Menjadi Reseller Kaos “Faith Distro”, Peluang Bisnis Kaos Distro Yang Menjanjikan

Tak seperti kaos pada umumnya, kaos yang dipasarkan lewat distro memiliki desain yang tidak pasaran. Seiring dengan dinamisnya dunia fashion, juga turut memengaruhi perkembangan desain kaos distro, serta perkembangan dunia sosial ekonomi masyarakat dan sesuai kebutuhan pasar. Seperti Imam Aris Setiawan, pemilik bisnis kaos Faith Distro yang membuat kaos distro dengan font Arabic yang memang sedang naik daun. Seperti apakah keunikan dari produk fashion ini?

Awal Bisnis Kaos “Faith Distro”

Dari berbagai produk fashion yang ada, bisa dibilang kaus atau T-shirt merupakan salah satu produk yang paling digemari. Selain nyaman saat digunakan, bentuknya yang simple sehingga bisa digunakan di berbagai kesempatan adalah nilai lebih dari produk yang satu ini. Melihat kelebihan yang dimiliki produk fashion tersebut, tidak salah jika Imam Aris Setiawan memutuskan untuk terjun ke bisnis pembuatan kaos pada akhir Juli 2014 lalu. Bisnis kaosnya ini diberi nama Faith Distro.

Dalam memulai bisnis kaos Faith Distro ini, pria yang akrab disapa Imam menggelontorkan modal Rp 20 juta. Modal tersebut ia gunakan untuk renovasi distro dan juga membeli peralatan serta perlengkapan yang berkaitan dengan bisnis distro-nya. Selain itu, Imam juga membeli bahan baku seperti kain katun untuk bahan kaos dan perlengkapan sablon seperti tinta sablon jenis discharge, rubber, Sw, Plastisol, lampu neon dan beberapa perlengkapan lainnya.

Mengingat penggiat bisnis distro terus bertambah di setiap waktunya, membuat Imam pun terus berinovasi dengan menciptakan produk-produk fashion baru dengan mengikuti tren yang ada. Hingga di akhir tahun 2014 ia pun menciptakan kaos desain font Arabic atau tulisan-tulisan yang menyerupai bahasa Arab atau tulisan kaligrafi dan terlihat tidak biasa. Untuk membuat kaos tersebut, ia mengeluarkan biaya Rp 600 ribu.

Pada awal bisnis Faith Distro ini, Imam mengakui baru memproduksi kaos font Arabic sebanyak satu lusin. Minimnya produksi yang dilakukan, diakui Imam bukan karena terbatas modal yang dimilikinya lantaran setiap mengeluarkan produknya, Imam memproduksi dalam bentuk limited edition atau terbatas.

Menjadi Reseller Kaus "Faith Distro", Peluang Bisnis Kaos Distro Yang Menjanjikan

Selain secara limited edition, untuk menggaet konsumen lebih luas, ia mempromosikan produknya dengan cara memasarkannya melalui internet, dan juga dipasarkan ke beberapa distro di kawasan Bogor dengan sistem konsinyasi.

Kaos Font Arabic

Kaos terbaru yang ia buat dengan font Arabic ini, diakui olehnya lebih menekankan pada tulisan Arab sebagai gambar utama. Adapun untuk objek tulisannya berupa merek distro miliknya.

Namun meski hanya mengandalkan merek usaha dagangnya, Imam mengakui kaos font Arabic buatannya memiliki banyak pilihan. Hal itu lantaran font Arabic yang digunakan olehnya tidak menggunakan satu jenis saja melainkan berbagai macam bentuk jenis font Arabic. Begitu pula dengan desain kaosnya yang tidak selalu berbentuk kaos oblong melainkan pula ada beberapa jenis model kaos yang ditawarkan, salah satu contohnya kaos dengan desain strip yang sedang booming saat ini.

Tak cuma itu, untuk memberikan banyak pilihan pada pelanggannya, Imam juga memberikan pilihan warna kaos yang beragam. Mulai dari warna-warna cerah hingga warna gelap.

Berbicara keunggulan produk T-shirt font Arabic buatannya dapat dilihat dari segi bahan kaos yang digunakan. Jika kebanyakan produk menggunakan bahan polyester atau katun spandex, maka pada produk kaos font Arabic yang diproduksi, Imam menggunakan bahan katun 30s yang nyaman dan sangat cocok digunakan di negara tropis seperti Indonesia.

Selain itu keunggulan lain yang juga ada pada produk kaos font Arabic buatan Imam terletak pada proses pencetakan yang memiliki hasil dan kualitas cetakan yang sangat baik, sehingga gambar yang dihasilkan menjadi lebih bagus dibandingkan dengan lainnya. Kelebihan lainnya adalah konsumen bisa mendesain gambar kaos sesuai keinginannya.

Mengenai harga, kaos font Arabic yang dipasarkan Imam dengan harga terjangkau yaitu berkisar Rp 100 ribu hingga Rp 120 ribu tergantung desain dan juga ukuran.

Bahan Baku dan Peralatan

Seperti diterangkan sebelumnya, untuk bahan baku kaosnya, Imam menggunakan bahan cotton 30s yang sudah tidak perlu lagi ditanyakan kualitasnya. Selain kelembutan bahan kaos, kekuatan serat bahan yang dimilikinya menjadi alasan lain Imam memilih bahan kain tersebut sebagai bahan dari kaos font Arabic miliknya.

Untuk teknik penyablonannya, ia menggunakan berbagai teknik sablon mulai dari discharge, rubber, Sw, dan Plastisol. Teknik sablon discharge adalah sablon yang tintanya menghilangkan warna dari kaos, dan akan mengganti warnanya sesuai dengan warna tintanya. Tinta sablon discharge adalah tinta berbasis air (water based) yang diformulasikan untuk menonaktiffkan zat warna yang digunakan pada kain alami. Hasil sablon dengan teknik discharge ini sangat lembut seperti warna kain kaos alami. Pada kain katun 100% akan dihasilkan cetakan warna sablon discharge yang menyatu dengan baik dan akurasi warna yang sangat bagus.

Teknik sablon rubber yang sering dikenal dengan sablon karet, sifatnya menutup serat kaun dan timbul serta hasil sablot yang elastic. Sablon ini banyak digunakan khusus untuk sablon di atas kain gelap. Sebab tinta ini bersifat pekat, dapat menutup permukaan warna kain dengan baik. Tinta rubber umumnya digunakan untuk underbase yang difungsikan sebagai penutup warna kain sebelum penyablonan warna-warna.

Untuk sablon SW yang menggunakan tinta super white merupakan jenis sablon plastisol waterbase. Super White dipilih karena teknik sablon ini memiliki karakter yang halus & lembut handfeel-nya. Kelihatan tipis, namun mampu menutupi warna bahan dasar gelap. Biarpun kelihatan agak terawang, tapi SW ini mempunyai keunikan tersendiri, yakni hasil yang lebih merata di semua bagian sablon dan seperti menyatu dengan bahan.

Sedangkan sablon plastisol adalah teknik yang menggunakan tinta plastisol. Tinta plastisol adalah tinta sablon berbahan jenis PVC. Tinta ini tidak mudah kering dengan alat pengering biasa dan tidak bisa kering dengan sendirinya. Kelebihan tinta plastisol jika dibandingkan dengan tinta rubber adalah lebih awet dan tahan lama. Tetapi akan rusak jika disetrika. Selain itu tinta plastisol ini adalah mampu membuat efek-efek sablonan yang tidak dapat dibuat oleh tinta rubber.

Dalam proses pengerjaannya sebetulnya Imam mengakui mampu mengerjakannya sendiri, namun karena padatnya waktu dan kesibukannya mengurus bisnis kaos Faith Distro-nya, membuat ia lebih memilih menyerahkan proses pengerjaannya kepada rekanan konveksi dan sablon yang dipercayainya yang lokasinya masih berada di daerah Bogor.

Promosi dan Prospek Usaha

Selain mengandalkan media internet dan sistem konsinyasi dalam mempromosikan bisnisnya, Imam juga mempromosikan bisnisnya dengan cara mengikuti beberapa pameran yang diselenggarakan baik di lokal maupun tingkat nasional seperti event Jogja Festival.

Sedangkan untuk mendongkrak penjualannya, Imam menerapkan sistem reseller bagi siapa saja yang ingin maju bersamanya, adapun cara untuk menjadi reseller produknya cukup dengan cara melakukan minimal pembelian sebanyak 2 buah, maka seseorang sudah menjadi reseller-nya dengan keuntungan yang diberikan berupa potongan harga 10%.

Dari cara-cara promosi yang dijalani tersebut, Imam mengakui bisnisnya ini memiliki peluang yang cukup menjanjikan, hal itu dapat dilihat dari perkembangannya yang kian bulan kian berkembang. Tak cuma itu, tren anak muda yang terutama usia sekolah yang mulai menggemari menjadi alasan lain prospek bisnisnya ini.

Kendala Usaha

Namun meski memiliki prospek yang cukup bagus, Imam mengakui jika bisnisnya ini masih memiliki kendala seperti waktu produksi yang kadang tidak sesuai rencana. Sedangkan untuk persaingan usaha kaos distro saat ini cukup ketat, sehingga pelaku usaha dituntut untuk tetap berkreasi dengan mengeluarkan desain-desain baru, menjaga kualitas jahitan dan bahan baku, dan menjaga kepercayaan yang telah diberikan oleh konsumen dengan penyelesaian pesanan sesuai dengan waktu yang ditetapkan.

Info lebih lanjut mengenai peluang bisnis kaos distro ini, hubungi :

Faith Distro
Jalan Mayor Oking No. 12 Kamurang Dalem RT 1 RW 7 Puspasari Citeureup Bogor

Baca juga:

Leave a Reply