Maraca Books and Coffee ~ Omset Puluhan Juta dari Bisnis Kopi Nusantara

Masyarakat Indonesia dikenal sangat gemar nyeruput kopi, bahkan ngopi sudah menjadi lifestyle. Hal ini wajar, maklum saja Indonesia merupakan salah satu penghasil biji kopi terbesar di dunia dengan jenis kopi yang beragam. Melihat besarnya pangsa pasar di Indonesia menarik Bimo Ari Pamungkas, Dela Arundina, dan Hisna Alfiani mendirikan Maraca Books and Coffee. Menawarkan aneka jenis kopi nusantara, Maraca Books and Coffee sukses membukukan omset hingga Rp 50 juta per bulan. Apa saja kelebihan usaha kedai kopi ini?

Latar Belakang Usaha Maraca Books and Coffee

Bagi sebagian besar orang, kopi tidak hanya sebagai minuman pengusir rasa kantuk, lebih dari itu pada coffee addict telah menjadikan minuman berwarna hitam ini sebagai bagian dari gaya hidup. Bahkan ada orang yang merasa lemas jika seharian tidak meneguk secangkir kopi. Acara ngopi bareng pun kerap jadi rutinitas yang tak boleh dilewatkan.

Nah, bagi Anda yang senang menghabiskan waktu dengan bersantai di coffee shop bersama rekan-rekan, jangan lupa mampir ke Maraca Books and Coffee yang menawarkan berbagai jenis kopi khas nusantara maupun mancanegara. Lokasinya pun cukup strategis yaitu di jantung kota Bogor yaitu di komplek Wisma and Guest House d’Palma persis di seberang Kebun Raya Bogor.

Adalah tiga sekawan Bimo Ari Pamungkas, Dela Arundina, dan Husna Alfiani yang menggagas berdirinya Maraca Books and Coffee lantaran ingin menyatukan keahlian masing-masing di dalam satu bidang usaha. “Kalau saya punya keahlian di meracik kopi, Dela punya koleksi dan usaha buku sedangkan Feni seniman brush lettering,” ungkap Bimo.

Dari keahlian yang dimiliki ketiganya, Maret 2016 hadirlah kedai kopi dengan desain interior kekinian yang menyediakan fasilitas buku bagi pengunjungnya. Sedangkan untuk modal membangun usahanya ini mencapai puluhan juta untuk menyewa tempat dan membeli kebutuhan usaha.

Maraca Books and Coffee ~ Omset Puluhan Juta dari Bisnis Kopi Nusantara

Maraca Books and Coffee Tawarkan Suasana Cozy

Walaupun kecil dan lokasi cukup nyempil namun tidak mengurangi kesan cozy bagi siapa saja yang mampir ke sini. Rasa nyaman akan semakin terasa jika sudah berada di dalam café lantaran pengunjung akan langsung disuguhkan oleh lemari buku yang berisi berbagai macam buku seperti Buku Pengetahuan, Buku Novel, Buku Teka-teki Silang, buku komik, sampai majalah.

Bimo menambahkan Maraca Books and Coffee juga menyediakan buku mewarnai yang memang sengaja disediakan bagi pelanggan yang membawa putra dan putri mereka. “Pengunjung bebas memilih dan membaca semua ini asalkan tidak dibawa pulang,” ungkap Bimo.

Selain itu Maraca Books and Coffee juga menawarkan dua pilihan ruangan yaitu smooking room dan no smooking room dengan dua pilihan tempat duduk. Jika anda datang bersama rekan-rekan, Bimo menyediakan sepasang sofa kayu panjang, sedangkan bagi pelanggan yang dating berdua bersama pasangan disediakan dua bangku khusus agar terasa semakin mesra. “Maraca Books and Coffee memiliki kapasitas 30 pengunjung dan mebelnya kami buat sendiri menggunakan bahan kayu palet daur ulang dan refurbish furniture lawas,” jelas Bimo.

Tak cuma buku, di Maraca Books and Coffee juga menyediakan banyak CD musik lengkap dengan CD Playernya dan pengunjung Maraca dapat bebas memilih dan memutar sendiri jenis musik apa yang ingin mereka dengan selama berada di Maraca Books and Coffee. Selain itu, Bimo juga mengajak pelanggan untuk kegiatan sosial, caranya pelanggan dapat menyumbang buku untuk disumbangkan ke Yayasan di Jambi yang concern terhadap pendidikan masyarakat Suku Anak Dalam.

Cita Rasa Kopi Lokal

Sebagai pemain baru di kedai kopi di kota Bogor, Maraca Books and Coffee memilih untuk menjual cita rasa kopi lokal Indonesia sembari menyediakan tempat untuk membaca dan bercerita. Itulah yang jadi alasan penamaan Maraca yang berasal dari bahasa Sunda yang berarti sama-sama saling membaca.

Untuk urusan menu ada sekitar 8 varian kopi single origin yang membentang dari barat sampai timur Indonesia. Mulai dari Gayo, Lintong, Mandailing, Pangalengan, Toraja yale, Bali Kintamani, Flores Bajawa, sampai Papua Amungme yang siap seduh. “Setiap jenis kopi punya karakter berbeda yang dipengaruhi dari faktor geografis sampai jenis tanaman tumpang sarinya,” jelas Bimo.

Sebagai teman minum kopi Maraca Books and Coffee juga menyajikan aneka makanan mulai dari aneka cake hingga makanan berat seperti chicken and butter rice, nasi bakar dan burger. “Daging burger kami selalu special karena dibuat sendiri dengan resep keluarga, pasti kenyang soalnya dagingnya aja 100 gram,” ungkapnya.

Sedangkan untuk harganya, Bimo menjelaskan di Maraca Books and Coffee tergolong terjangkau jika dibandingkan dengan café kopi lainnya yang mungkin sudah menawarkan harga cukup tinggi untuk sebuah kenikmatan kopi. “Sebetulnya wajar yang pertama emang dari kualitas kopinya dan yang kedua cara penyajiannya,” jelasnya.

Namun bagi Bimo keuntugan bukan segala-galanya, baginya yang penting kopi racikannya dapat dinikmati semua orang, maka Bimo mematok harga mulai dari Rp 5-30 ribu, dan Rp 20-30 ribu untuk menu makanannya. Kini Bimo dan rekan-rekannya mampu mendulang omset sebesar Rp 50 juta per bulan dengan tingkat keuntungan bersih sebesar 50%.

Promosi dan Prospek Usaha

Bicara promosi, dari awal Bimo mengaku lebih banyak melakukan promosi online dengan mengandalkan media sosial. Bimo melakukan promosi dengan cara memberikan servis pada pelanggannya salah satunya dengan tidak sungkan mengajak ngobrol konsumen yang datang. “Bagi saya, pemilik yang baik adalah pemilik yang tahu flow dari tempat usahanya sendiri. Kapan harus mengajak bicara pelanggan dan kapan membiarkan pelanggan dengan kesibukannya,” ujarnya.

Dari cara promosi yang dijalaninya tersebut usaha yang baru berjalan beberapa bulan ini bisa dibilang sudah lumayan sukses, tengok saja dari segi omset yang didapat Bimo menuturkan untuk bulan kedua sudah mendapatkan omset Rp 60 juta. “Sebetulnya kita belum punya omset pasti karena usaha ini baru mulai hangat, tetapi mudah-mudahan dari yang sekarang kami dapat akan terus bertambah,” ungkapnya. 

Info lebih lanjut mengenai usaha kedai kopi ini, hubungi:

Maraca Books and Coffee
Jl. Jalak Harupat No. 9A, Bogor
Telp : 081280246380 (WA only)
IG : maracacoffee

Baca juga:

Leave a Reply