Langkah Memulai Usaha Dengan Modal Pas-pasan Ataupun Tanpa Modal

Apabila Anda ingin memulai bisnis ataupun usaha, sebenarnya untuk memulai usaha tidak selalu membutuhkan modal besar, dengan modal kecil ataupun bahkan bisa tanpa modal bisa Anda lakukan. Di bawah ini Anda dapat menjumpai beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk memulai usaha yang Anda inginkan dengan modal pas-pasan ataupun tanpa modal.

Pertama Anda bisa melakukan pola kerja sama dengan pihak yang memiliki modal yang lebih kuat. Dilain pihak Anda bisa memberikan waktu, tenaga dan keahlian. Pembagian keuntungan disesuaikan berdasarkan negosiasi atau kesepakatan kerja sama. Oleh sebab itu Anda harus memiliki keahlian atau keterampilan khusus yang diperlukan orang lain. Hal ini yang juga tidak kalah pentingnya Anda harus memiliki banyak relasi.

Alternatif lain yang bisa dilakukan untuk memulai bisnis dengan modal kecil atau bahkan tanpa modal adalah dengan menjadi perantara yang biasa disebut reseller, agen, broker, atau makelar. Contohnya, usaha konsinyasi makanan atau pakaian. Anda juga bisa menjadi perantara dalam penjualan motor, mobil, rumah, atau gedung. Anda juga bisa menemukan usaha konsinyasi yang diiklankan di media massa.

Anda  juga bisa menjalankan bisnis tanpa modal yaitu dengan cara menjadi perantara dalam hal menyediakan dana bagi pengusaha yang memgalami  kesulitan dalam keuangannya. Biasanya ini dicari oleh pengusaha yang sedang memiliki permasalahan dengan pihak bank, seperti masalah kredit macet. Dalam situasi ini, Anda bisa menjadi perantara dengan mengajukan proposal project financing kepada investor atau bank.

Berkaitan dengan hal ini Anda bisa berusaha untuk menemukan pengusaha yang bisa diajak bekerjasama dalam bidang pendanaan pada bidang apa saja. Dalam hal ini perlu disadari bahwa prosesnya tidaklan mudah karena proposal pengajuan pendanaan kemungkinan bisa diterima ataupun ditolak oleh investor atau bank.

Langkah Memulai Usaha Dengan Modal Pas-pasan Ataupun Tanpa Modal

Oleh sebab itu sebelum mencarikan dana, Anda perlu mempelajari hal-hal yang terkait, seperti kelayakan pendanaan, seperti apa proyek itu sendiri, seperti apa surat-surat jaminannya, dan sebagainya. Pada umumnya evaluasi yang dilakuan memerlukan waktu 2 minggu hingga 3 bulan dan ini  tergantung dari proyek dan data yang diajukan.

Semakin baik hal-hal yang menunjukkan kebenaran proyeknya dan surat kolateralnya bisa dipertanggungjawabkan dan dipercaya, kemungkina semakin besar pula proposal tersebut bisa direalisasikan. Dari situ Anda akan memperoleh komisi sebagai perantara. Apalagi media nasional dewasa ini banyak mempublikasikan iklan yang berisikan para pengusaha yang kesulitan keuangan dan mereka bisa menghubungi broker pendanaan.

Apapun alternatif pilihan usaha atau bisnis Anda, sebaiknya Anda menjalankan usaha yang sesuai dengan minat ataupun hobi. Anda bisa mencari referensi pengusaha yand sudah jadi dan sukses apabila Anda masih bingung. Jurus ini sering disebut sebagai sebagai jurus ATM, yakni amati, tiru, dan modifikasi.

Dengan jurus ini Anda langsung bisa melakukan survei. Misalnya di tempat Anda ada usaha kuliner yang menjual bakso dan ramai dikunjungi orang. Lakukan pengamatan seperlunya, setelah itu Anda bisa langsung membuka usaha kuliner bakso tersebut. Jangan lupa Anda sudah mempersiapkan juru masak yang handal, bisa memodifikasi masakan bakso dengan cara mengubah bentuk penyajian baksonya dan yang lainnya.

Selain itu, Anda juga perlu melakukan survei ke usaha kuliner bakso yang lainnya yang ramai pengunjungnya. Dari sana Anda bisa mendapatkan pelajaran tentang cara penyajian, service, cita rasa masakan, dan lain-lain. Selamat mencoba dan sukses dalam bisnis Anda.

Baca juga:

Leave a Reply