Kecewa Jadi Mitra Usaha Fried Chicken, Kini Beromset Miliaran Dengan 200 Mitra

Pengalaman mengecewakan yang dialami Ruly Parulian ketika menjadi mitra salah satu waralaba fried chicken mengantarkannya menjadi salah satu pengusaha sukses. Dengan modal nekat, pria yang akrab disapa Ruly ini mampu membangun Krenchise Fried Chicken sendiri hingga memiliki sekitar 200 mitra dalam waktu satu tahun.  Seperti apa usaha kuliner fried chicken yang menawarkan dua sistem kerja sama ini?

Awal Usaha Krenchise Fried Chicken

Prospek menjanjikan di usaha kuliner khususnya olahan ayam menjadi incaran banyak pelaku usaha. Salah satunya Ruly Parulian yang memutuskan untuk membangun usaha fried chicken dengan nama Krenchise Fried Chicken pada Januari 2015.

Kekecewaan ketika menjadi salah satu mitra waralaba fried chicken membuat pria yang akrab disapa Ruly ini banyak belajar. Dijelaskan pria 29 tahun ini, banyak hal yang tidak mengenakkan ketika ia menjadi mitra, berbagai permasalahan kerap menghampiri mulai dari keterlambatan distribusi bahan baku hingga kurangnya kepedulian pusat terhadap pengembangan para mitra membuat Ruly memutuskan untuk tidak memperpanjang kontrak kerjasama yang telah berlangsung selama 4 tahun.

Dengan pengalaman yang dimiliki, Ruly mulai membangun usaha fried chicken sendiri. Bermodalkan uang pinjaman bank sebesar Rp 50 juta, Ruly mempersiapkan semua keperluan usahanya dari nol. “Dengan modal nekat, saya mulai meracik usaha dari nol. Pada tanggal 21 Januari 2015 saya resmi membuat merek dagang saya sendiri Krenchise Fried Chicken,” ungkapnya.

Walau menggunakan merek baru namun respons masyarakat sangat luar biasa. Bahkan hanya dalam waktu tiga bulan pria yang menjalankan usaha pertamanya di Kota Bandung ini sudah dapat melunasi pinjaman modal usaha.

Kecewa Jadi Mitra Usaha Fried Chicken, Kini Beromset Miliaran Dengan 200 mitra

Krenchise Fried Chicken Renyah di Luar Lembut di Dalam

Banyak hal yang membuat Krenchise Fried Chicken dapat berkembang cepat. Mulai dari kualitas rasa fried chicken yang ditawarkan yang memadukan kerenyahan kulit tepung dan daging ayam yang lembut serta penggunaan bahan baku rempah pilihan yang membuat Krenchise Fried Chicken memiliki cita rasa yang khas.

Adanya beberapa pilihan sambal yaitu manis, pedas dan double hot sebagai teman menyantap fried chicken dan harga yang pas dikantong, yaitu Rp 7 ribu untuk sayap dan Rp 8,500 untuk bagian dada atau paha atas. “Ukuran ayam yang kami tawarkan pun tergolong besar, pokoknya puas dan kenyang makan Krenchise,” ungkapnya.

Peluang Bisnis Menjadi Mitra Krenchise Fried Chicken

Walaupun baru berdiri, Ruly tidak ragu menawarkan kerjasama usaha bagi siapa saja yang ingin memiliki usaha fried chicken. Dengan pengalaman kecewa dengan sistem kerjasama yang dialaminya membuat Ruly tidak mau hal tersebut terjadi pada para mitra usahanya.

Ada dua sistem kerjasama yang ditawarkan yaitu sistem mitra mandiri dengan investasi Rp 13,5 juta dan mitra bersama dengan investasi Rp 16,8 juta. Untuk mitra mandiri akan mendapatkan semua keperluan usaha pelatihan, bahan baku, serta kiat sukses menjalankan usaha. Lisensi usaha berlaku seumur hidup dan tidak ada royalti yang diambil dari mitra tiap bulannya. “Yang penting mitra membeli bahan baku dari pusat dan semua keuntungan penjualan 100% menjadi milik mitra,” tambah Rully.

Sedangkan untuk sistem mitra bersama, mitra hanya menanamkan investasi sedangkan untuk jalannya usaha dilakukan oleh pihak pusat. Dengan bagi hasil usaha setiap bulan sebesar 40% untuk mitra dan 60% untuk pusat. “Disini mitra tidak perlu repot lagi mencari pegawai dan lokasi usaha, semua diserahkan oleh pihak Krenchise Fried Chicken. Namun mitra bersama ada perpanjangan lisensi usaha setiap tahunnya sebesar Rp 1 juta (perpanjangan dimulai di tahun ketiga ),” jelasnya.

Yang menarik, bila mitra bersama telah memiliki 10 lisensi usaha Krenchise (TOP MITRA) akan mendapatkan 5% dari keuntungan seluruh counter yang dikelola pihak Krenchise setiap bulan.

Untuk menjadi mitra Krenchise, Ruly memberikan beberapa persyaratan yang mudah, yaitu cukup dengan datang langsung ke kantor pusat Jalan Ujung Bening Indah No. 2 Bandung. Jawa Barat dengan membawa foto copy KTP, foto berwarna ukuran 3×4, dan materai 3 lembar, ”Jika semua persyaratan telah dipenuhi dan calon mitra telah mendapatkan penjelasan usaha maka mitra diperkenankan mengisi formulir pendaftaran dan membayar DP 50%,” ungkapnya.

Disinggung soal balik modal, Ruly mengaku paling cepat mitra mandiri akan balik modal dalam waktu tiga bulan, dengan asumsi penjualan rata-rata 10 ekor per hari. Namun untuk mencapai target tersebut Ruly menyarankan calon mitra memilih lokasi yang strategis dalam membuka usahanya terutama seperti di jalan-jalan utama kota atau bisa pula di lingkungan sekolah yang di dalamnya terdapat tiga jenjang pendidikan mulai dari SD, SMP hingga SMA.

Dengan prospek yang menjanjikan di usaha kuliner fried chicken ini, membuat Ruly tidak butuh waktu lama untuk mengembangkan usahanya. Dalam waktu 14 bulan Ruly sudah memiliki sekitar 200 mitra yang kebanyakan tersebar di Jawa Barat serta omset yang mencapai Rp 1 milyar per bulannya. “Yang sudah jalan sebanyak 168 mitra dan sekitar 50 sedang dalam persiapan pembukaan dalam waktu dekat,” tuturnya.

Meski memiliki omset yang besar, Ruly menuturkan masih ada beberapa kendala yang dihadapinya dalam menjalankan usaha ini seperti mencari lokasi usaha yang pas, dan pengelolaan SDM/pegawai yang sesuai dengan kriteria yang diinginkan.

Info Lebih Lanjut Hubungi :

Krenchise Fried Chicken
(CV. Salikur Nusantara)
Perumahan Putrako Indah, jalan Ujung berung Indah No. 2 Bandung (40611)
Telepon/HP: (022) 781 4689 / 0878 2553 3101
PIN BB : 517CD5E5
Email : rulyparulian21@gmail.com
Blog/web: krenchise.blogspot.com

Baca juga:

Leave a Reply