Insan Medika ~ Sukses Bisnis Startup Dengan Layanan Homecare Visit

Salah satu peluang bisnis yang pernah mati mati adalah usaha jasa di bidang kesehatan. Kenapa demikian?  Karena semua manusia normal pasti mengalami problem kesehatan / jatuh sakit sehingga bisnis yang berhubungan dengan kesehatan akan selalu dibutuhkan dan sangat menjanjikan.

Usaha jasa dalam bidang kesehatan tidak hanya sebatas menemukan dokter dan berkonsultasi masalah penyakit di dalam tubuh. Seperti halnya yang ditawarkan oleh Insan Medika melalui layanan perawat home care untuk berbagai kebutuhan. Simak informasi lengkap dari bisnis startup ini di sini.

Awal Usaha Insan Medika

Bukan cuma bisnis para pemain besar yang melejit. Para pengusaha level usaha kecil dan menengah (UKM) pun masih bisa merasakan gurih cuan di bisnis kesehatan. Seperti salah satunya adalah Insan Medika, berdiri sejak tahun 2013, di Jember, Jawa Timur dengan nama CV Insan Medika Persada. Setahun kemudian Insan Medika pindah ke Yogyakarta dan resmi berbadan hukum Perseroan Terbatas menjadi PT Insan Medika Persada. Pada tahun 2016 Insan Medika membuka kantor di bilangan Jakarta Barat.

“Bisnis startup ini didirikan sejak 2013 dengan lika-liku cerita yang cukup rumit. Awalnya bisnis ini masih berupa lembaga pelatihan bagi tenaga kesehatan lulusan SMK Di Jember, Jawa Timur,” ujar Try Wibowo, Direktur PT Insan Medika Persada.

Try Wibowo menuturkan awal mula mendirikan bisnis ini lantaran terinspirasi oleh sang ibunda yang dari tahun 1996 mendirikan Lembaga Pelatihan untuk Babysitter dan Asisten Perawat. Dari sanalah ia banyak belajar bagaimana mengelola SDM dan memasarkan SDM kita ke calon konsumen.

Insan Medika ~ Sukses Bisnis Startup Dengan Layanan Homecare Visit

“Tahun 2010 selepas bekerja di Bali saya membuka cabang Lembaga Pelatihan di Jember, dari sana saya memiliki ide untuk membuat layanan Home Care sendiri tanpa embel-embel dari orangtua,” beber pria yang kerap disapa Bowo ini.

Jenis Layanan Insan Medika

Adapun layanan yang ditawarkan di Insan Medika ini, seperti staff untuk pendampingan Pasien (layanan stand by) berupa caregiver (Non Medis) serta Perawat ICU (Medis) yang tinggal dengan pasien. Layanan berikutnya adalah Home Care Visit (Layanan Kunjungan) seperti  perawatan luka, pemasangan alat medis hingga fisioterapi. Selain itu kami menawarkan jasa sewa & setting alat medis bagi pasien yang menghendaki perawatan selayaknya ruangan ICU di rumah sendiri seperti ventilator, oksigen.

Perusahaannya ini hanyalah mengandalkan IT/Website atau internet dalam memasarkan jasa kepada konsumen. Jadi Insan Medika tidak banyak memiliki banyak gerai. Kantor Jakarta sebagai kantor pemasaran, terkadang ada calon user yang datang di Kantor Jakarta. Untuk Kantor Yogyakarta saat ini ia pusatkan sebagai kantor pelatihan dan recruitmen.

Bowo mengatakan bahwa rentang harga yang ditawarkan mulai dari 3 juta hingga 7 juta rupiah untuk jasa staff caregiver atau perawat stand by per bulannya, tergantung dari jenis layanan Medis atau Non Medis. Untuk biaya administrasi pengambilan Rp 2.5 juta. Sedangkan untuk Layanan Kunjungan kami memator tarif Rp 150 ribu s/d Rp 300 ribu per tindakan / jam serta Rp 350 ribu hingga Rp 600 ribu per 12 jam.

Pasar di bisnis startup ini dinilai Bowo sangat potensial dan menguntungkan. Kompetitor lainnya adalah Kanopi Insan Sejahtera dan Ozora Home Care yang sama-sama menyediakan layanan perawatan ke rumah.

Menanggapi persaingan ini, Bowo mengatakan bahwa strategi yang diusung untuk memenangkan pasar adalah lebih banyak menyediakan tenaga profesional dengan pendidikan yang spesifik di bidang kesehatan. Khususnya, seperti telah dijelaskan diatas, dengan latar belakang pendidikan D3 hingga S1.

“Banyak penyedia layanan serupa hanya menyediakan perawat tanpa pendidikan spesifik dibidang kesehatan, sedangkan Insan Medika benar-benar memberikan dengan background pendidikan terkait,” tutupnya.

Info lebih lanjut mengenai bisnis startup ini, hubungi:

Insan Medika
Website: www.insanmedika.co.id

Baca juga:

Leave a Reply