkan. Anda bisa langsung membuka usaha. Menariknya dengan bimbingan Pewaraba, jalan usaha semakin mulus dampaknya dan waktu balik modal semakin mengkilat. Seperti apa gurihnya bisnis mie ayam dan bakso yang disukai masyarakat? Nah, baca artikel di bawah ini.

Menurut catatan World Instant Noodle Corporation, Indonesia merupakan negara dengan jumlah pengomsumsi mie terbesar kedua di dunia setelah Cina yang merupakan negara asal mie. Dengan demikian potensi usaha berbahan dasar mie ini layak dicoba karena punya pangsa pasar yang besar dan menjanjikan keuntungan yang tak sedikit. Hal ini bisa dilihat dengan begitu banyaknya pelaku usaha mie ayam dan bakso mulai dari kelas gerobak keliling, kaki lima, kedai, food court hingga kelas restoran. Namun, banyaknya pelaku usaha mie ayam dan bakso tentunya tidak bisa dihindari adanya persaingan yang ketat antar pelaku usaha. Jadi, sebelum membuka usaha mie ayam dan bakso, pelaku usaha harusnya memiliki perencanaan yang matang seperti menyajikan rasa yang harus enak, pelayanan yang memuaskan, gencar berpromosi hingga terus melakukan branding agar merek semakin dikenal.

Harus Kreatif

Bicara soal usaha di bidang kuliner, sudah pasti hal yang utama yang haru dipenuhi adalah rasa yang enak. Rasa harus menjadi prioritas utama dan tidak dapat ditawar lagi. Tak heran banyak  pelaku usaha harus melakukan modifikasi berbagai macam bumbu hingga mendapatkan rasa yang sesuai dengan calon lidah konsumen yang akan disasar. Tak hanyak enak, pelaku usaha juga harus menghadirkan menu yang kreatif dan menarik. Selain itu, pelaku usaha juga sepakat mengunakan bahan baku mie ayam dan bakso yang berkualitas dan sehat tanpa bahan pengawet

Investasi

Bagi Anda yang tertarik menggeluti usaha mie ayam dan bakso namun tidak memiliki pengalaman menjalankan usaha ini, tidak perlu berkecil hati. Pasalnya banyak pelaku usaha mie ayam dan bakso yang baru menjalankan usahanya mampu bertahan di tengah ketatnya persaingan, terlebih sekarang ini banyak brand mie ayam dan bakso menawarkan kerja sama kemitraan atau waralaba dengan investasi yang bervariasi tergantung dari konsep yang dipilih.

Balik Modal

Dengan investasi yang beragam, tentu saja waktu balik modalnya juga bervariasi. Tidak mengherankan bila calon mitra usaha memilih usaha waralaba dengan investasi terjangkau agar bisa cepat balik modal. Untuk mencapai target balik modal tersebut, hampir semua Pewaralaba sepakat mengatakan faktor lokasi sangat berpengaruh. Lokasi yang cocok untuk membuka usaha mie ayam dan bakso ini adalah di sekitar perumahan penduduk, kawasan perkantoran, kampus, terminal hingga pusat perbelanjaan.

Peluang Bisnis Waralaba: Usaha Mie Ayam dan Bakso Semakit Hot

Pemasaran Usaha Mie Ayam dan Bakso

Walaupun persaingan usaha mie ayam dan bakso sangat ketat, bagi para pelaku usaha khususnya yang memiliki keunikan sudah memiliki modal pemasaran yang bagus. Karena dengan membuat sesuatu yang unik dan berbeda itu, sudah menjadi salah satu modal untuk bisa lepas dari persaingan yang ada.

Walaupun begitu, pelaku usaha mie ayam dan bakso harus tetap menerapkan sistem pemasaran lainnya yang bisa mendukung promosi dari produk yang mereka buat seperti membuat brosur atau mencoba memberikan test food terlebih dahulu kepada calon konsumen agar mereka mengetahui rasa mie yang ditawarkan. Anda juga bisa melakukan sistem jemput bola dengan memberikan layanan delivery service kepada pelanggan dengan minimal pembelian.

Risiko dan Kendala

Risiko bangkrut juga tetap membayangi usaha waralaba makanan yang acap kali disebut bisnis anti krisis. Biasanya Mitra berpikir bahwa mengambil usaha waralaba pasti sukses, tanpa mau bekerja keras mengelola usahanya. Padahal usaha waralaba juga perlu dikelola dengan serius dan bukan sekedar bisnis sampingan.

Kendala umum yang dialami Pewaralaba adalah harga bahan yang fluktuatif. Untuk Pewaralaba harus pandai-pandai mengatur persedian bahan baku agar tidak mengalami kerugian. Maka bagi Anda yang tertarik membeli usaha waralaba mie ayam dan bakso hendaknya memastikan harga bahan baku apakah tetap atau berubah-ubah mengikuti harga bahan baku yang didapatkan dari Pewaralaba.

Baca juga:

Leave a Reply