Info Waralaba Minuman Teh Poci, Usaha Modal Kecil Untungnya Lumayan

Pernahkan Anda bertanya bagaimana asal mula teh itu ada? Siapakah yang menemukan teh pertama kali? Yang kita tahu teh sudah ada sejak kita lahir bukan? Nah, ini sedikit informasi yang saya rangkum mulai dari asal usul ditemukannya teh hingga adanya peluang bisnis franchise alias tawaran menarik untuk menjadi mitra usaha atau franchisor Teh Poci.

Asal Usul Ditemukannya Teh

Menurut legenda, teh ditemukan pertama kali oleh Kaisar Shen Nung dari China sekitar tahun 2737 sebelum Masehi. Penemuannyapun tanpa disengaja, yaitu saat Kaisar Shen Nung merebus air, beberapa helai daun teh terjatuh dan masuk ke air rebusan tersebut.  Kaisar yang juga seorang penyembuh merasa penasaran lalu mencicipi air yang sudah berubah warna kecoklatan. Dan ternyata air rebusan daun teh memiliki aroma yang nikmat dengan rasa sedikit sepat namun menimbulkan efek yang baik pada tubuh.

Ceritanya lagi, pada tahun 780 Masehi seorang cendikiawan bernama Lu Yu membukukan temuan-temuan dan manfaat Teh berjudul “The Classic of Tea”.  Buku ini tersebar dan menjadi kitab suci minuman teh terutama di negeri China.  Dalam buku tersebut teh digambarkan sebagai minuman yang memiliki khasiat tinggi menyehatkan tubuh, membuat perasaan menjadi lebih ringan dan segar setelah meminumnya. Mencegah rasa kantuk serta meningkatkan kemampuan berpikir.

Bagaimanakah Awalnya Teh Masuk ke Indonesia?

Sekitar abad ke 17 melalui seorang kebangsaan Jerman bernama Andreas Cleyer, Teh masuk ke Indonesia. Ia setibanya dari Jepang menanam tanaman teh sebagai tanaman hias di rumahnya di Batavia.  Kemudian di tahun 1694, dikabarkan tanaman teh juga terdapat di rumah seorang Gubernur Jenderal VOC bernama Champuys di Batavia.

Barulah sekitar abad ke-18, mulai terdapat pabrik-pabrik pengolahan teh yang mendapat dukungan dari VOC (jaman pemerintahan Gubernur Jenderal Van Den Bosch) karena pada jaman itu, pengolahan teh menjadi hal yang serius dan dianggap sukses dalam dunia bisnis.  Banyak perkebunan teh dan pengolahannya terdapat di pulau Jawa. Bahkan di tahun 1835, teh dari Indonesia sudah menyebar masuk ke pasar Eropa. Pertama kali teh kering olahan dari jawa tercatat diterima di Amsterdam pada tahun yang sama.

Teh di Indonesia, dari Teh Bubuk hingga Teh Siap Minum

Teh dulu dengan teh sekarang jika dilihat dari khasiatnya tentunya tidak berbeda. Selain untuk melepas dahaga, manfaat teh terhadap kesehatan tubuh tidak diragukan lagi. Jika dilihat dari segi kemasan atau penyajiannya sudah jauh bertransformasi. Dulu kita mengenal teh bubuk atau daun teh yang dikeringkan dengan penyajian yang diseduh air panas, direndam beberapa saat hingga zat teh dan warna kemerahannya keluar lalu disaring sebelum diminum. Setelah sekian tahun kemudian kita mengenal namanya teh celup.  Teh celup memang lebih praktis dari teh bubuk walaupun masih harus diseduh dengan air panas dulu.

Kini di era milineum, segala jenis teh dengan varian rasa ditawarkan kepada masyarakat semua kalangan. Mulai dari anak-anak, remaja dan dewasa, orang tua termasuk jenis teh yang diperuntukkan untuk kesehatan atau diet khusus. Kemasannya pun sudah sangat praktis. Tinggal minum saja.

Teh siap minum sudah sangat berkembang saat ini.  Begitu banyak jenis teh dan cara penyajian yang berbeda-beda. Teh adalah jenis minuman yang paling sederhana setelah air putih, selain sehat harganyapun murah menjadikan teh banyak digemari. Ada es teh, teh dengan berbagai varian rasa atau aroma seperti aroma melati, rasa buah-buahan dan teh yang disajikan dengan kue.

Banyak pelaku usaha yang mengambil kesempatan untuk meraup untung dalam bisnis minuman teh. Khususnya minuman teh siap saji.  Jenis usaha teh yang menawarkan franchise adalah Teh Poci.

Bisnis Franchise Minuman Teh Poci, Modal Kecil Untungnya Lumayan

Saat ini bisnis minuman teh berkembang sangat pesat di masyarakat Indonesia. Selain minuman teh siap saji yang memang sedang populer di Indonesia, modal usaha yang dibutuhkan juga sangat terjangkau.  Salah satunya adalah bisnis minuman Teh Poci.

Franchise Teh Poci dikendalikan oleh perusahaan yang terpercaya dan sudah memiliki cabang di beberapa wilayah Indonesia. Berikut adalah beberapa analisa yang bisa dipakai acuan dalam membuat keputusan sebelum menjadi franchisor usaha minuman Teh Poci.

Info Waralaba Minuman Teh Poci, Usaha Modal Kecil Untungnya Lumayan

1. Variasi Teh Poci

Pada umumnya teh memiliki rasa yang sama. Namun Teh Poci menyajikan varian rasa yang berbeda dengan teh pada umumnya. Varian rasa yang ditawarkan sangat cocok dengan tuntutan konsumen di semua kalangan. Selain rasanya yang menyegarkan dan manis, varian rasa buah jeruk, melon dan berbagai varian lainnya membuat Teh Poci disukai anak-anak dan orang dewasa.

2. Kemasan yang Menarik dan Praktis

Dalam dunia usaha, selain produk dengan kualiatas baik, kemasan juga adalah hal yang penting untuk diperhatikan.  Kemasan yang baik akan membuat kepuasan dan perasaan nyaman kepada pelanggannya. Apalagi yang berhubungan dengan produk makanan/minuman.  Nah, Teh Poci menawarkan kemasan yang sangat praktis, mudah dibawa dan sangat moderen. Teh Poci dikemas dalam kemasan cuo yang sudah dilengkapi lebel sehingga dijamin kenyamanan serta kepuasan pembelinya.

3. Harga yang Terjangkau Konsumen

Harga Teh Poci pada umumnya antara Rp 2500 untuk small cup dan Rp 3000 untuk jumbo  cup.  Harga yang bisa dikatakan murah untuk Teh Poci dengan rasa yang enak dengan kemasan yang menarik. Wajar saja Teh Poci laris manis di pasaran di berbagai skala konsumen  mulai dari anak sekolah, mahasiswa, pegawai kantoran hinggu umum.

4. Harga Mitra yang Terjangkau

Selain produknya populer di masyarakat, modalnya pun ringan dan sesuai dengan keinginan pemiliknya. Franchise Teh Poci memerlukan modal Rp 5 juta dan Rp 7 juta. Perbedaan modal yang dibutuhkan adalah fasilitas yang akan diterima.  Beberapa fasilitas yang akan diterima mitra seperti : meja counter, cooler box, termos, mesin pembuat teh, teko listrik, saringan dan berbagai jenis perlengkapan lain.

5. Analisis Keuangan Bisnis Teh Poci

Dalam dunia bisnis, memiliki target tentunya adalah salah satu kunci keberhasilan. Target tidak hanya berupa kepuasan pelanggan tetapi juga tingkat penjualan yang memang telah direncanakan agar bisnis tetap bisa berlanjut bahkan semakin berkembang. Analisanya kira-kira sebagai berikut:

  • Biaya investasi awal : Rp 5.000.000
  • Target penjualan rata-rata per hari : 70 cups
  • Harga jual per cup : Rp 2.500 (small cup)
  • Omset per bulan : Rp 2.500 x 30 hari x 70 cups = Rp 5.250.000
  • Ilustrasi perhitungan Modal Kerja:
  • Modal teh Poci per cup : Rp 1.219
  • Target penjualan rata-rata per hari: 70 cups
  • Jumlah hari kerja : 30 hari
  • Modal Kerja per bulan : 30 hari x 70 cups x Rp1.219 = Rp 2.559.900
  • Biaya variable :
  • Sewa tempat : Rp 500.000
  • Gaji pegawai : Rp 700.000
  • Modal Kerja : Rp 2.559.900+

Total                     : Rp 3.759.900

  • Laba / keuntungan : Rp 5.250.000 – Rp 3.759.900 = Rp 1.490.100
  • O.I (Return of Investment) / Balik Modal = Rp 5.250.000 : Rp 1.490.100 = 3.4 bulan
  • Catatan: analisis / perhitungan diatas hanyalah ilustrasi jadi belum tentu menjamin anda akan mendapatkan hasil yang sama.

Berikut adalah list Franchise Teh Poci yang bisa anda hubungi:

Offices : Jakarta

  • Alamat : Jl. H.Samali No 07, Pejanten Barat, Pasar Minggu, Jakarta Selatan
  • Contact : (021) 7971360
  • Fax : (021) 7985015

Offices : Bandung

  • Alamat : Jl. Sumedang No 8, Belakanga Polresta Bandung Tengah, Bandung
  • Contact : (022) 7208448

Offices : Medan

  • Alamat : Jl. Karya Wisata Kompleks Perum Citra Wisata Blok VIII No 8, Pangkalan Masur, Medan Johor
  • Contact : (061) 7863621

Offices : Semarang

  • Alamat : Jl. Pamularsih Raya No 64 Semarang, Jawa Tengah
  • Contact : (024) 76632656

Offices : Yogyakarta

  • Alamat : Jl. Mangkuyudan No 5B Jogjakarta 55143 Jawa Tengah
  • Contact : (0274) 371621

Offices : Surabaya

  • Alamat : Jl. Kompleks Pergudangan Central Square Jl. A.Yani No 41-43 Blok F34, Gedangan, Sidoarjo
  • Contact : (031) 8557069

Offices : Bali

  • Alamat : Jl. Buana Raya No 44, Padang Sambian, Denpasar
  • Contact : (0361) 412018

Offices : Makasar

  • Alamat : Jl. Raya Pendidikan Blok G1 No 54 Kel Tidung kec Rapocini, Makasar, Sulsel
  • Contact : (0413) 561779

Demikian “Info Waralaba Minuman Teh Poci, Usaha Modal Kecil Untungnya Lumayan”, semoga bermanfaat.

Baca juga:

14 thoughts on “Info Waralaba Minuman Teh Poci, Usaha Modal Kecil Untungnya Lumayan

    • Coba Bapak Eka hubungi dulu kontak berikut:.
      Offices : Surabaya
      Alamat : Jl. Kompleks Pergudangan Central Square Jl. A.Yani No 41-43 Blok F34, Gedangan, Sidoarjo
      Contact : (031) 8557069
      Semoga sukses dalam usahanya!!

  1. slmt mlm.. sya berminat untuk buka franchise teh poci.. apakah daerah bekasi ada kontak yg bisa di hubungi? terimakasih

    • Coba Mas Sepri hubungi:
      PT. Poci Kreasi Mandiri Cab. Lampung
      Jl. Gatot Subroto Gg. Pandawa 2 No. 26 Kel. Garuntang
      Kec. Teluk Betung selatan, Bandar Lampung
      Telp. 0828 8066 1111

Leave a Reply