Kiat Sukses Mengembangkan Usaha Gerobak Kaki Lima

Salah satu peluang bisnis yang tidak bisa dipandang sebelah mata adalah menjalankan usaha gerobak kaki lima. Usaha kuliner gerobak kaki lima ini sangat popoler di lingkungan masyarakat kita. Yang perlu Anda ketahui adalah berdasarkan hasil penelitian oleh balai badan penelitian dan pengembangan UKM menyebutkan bahwa penghasilan pelaku usaha di bidang kuliner bisnis gerobak kaki lima ini rata-rata sudah di atas upah minimum regional (UMR).

Strategi sukses

Nah, apabila Anda pelaku pemula ataupun yang sedang menjalankan usaha gerobak kaki lima ini dan ingin mengembangkan usahanya, baca kiat sukses mengembangkan usaha gerobak kaki lima berikut ini.

  1. Membuat laporan catatan keuangan

Setiap Anda menjalankan usaha, Anda harus wajib memiliki catatan laporan keuangan. Meskipun hanya catatan sederhana, namun catatan tersebut tetaplah penting. Laporan keuangan tersebut digunakan untuk mengetahui dengan pasti jumlah modal, biaya operasional sehari, dan keluar masuknya biaya, terutama hasil keuntungan. Selain itu, laporan keuangan juga sangat berfungsi sebagai kontrol atau mengetahui kepastian keuntungan yang dapat digunakan untuk kebutuhan harian dan bagaimana saja yang harus disisihkan untuk ditabung dan digunakan untuk mengembangkan usaha.

Kiat Sukses Mengembangkan Usaha Gerobak Kaki Lima

  1. Penentuan harga jual yang tepat

Pastikan harga makanan dan minuman bersaing dengan penjual lainnya. Hampir semua makanan dan minuman kaki limi memiliki banyak pesaing. Harga merupakan salah satu faktor penting untuk memenangkan persaingan di tengah banyaknya produk yang sama di pasaran. Sebaiknya cantumkan harga di daftar menu agar pembeli tidak bertanya-tanya tentang harga produk, dan menyebabkan ragu untuk membeli produk anda.

Baca juga: Cara Menghadapi Pesaing Bisnis Dalam Persaingan Harga

  1. Adanya SDM

Adanya karyawan harus sesuai dengan kebutuhan usaha. Jangan terlalu banyak dan terlalu sedikit. Gunakan karyawan secukupnya saja. Buat peraturan yang jelas mengenai hubungan antara pemilik dan karyawan. Hak dan kewajiban harus jelas dan diketahui oleh karyawan sejak pertama bekerja. Berikan gaji yang sesuai dengan perkembangan usaha. Berikan bonus sesuai dengan peningkatan omset usaha, ini akan bertujuan meningkatkan kinerja para karyawan.

  1. Produk Andalan

Sebuah tempat usaha akan dikenal dengan menu anfalannya, terutama yang menyajikan vaariasi menu yang menarik. Tidak sedikit juga pemilik usaha yang member nama usahanya berasal dari nama menu andalan.

  1. Menyisihkan keuntungan untuk pengembangan usaha

Sebagian keuntungan harus disisihkan untuk persiapan mengganti perlengkapan usaha yang rusak atau hilang. Salah satu criteria keberhasilan usaha makanan dan minuman adalah semakin berkembangnya usaha. Misalnya, jumlah karyawan bertambah, tempat usaha semakin besar dan dapat menampung lebih banyak pembeli, atau cabangnya terus bertambah.

  1. Tingkatkan mutu pelayanan

Meski usaha Anda bertaraf kaki lima, pelayanan juga harus professional. Jangan biarkan pembeli menunggu pesanan terlalu lama. Prioritaskan pembeli yang datang awal. Selalu bersikap ramah terhadap pembeli, ini akan membuat konsumen menjadi puas. Sebelumnya, beri pelatihan kepada para karyawan secara teknis maupun cara melayani agar mereka bekerja sesuai peraturan.

  1. Membuka cabang

Membuka cabang juga memberikan beberapa keuntungan. Antara lain produk yang dijual dan merek usaha lebih dikenal masyarakat. Membuka cabang tersebut tidak harus menggunakan modal sendiri. Sistem bagi hasil menggunakan modal tambahan dari orang lain atau sistem waralaba merupakan cara cepat untuk pertumbuhan usaha.

  1. Selalu perhatikan kondisi area

Menjaga kebersihan menjadi faktor yang sangat penting bagi usaha makanan dan minuman. Kebersihan yang dimaksud meliputi kebersihan tempat, perlengkapan, dan makanan. Tidak hanya itu, kebersihan dan kerapihan pelayanan atau penjual perlu diperhatikan.

  1. Kreatif dan tekun

Tidak ada cara lain untuk mewujudkan mimpi memiliki usaha makanan dan minuman selain memulainya dan bekerja keras serta cerdas untuk membuatnya lebih berkembang.
Kreativitas harus terus digali untuk menciptakan hal-hal baru pada usaha yang dijalankan. Seluruh aspek usaha mulai dari produk, pelayanan, harga, hingga teknik pengelolaan karyawan terus digali hingga didapatkan yang terbaik.

Semoga informasi tentang “Kiat Sukses Mengembangkan Usaha Gerobak Kaki Lima” di atas bermanfaat. Salam sukses!!

Baca juga:

Leave a Reply