Ojek Online Bogor Xpress ~ Peluang Usaha Sukses Dengan Modal Kecil 1 Juta

Maraknya ojek berbasis online menggunakan teknologi canggih miliaran rupiah, menginspirasi Desali Putra mengembangkan jasa ojek dengan memanfaatkan media sosial seperti Line dan BBM. Walaupun lebih sederhana namun dengan memberikan tarif murah berdasarkan zona menjadikan Bogor Xpress berkembang pesat di kota hujan itu. Seperti apa usaha sukses dengan modal kecil ini bisa berjalan?

Awal Usaha Ojek Online “Bogor Xpress”

Selain dikenal sebagai kota hujan, Bogor juga dikenal sebagai kota angkutan kota yang menjadi penyebab kemacetan. Karena itu tidak heran bila banyak warga kota Bogor yang terkadang malas untuk keluar rumah seperti mencari makan, mengirim barang dan lain sebagainya.

Melihat hal tersebut, Desali Putra bersama 5 orang temannya Ferdiansyah, Ibang, Rhyan, Astri dan Azhar mencoba mengembangkan jasa ojek online (ojek motor / transportasi roda dua) yang bisa melayani kebutuhan pengiriman barang maupun penumpang dengan cepat dan aman.

Dalam membangun usaha jasa ojek online, Sali begitu ia disapa mengaku tidak mengeluarkan modal besar seperti merintis bisnis ojek berbasis Android. Dalam merintis usaha ini, Sali dan teman-teman mengeluarkan modal tidak lebih dari Rp 1 juta untuk menyediakan keperluan usahanya.

Dengan permintaan yang semakin besar tidak heran bila Bogor Xpress dapat terus berkembang. Dari yang awalnya hanya terdiri dari 2 armada, kini Bogor Xpress sudah memiliki 10 armada dan sedang membuka kembali dengan target akhir tahun ini berjumlah 30 armada.

Ojek Online Bogor Xpress ~ Peluang Usaha Sukses Dengan Modal Kecil 1 Juta

Ojek Online Dengan Tarif Murah

Seperti tujuan awal membangun usaha jasa ojek online ini untuk memberikan transportasi cepat dan murah untuk warga Bogor, Sali memberikan tarif berdasarkan zona. Untuk zona satu yang merupakan zona dalam kota Bogor tarifnya sebesar Rp 15 ribu, zona dua untuk perbatasan Bogor kota dengan kabupaten dikenakan biaya Rp 20 ribu dan zona tiga untuk kabupaten Bogor dikenakan biaya sebesar Rp 25 riibu. Sedangkan untuk anak sekolah dalam zona satu mendapatkan harga Rp 10 ribu.

Bukan hanya penumpang, tarif ini juga berlaku untuk pengiriman barang. Dijelaskan Sali, untuk pengiriman barang ada kriteria yang harus dipenuhi terutama soal berat barang yang tidak lebih dari 10 kg.

Bukan hanya itu, bagi konsumen yang malas keluar untuk membeli makan, Bogor Xpress siap mengakomodasi untuk membelikan makanan dan mengantarkannya pada konsumen. Yang menarik, konsumen tidak harus mengeluarkan uang terlebih dahulu, karena pihak Bogor Xpress memiliki deposit yang bisa digunakan untuk membelikan makanan terlebih dahulu dengan maksimal pembelian Rp 200 ribu.

Walaupun baru dan hanya melayani jasa mulai dari pukul 9 pagi sampai 9 malam untuk hari biasa serta pukul 12 siang hingga 12 malam untuk weekend namun peminat Bogor Xpress terus bertambah. Paling tidak sekitar 40-50 konsumen menggunakan jasa Bogor Xpress per harinya dengan omset yang didapat sekitar Rp 20 juta per bulan.

Dimotori Anak Muda

Bukan hanya Sali yang masih berusia muda, para staf dan driver Bogor Xpress pun sebagian besar masih berusia di bawah 30 tahun. Hal ini tidak lepas dari keinginan Sali untuk merangkul anak muda Bogor bisa memberikan sesuatu yang bermanfaat bagi kotanya.

Untuk syarat menjadi driver Bogor Xpress tidak sulit, namun ada beberapa criteria yang harus dipenuhi. Di antaranya berdomisili di Bogor dan paling tidak mengerti jalan-jalan di Bogor, memiliki SIM, KTP dan motor yang digunakan adalah motor injeksi karena lebih irit.
Bagi para driver-nya, manajemen Bogor Xpress memberikan keuntungan sebesar 60% dari tariff yang ada. Selain itu setiap seminggu sekali driver akan mendapatkan subsidi uang bensin sebesar Rp 50 ribu.

Paket Promo

Untuk memikat konsumen, selain di awal berdiri yang memberikan paket promo sebesar Rp 10 ribu. Bogor Xpress juga kerap memberikan paket promo di hari-hari besar, seperti misalnya pada hari kemerdekaan ada paket promo pulang pergi Rp 15 ribu untuk zona satu. Paket ini juga diadakan kembali pada tanggal 28 Oktober 2015.

Selain mengandalkan kedekatan pada komunitas yang ada di Bogor, untuk mempromosikan usaha ojek onlinenya, Sali mengandalkan media sosial seperti Twitter, Instagram, bahkan juga Line. Hal ini tidak lepas dari sebagian besar konsumennya adalah anak muda yang bisa dibilang sangat familiar dengan berbagai media sosial tersebut.

Untuk menghindari persenggolan dengan ojek pangkalan yang banyak terjadi pada usaha jasa ojek online, Sali tidak melengkapi para driver-nya dengan atribut Bogor Xpress. Namun mereka diberikan identitas berupa kartu anggota yang bisa dipakai ketika mengantarkan penumpang dan barang. Hal tersebut juga dilakukan untuk memberikan keamanan dan kenyamanan lebih kepada para konsumen.

Info lebih lanjut mengenai peluang usaha sukses dengan modal kecil ini, hubungi :

Bogor Xpress
Jl. Babakan Gunung Gede, Malabar, RT 1/1. No. 44, Bogor
Tlp. 088213289976
Line official : @SFE2977J / Ahmad Khibran Ibang
Instagram : @Bogorxpress
Twitter : @Bogor_xpress

Baca juga:

Leave a Reply