Inovasi Rasa, Strategi Agar Usaha Kedai Susu Bertahan Lama

Fenomena maraknya usaha kedai susu di berbagai daerah, mengingatkan kita pada booming kedai kopi pada beberapa tahun lalu. Meski menawarkan menu yang berbeda, namun kedua jenis usaha ini mendatangkan untung yang besar.

Hangout di mall, cafe hingga resto sudah menjadi gaya hidup masyarakat Indonesia. Maka tidak heran di berbagai daerah tumbuh subur usaha-usaha yang menawarkan tempat nongkrong yang asyik dengan berbagai menu andalan. Celah ini pula yang dibidik para pelaku usaha kreatif dengan membuka usaha kedai susu yang menyasar segmentasi anak muda. Usaha yang menawarkan menu utama segelas susu hangat/dingin ini diminati karena menawarkan suasana yang nyaman untuk berkumpul bersama teman-teman, keluarga atau pun kolega bisnis. Dengan mencontoh konsep yang sama seperti kedai kopi, para pelaku usaha kedai susu ini sukses memperoleh keuntungan yang besar dari maraknya fenonema kedai susu ini.

Strategi Usaha Kedai Susu

Nah, sebelum memulai usaha kedai susu, hal yang harus diperhatikan adalah mencari tahu, mencatat apa saja kekurangan dari usaha tersebut dan menganalisa pasar akan menu yang akan dijual. Tujuannya adalah agar usaha Anda tidak memiliki kelemahan. Selanjutnya membuat rencana bisnis mulai dari berapa pengeluaran untuk membeli peralatan dan bahan baku, hingga prediksi pemasukan yang akan diterima yang berguna dalam menentukan harga jual.

Apapun pilihan konsepnya, varian rasa yang berbeda dengan para pesaing perlu dimiliki agar bisa menarik pelanggan. Namun bila memilih konsep resto atau cafe, maka harus pandai memilih lokasi, mengingat investasi yang dikeluarkan terbilang besar. Selain itu, Anda harus mempersiapkan modal kerja untuk enam bulan ke depan untuk mengantisipasi hal yang tidak terduga.

Inovasi Rasa, Strategi Agar Usaha Kedai Susu Bertahan Lama

Untuk dapat memenangkan persaingan, faktor kebersihan dan pelayanan yang baik bisa menjadi faktor utama dalam menarik pembeli. Dengan memberikan pelayanan ekstra pada pembeli dan membuat mereka merasa nyaman, tentunya para pelanggan akan lebih loyal. Namun tetap harus menghadirkan variasi rasa baru agar pelanggan tidak cepat bosan dengan menu yang ditawarkan. Pasalnya, usaha kedai susu sangat tergantung pada inovasi yang dilakukan yang membuat usaha ini bisa bertahan lama.

Kendala Usaha Kedai Susu

Kendala utama yang dihadapi para pelaku usaha kedai susu yang baru mulai merintis adalah faktor sumber daya manusia yang kurang memadai. Selain itu, di awal menjalankan bisnis ini, pelaku usaha mungkin akan menemui kendala pada strategi pemasaran. Terutama ketakutan apakah varian menu yang dijual akan diterima pasar atau tidak. Di samping itu, kendala lainnya yang sering dijumpai adalah bahan baku susu segar cepat basi sehingga tidak dapat digunakan.

Menentukan harga jual yang sesuai dengan lokasi usaha juga sangat penting. Jika usaha ditujukan kepada pelajar, dengan lokasi usaha yang berdekatan dengan sekolah, tentu harga yang ditawarkan juga harus menyesuaikan dengan uang jajan pelajar tersebut.

Baca juga:

Leave a Reply