Mutia Yudharia, Menangkap Peluang Bisnis Ikan Mas Koki Oranda ~ Ekspor Sampai Mancanegara

Bermula dari hobi suaminya yang gemar memelihara ikan hias, kini Mutia Yudharia yang akrab disapa Mutia pun sukses membuka usaha ikan hias spesialis ikan mas koki jenis oranda. Salah satu jenis ikan ini sedang tren diminati adalah oranda merah putih dan calico. Berkat ikan mas koki tersebut, Mutia pun mampu meraup omset sekitar Rp 30 juta/bulan. Seperti apa prospek peluang bisnis ikan mas koki oranda ini?

Awal Usaha Ikan Mas Koki

Ikan Mas Lolo (Carrasius carrasius var auratus) merupakan jenis ikan air tawar yang saat ini semakin diminati para pecinta ikan hias. Ikan yang berasal dari negeri China ini memiliki banyak varian, dan saat ini mulai ramai diminati. Beberapa adalah jenis ranchu, demikin, oranda, ryukin, dll. Dari berbagai jenis Ikan Mas Koki tersebut, jenis oranda merah putih dan calico bisa dibilang adalah jenis terbaru yang dikembangkan di Indonesia sejak beberapa tahun yang lalu. Dengan kecantikan pada jambul dan warna unik merah putih cerah (oranda merah putih), dan sisik tidak lengkap dengan warna lebih dari tiga (oranda calico) membuat ikan jenis ini bisa menjadi primadona bagi pecinta ikan hias.

Carrasius carrasius var auratus dapat hidup pada rentang suhu 28 derajat Celsius dan pH air 7. Ikan hias unik ini yang mempunyai kecantikan bentuk, warna cerah kepalanya menyerupai singa, ekor dan gerakan lembut membuat banyak orang yang jatuh cinta pada ikan ini. Walaupun banyak ikan hias baru bermunculan namun peminat ikan mas koki tidak pernah mati. Peluang usaha ikan mas koki hias yang masih terbuka inilah yang mendorong Mutia membudidayakan hanya ikan mas koki.

Pada tahun 2006, usaha yang ditekuni Mutia ini membutuhkan modal Rp 10 juta digunakan membuat kolam semen, mesin pompa air, perlengkapan akuarium, pakan dan membeli beberapa jenis bibit dan indukan ikan hias mas koki.

Seiring perjalanan usaha ia membudidayakan semua jenis ikan mas koki antara lain oranda dan ranchu dengna dibantu oleh suami dan teman-temannya. Kini mutia mempunyai kolam 10 buah dengan kedalaman sekitar 30-50 cm yang berukuran 5 m x 3 m sebanyak 1 kolam yang berfungsi tempat khusus ikan kontes, 12 buah kolam berukuran 3 x 2 m yang berfungsi sebagai pembesar, dan 2 kolam 2 m x 1,5 m berfungsi sebagai pembesar pula. Ikan hias mas koki sudah masuk seluruh kios ikan hias di seluruh Jabodetabek, Pulau Jawa, dan luar Pulau Jawa. Selain itu sudah berhasil dipasarkan ke Mancanegara (Singapura, Malaysia, dan Jepang).

Mutia Yudharia, Menangkap Peluang Bisnis Ikan Mas Koki Oranda ~ Ekspor Sampai Mancanegara
Ikan mas koki oranda

Hasil ternak ikan mas koki, jenis oranda merah putih dan calico paling banyak diburu oleh komunitaas penghobi ikan mas koki dan jenis ikan mas koki ini menjadi icon-nya Mutia.

Penghobi ikan mas koki sekaligus spesialis peternak ikan mas koki (breeder), disarankan untuk berternak jenis ikan hias ini harus merawatnya dengan baik dari segi kualitas air baik, memberikan makanan jangan mengukur atau membatas-batasi supaya ikan selalu sehat.

Prospek dan Persaingan Ikan Mas Koki

Beternak ikan hias kontes terutama jenis semua ikan mas koki menurut mutia ke depan akan sangat bagus. Buktinya saat ini ia masih menerima banyak permintaan. Tak hanya permintaan dari pasar lokal saja, pasar ekspor ternyata melirik ikan mas koki ini dan harganya lebih menggiurkan. Pernah suatu ketika ada eksportir dan penghobi ikan yang datang meminta jenis demikian yang saat itu ikannya masih pembesaran. Tetapi ia menjelaskan lagi masa pembesaran karena hasil budidaya ikan mas koki jenis demikian sudah dipercaya mempunyai kualitas bagus di kalangan pasar ikan hias dan penghobi ikan mas koki.

Ikan mas koki bisa dibilang sebagai primadona ikan hias yang tidak pernah surut penggemar. Oleh karena itu, ikan jenis ini memiliki prospek yang sangat baik dibandingkan dengan ikan hias jenis lain. Peminatnya sendiri diprediksi tidak akan pernah mati bahkan terus bertambah, terutama karena kecantikan ikan yang satu ini berbeda dengan ikan yang lain.

Menyadari penjual ikan hias termasuk ikan hias mas koki sudah banyak bermunculan, Mutia tak khawatir. Pasalnya, ia selalu menjunjung tinggi kepuasan konsumen dan konsisten menjaga kualitas bagus dengan harga murah serta memberikan garansi. Bagi Mutia prinsipnya adalah sama-sama untung dan itulah yang menjadi salah satu kepuasan konsumen. Selain itu Mutia selalu terbuka lebar sharing seputaran ikan mas koki.

Harga

Ikan Mas Koki

Harga ikan mas koki hiasnya sangat variatif sesuai kualifikasinya, misalnya ikan mas koki kualifikasi untuk grand kontes atau perlombaan ukuran 6-10 cm dengan harga Rp 1 juta/ekor, ikan kualifikai di bawah kontes (fanci) dijual dengan harfa 350 ribu dan ikan mas koki oranda kualifikasi pasar dengan paket 1 kolam (kurang lebih 50 ekor dengan campur oranda merah putih dan calico) dengan harga 35 ribu.

Pemasaran Ikan Mas Koki

Sejak menjalankan usahanya Mutia memasarkan ikan mas koki dengan lancar dan sukses. Dari awal sebagai pedagang ikan hias keliling ke kios-kios hias di Jabodetabek dan berteman dengan relasi penangkar, dan peternak ikan mas koki dari 2003 – 2006, Mutia dengan sangat mudah memasarkan hasil ternak ikan mas koki bahkan konsumen datang ke tempat usahanya. Pangsa pasarnya sudah masuk ke seluruh kios ikan hias, pengepul/supplier, penghobi, dan eksportir ikan hias yang ada di sekitar Jabodetabek. Ia juga mempromosikan usaha melalui jejaring sosial di internet dan messenger (WA dan BBM).

Di pasar lokal, mas koki budidaya Mutia diminati para pedagang ikan hias, penghobi ikan hias, dan pengepul. Mutia bisa melayani mengantarkan di wilayah Jabodetabek dan luar kota dikirim melalui jasa pengiriman lewat kereta, bis dan pesawat terbang.

Melihat permintaan pasar yang lumayan banyak, rencana ke depan ia ingin menambah lokasi usahanya di tempat lain. Dan untuk mas koki ia berencana akan mulai budidaya secara bertahap. Kini Mutia tiap bulan bisa meraih omset sekitar Rp 30 juta dengan keuntungn bersih hingga 55% dari hasil penjualan mas koki.

Baca juga: Abdul Chafid, Pembudidaya Indukan dan Benih Lele Burma ~ Omset Hingga Rp 250 Juta/Bulan

Kendala dan Risiko Usaha

Menyinggung kendala dan risiko hanya permasalahan iklim pancaroba. Untuk itu, para pembudidaya segera menguras kolam dan mengarantina ikan yang sakit di akuarium untuk pengobatan, selain itu menjaga kebersihan kolam, penyesuaian pH 7, dan sirkulasi air. Menyoal penyakit yang membayangi para pembudidaya ikan mas koki khususnya, Mutia selalu update menjaga perawatan dan kesehatan ikan.

Info lebih lanjut hubungi:

Mutia Yudharia (Pembudidaya Ikan Mas Koki Oranda)
Tanah Baru, Depok, Jawa Barat
Tlp : 08179875101
Pin BB : 5403B5FE

Baca juga:

2 thoughts on “Mutia Yudharia, Menangkap Peluang Bisnis Ikan Mas Koki Oranda ~ Ekspor Sampai Mancanegara

  1. Salam hormat,

    Saya adalah pencinta ikan mas oranda apakah you ada ikan oranda untuk kontes gak.

    Terima kasih

Leave a Reply