Minarti Puji Lestari, Dari Reseller Sukses Menjadi Distributor Usaha Pakaian Anak Ternama

Usaha fesyen khususnya pakaian anak memang menjanjikan. Itu bisa dilihat dari perkembangan usaha Minarti Puji Lestari. Awalnya hanya menjadi reseller usaha produk pakaian anak brand Ed, kini Minarti terus berkembang dengan menjadi Distributor langsung dari beberapa perusahaan pakaian anak ternama hingga memiliki produk sendiri dengan standar internasional. Seperti apa usaha pakaian anak dengan brand Rafikids ini dan kerja sama yang ditawarkan?

Awal Usaha Pakaian Anak “Rafikids”

Bagi para orang tua, kebutuhan buah hati adalah segalanya. Karena itu tidak heran, bila berbagai produk yang berhubungan dengan anak tidak pernah sepi dari permintaan. Seperti usaha fesyen anak yang dijalankan Minarti Puji Lestari dengan nama Rafikids.

Usaha yang dijalankan sejak 2009 ini berawal dari sebuah usaha rumahan yang tidak sebesar sekarang. Wanita yang akrab disapa Minarti ini mulai usahanya dengan menjadi reseller dari berbagai merek pakaian anak branded berkualitas internasional.

Mengawali usaha dengan modal Rp 3 juta, Minarti mempromosikan usahanya pada teman, keluarga dan teman keluarga dan tetangga sekitar rumah. Setiap pagi Minarti membawa dua kantong kresek pakaian anak jualannya dan ditawarkan berkeliling ke tetangga sekitar rumahnya.

Namun nasib Minarti mulai berubah ketika suaminya yang mahir di dunia maya mulai membuatnya toko online. Perlahan tapi pasti usaha pakaian anak yang dijalankan mulai mendapatkan respons yang ditunjukkan dengan banyaknya konsumen dari berbagai daerah yang menghubunginya sehingga perkembangan usahanya semakin cepat.

Minarti Puji Lestari, Dari Reseller Sukses Menjadi Distributor Usaha Pakaian Anak Ternama

Merek dan Jenis Pakaian Anak Rafikids

Rafikids memasarkan berbagai merek pakaian anak branded yang diambil langsung dari produsennya, sehingga harga yang ditawarkan cukup terjangkau. Beberapa merek pakaian ternama tersebut antara lain Disney, JSL, Little M, Donita, Aliza Kids, Snoopy, Cubitus dan masih banyak lagi lainnya.

Selain itu, sejak tahun 2016 Rafikids juga mulai mengeluarkan pakaian anak sendiri dengan label Deerkids. Walaupun masih baru, namun dengan kualitas ekspor, bahan yang halus, tidak panas saat digunakan dan dirancang oleh desainer berpengalaman membuat produk Deerkids juga mulai diminati konsumen.

Berbagai jenis pakaian anak mulai dari dress, rok, celana, kaos, kemeja, jaket, hingga pakaian muslim anak untuk menyambut bulan Ramadhan mulai dari usia 1 tahun hingga 12 tahun dipasarkan oleh Rafikids.

Peluang Bisnis Menjadi Mitra Usaha Pakaian Anak Rafikids

Karena produk yang dijualnya diambil langsung dari pabrik, maka Minarti tidak menjual produknya secara eceran. Ia hanya melayani penjualan dalam partai besar agar bisa dipasarkan lagi oleh para Mitranya. Ada dua peluang kerja sama yang ditawarkan yaitu dalam bentuk reseller dengan pembelian awal minimal Rp 2 juta,  dengan Agen dengan pembelian awal sebesar Rp 5 juta. Dalam kerja sama ini Mitra akan mendapat berbagai keuntungan seperti pembelian yang bisa dicampur dan potongan harga rata-rata Rp 5 ribu dari harga eceran.

Yang menarik dalam kerja sama ini Mitra diperbolehkan melakukan retur produk sekitar 10% dari total pembelian. Misalnya pembelian sekitar Rp 5 juta maka produk yang bisa diretur sekitar Rp 500 ribu. Selain itu, Mitra juga akan dibantu dalam hal promosi, sehingga bila ada konsumen yang ingin membeli akan diarahkan langsung pada Mitra yang berada di daerah tersebut. Bagi Mitra baru yang ingin mencoba menjualkan produknya, Minarti mempersilahkan Mitra untuk membeli 6 pcs pakaian anak sebagai sample.

Bicara mengenai balik modal, Minarti memberikan gambaran kalau Mitra Agen dengan investasi Rp 5 juta bisa balik modal dalam waktu sekitar 2,5 bulan. Balik modal tersebut bida dihitung dengan asumsi Mitra bisa menjual 200 kaos per bulan dengan harga jual Rp 35 ribu per pcs. Dengan begitu omset yang diperoleh sebesar Rp 7 juta dan keuntungan bersih sebesar Rp 2 juta.

Dengan harga yang relatif terjangkau tersebut Minarti mengakui usaha yang dijalaninya saat ini cukup menjanjikan, hal ini dapat dilihat dari besarnya pencapaian omset yang didapatnya Rp 400 juta setiap bulannya, bahkan bisa mnejadi Rp 800 juta atau naik 100% pada menjelang bulan Ramadhan dan Idul Fitri seperti sekarang. Tak cuma itu, Minarti yang sejak awal sudah membuka sistem kerja sama dalam bentuk kemitraan saat ini telah memiliki 36 Mitra (Agen) aktif dan ratusan reseller yang tersebar di seluruh Indonesia dari Sabang hingga Merauke.

Info lebih lanjut mengenai usaha pakaian anak ini, hubungi:

Rafikids
Jalan Perum. Depok Maharaja Blok B1 No. 12, Jawa Barat, Indonesia (Samping Mall DTC)
Tlp : 081286185041 / 081326221617
Email : salesrafikids@gmail.com
Facebook : Rafikids Baju Anak Branded
Website:  www.rafikids.net

Baca juga:

Leave a Reply