Modal Hanya Rp 5 Juta, Sebulan Bisa Balik Bersama Usaha Busana Muslimah, Hijab by Frida Aulia

Melihat potensi usaha fesyen Muslimah yang terus menggeliat, menarik minat Frida Aulia untuk turut menyemarakkan fesyen Muslimah di tanah air. Dengan konsep yang terus berganti setiap session, serta menggunakan bahan katun premium yang dikombinasikan dengan bahan sifon hingga brokat, menjadikan busana Muslim buatan Frida terlihat elegan namun simple. Apa saja keistimewaan usaha busana Muslimah yang juga menawarkan kerja sama kemitraan dan titip jual ini?

Awal Usaha Hijab by Frida Aulia

Dunia bisnis bukanlah hal baru bagi Frida Aulia. Sebelum melakoni bisnis fesyen, wanita yang menamai usahanya sesuai dengan namanya ini lebih dulu bergelut dalam usaha rental perlengkapan alat bayi dan aneka jus buah original. Namun, setelah melihat potensi pasar fesyen khususnya produk yang berkaitan dengan busana Muslimah cukup tinggi, ia pun putar haluan dan mengembangkan usaha di bidang tersebut.

Lulusan program Magister Manajemen IPB ini mengaku dalam membangun usaha barunya ini tidak semudah seperti menggeluti dua usaha sebelumnya, terlebih wanita yang akrab disapa Frida ini tidak memiliki basic dalam menjahit. “Aku itu cuma ahli di bidang marketingnya, sementara untuk jahit, pemilihan bahan dan desain yang bagus untuk dijual aku kurang begitu paham,” ungkapnya.

Karena itu, untuk memahami usaha barunya ini, Frida tidak hanya melakukan berbagai survei tetapi juga terjun langsung terutama dalam pemilihan penjahit dan bahan yang digunakan. “Sudah kurang paham, masa pemilihan bahan dan pembuatannya mau diserahkan ke orang lain. Justru karena kurang paham saya ikut terjun langsung agar bisa paham,” tuturnya.

Berdiri pada Januari 2013, Frida mengeluarkan modal awal yang tidak terlalu besar sekitar Rp 10 juta. Modal tersebut digunakan untuk membeli bahan baku, peralatan usaha, dan gaji penjahit. Sedangkan untuk promosinya ibu dua anak ini mengandalkan para pelanggan lama di usaha sebelumnya sebagai target pertamanya. “Diusaha saya yang lama pelanggannya sudah cukup banyak, makanya sebelum saya lempar keluar saya jadikan mereka sebagai market pertamanya,” tuturnya.

Modal Hanya Rp 5 Juta, Sebulan Bisa Balik Bersama Usaha Busana Muslimah, Hijab by Frida Aulia

Hijab by Frida Aulia Usung Tema Simple Style

Sadar sebagai pemain baru di usaha fesyen Muslimah, Frida bukan hanya harus pandai berpromosi, melainkan juga dituntut untuk membuat sesuatu yang berbeda pada busana Muslim yang dibuatnya.

Salah satunya dengan mengusung tema simple style. “Kalau yang tabrak sana, tabrak sini, perpaduan bahan ini dan itu, terus cutting di mana-mana sudah banyak, nah saya mencoba memunculkan kembali desain yang simpel namun tetap style bagi penggunanya,” ungkap Frida.

Dari berbagai jenis busana yang ada, dress yang paling cocok dengan konsep tersebut karena itu tak heran bila dari semua produk yang dibuat, jenis dress paling banyak dimunculkan. Namun Frida tidak menutup diri untuk membuat desain-desain baju Muslimah lainnya, seperti atasan, celana, bahkan juga membuat busana untuk prianya.

Dalam desain simple style, wanita yang juga berprofesi sebagai HRD consultant lebih menekankan pada pemilihan warna-warna yang soft, cerah dan beragam. “Saat ini banyak orang yang menyukai busana Muslim dengan warna-warna lembut dan tidak ngejreng. Jadi tidak terkesan meriah atau norak, karena mencerminkan sosok Muslimah yang tenang dan baik,” ujarnya.

Busana Muslim yang diproduksi istri dari Zakaria Aulia ini menggunakan berbagai macam bahan yang biasa digunakan untuk busana Muslimah. Namun bedanya bahan yang digunakan memiliki kualitas premium mulai dari katun Jepang, salin, sifon, wolifis, maxmara dan masih banyak lagi yang lainnya. “Meski menggunakan bahan yang sama dengan para busana Muslimah lainnya, tetapi produk saya ekslusif, karena pada setiap desain, saya hanya memproduksi beberapa pieces saja,” ungkapnya.

Dari segi harga, Frida yang juga memproduksi baju Muslimah anak, dan mukena ini menjual produknya dengan harga beragam berkisar Rp 75 ribu – Rp 500 ribu. Jika dibanding dengan kompetitor, harga yang ditawarkannya relatif lebih murah apalagi jika dilihat dari kualitas bahan dan jahitannya.

Peluang Bisnis Menjadi Mitra Hijab by Frida Aulia

Dalam melebarkan sayap usaha, Frida membuka sistem kemitraan bagi yang tertarik untuk bergelut diusaha busana Muslim. Caranya cukup mudah yaitu dengan melakukan pembelian minimal Rp 5 juta akan mendapatkan potongan harga 30%, dan pembelian minimal Rp 3 juta akan dapat potongan harga 20%. “Diskon berlaku untuk pembelian berikutnya nominal pembelian dalam besaran yang sama,” ungkapnya.

Selain potongan harga, keuntungan lain yang didapat calon mitra berupa dibantu promosi dan akan mendapatkan katalog baik dalam bentuk foto yang biasa dikirim melalui email dan aplikasi pertemanan, serta berupa katalog dalam bentuk buku. Tak Cuma itu di moment-moment khusus mitra akan mendapatkan souvernir mulai dari kerudung, mukena hingga baju. “Soal keuntungan jika mitra konsisten dalam penjualan dan promosi, insya allah dalam satu bulan saja sudah balik modal,” jelas wanita yang telah memiliki banyak usaha ini.

Selain kemitraan, bagi masyarakat yang memiliki butik busana Muslimah, Frida juga membuka kesempatan kerja sama dengan sistem titip jual. Yang menarik pada sistem ini Frida tidak menyertakan syarat khusus agar baju miliknya dapat titip jual di butik calon mitra adapun untuk bagi hasilnya disesuaikan dalam kontrak kerja sama. Namun sayangnya cara ini baru dijalankan bagi butik butik yang sudah di kenal di masyarakat. “Saat ini salah satu butik yang sudah kerja sama dengan kita Raja Factory Outlet Cimacan, Puncak, Bogor,” ungkapnya.

Prospek dan Kendala Usaha

Terkait dengan prospek usahanya, Frida yang juga mempromosikan usahanya melalui internet ini mengakui prospek dari usahanya sangat menjanjikan, tak kurang dari Rp 60 juta menjadi omset usahanya per bulan. Selain itu dirinya sangat optimis usaha yang dijalankannya ini mampu bertahan cukup lama mengingat sampai saat ini peminat busana Muslimah terus meningkat. Sedangkan untuk menjaga loyalitas konsumen, ia terus meningkatkan pelayanan dan inovasi desain yang terus berubah, sehingga konsumen akan terus tertarik dengan produk-produknya tersebut.

Namun sukses memproduksi ragam desain busana Muslimah, bukan berarti usaha yang dilakoni Frida berjalan lancar, kadang kala ia mengalami permasalahan usaha. Salah satu yang pernah dirasakan Frida dan sampai sekarang pun ia sempat mengalaminya, yakni dalam ketersediaan bahan baku. “Adakalanya saya membutuhkan satu merek kain dengan warna tertentu, tetapi ternyata nggak tersedia. Padahal itu toko langganan saya,” terangnya. Untuk mengantisipasi hal tersebut, ia kerap membeli bahan baku lebih banyak untuk stock, meskipun saat itu ia hanya membutuhkan dalam jumlah sedikit. 

Info lebih lanjut mengenai peluang bisnis busana Muslimah ini, hubungi:

Hijab By Frida Aulia
Komplek Bogor Baru Blok A3 No 5 Bogor 16152
Tlp/WA : 0818156176, 08998573450
Pin BB : 5725A578
FB : /frida.nursanti
IG: frida.aulia

Baca juga:

Leave a Reply