Hal / Faktor Apa Yang Menjadi Pertimbangan Jasa Pengiriman Barang Dalam Bisnis Online?

Pengiriman barang menjadi jantung bisnis online. Begitu barang tidak sampai ke tangan konsumen dengan baik maka nama baik penjual bisnis online akan tercoreng. Makanya lebih bijak memilih jasa pengiriman / kurir.

Memilih jasa pengiriman barang menjadi faktor penting bagi pelaku bisnis online. Karena jasa pengiriman merupakan perpanjangan tangan dari toko online agar barang bisa sampai ke tangan konsumen.

Kebanyakan pelaku bisnis online memanfaatkan perusahaan jasa pengiriman untuk barang yang akan diberikan ke konsumen baik antar kota maupun antar luar kota. Alasannya, hal itu memudahkan dan mengurangi biaya dibandingkan harus mempunyai tenaga ekspedisi sendiri.

Kalau kemampuan perusahaan kurir kebanyakan sudah bisa menjangkau dari Sabang sampai Merauke, ini pasti mempermudah pelakku e-commerce. Menggunakan kurir pihak ketiga lebih dikarenakan faktor efisiensi. Penjual online tinggal mengurus sampai ke pengemasan saja.

Adapun kriteria yang biasanya dipilih oleh para pelaku e-commerce adalah perusahaan kurir yang cukup dikenal, jangkauannya luas, kecepatan waktu pengiriman dan perlakuan terhadap barang yang dikirim. Ketepatan waktu ke konsumen menjadi prioritas pelaku e-commerce. Makanya saat memilih jasa pengiriman, jangan pernah ragu untuk menanyakan estimasi waktu pengiriman.

Hal / Faktor Apa Yang Menjadi Pertimbangan Jasa Pengiriman Barang Dalam Bisnis Online?

Memilih Jasa Pengiriman Barang Dalam Bisnis Online

Nah, jika Anda sudah menjadi pelaku bisnis online, ada baiknya segera menjalin kerjasama dengan kurir terdekat di tempat Anda tinggal. Karena letaknya yang dekat, Anda bisa mengantarkan order yang masuk dengan lebih cepat. Syukur-syukur, mereka punya fasilitas penjemputan barang ke lokasi Anda. Makanya, Anda pelu mencari tahu jasa pengiriman mana yang mempunyai agen-agen lebih banyak.

Nah, soal perlakuan terhadap barang, Anda bisa sedikit menanyakan kepada konsumen Anda. Seperti apa barang tersebut saat mereka terima. Dengan demikian Anda pun bisa melihat kinerja kurir tersebut. Dari situ akan kelihatan apakah barang saat diterima itu bungkusannya dalam keadaan baik atau tidak.

Nah, hal apa saja yang menjadi pertimbangan untuk memilih jasa pengiriman? Berikut ada beberapa tips dalam memilih jasa kurir.

Menentukan Ongkir Jasa Pengiriman Barang Dalam Bisnis Online

Kebanyakan pelaku bisnis online pasti sudah hafal tarif untuk jasa pengiriman. Hampir semua perusahaan jasa pengiriman memiliki tarif yang biasanya ditampilkan di website masing-masing. Biaya ini menentukan harga yang akan diberikan ke konsumen saat membeli barang.

Apalagi buat Anda yang biasa memberikan jasa gratis ongkos kirim. Karena dengan mengetahui biaya tarif, Anda bisa memasukkan biaya pengiriman itu ke harga yang akan ditetapkan untuk sebuah barang. Bayangkan jika Anda member layanan free ongkos kirim, ternyata barang itu harus dikirim ke daerah yang biaya pengirimannya besar. Padahal margin keuntungan yang didapat dari barang itu lebih kecil dibandingkan jasa pengirimannya.

Selain soal tarif, anda juga perlu menanyakan alamat lengkap konsumen. Hal ini membuat paket barang bisa lebih cepat ke tangan konsumen. Karena sering ada kasus terjadi, di mana barang yang dikirim lama mendarat ke tangan konsumen karena alamat tidak lengkap.

Tarif jasa pengiriman juga beragam, tergantung darerah yang akan dituju. Nah, bagi Anda pelaku bisnis online, ada baiknya detil untuk menanyakan kepada konsumen soal alamat pengiriman. Karena di beberapa daerah tertentu, misalnya saja Bandar Lampung, tarif pengiriman ke kota dengan kabupaten akan jauh berbeda.

Selain daerah yang dituju, estimasi waktu pengiriman juga menentukan biaya. Di beberapa perusahaan jasa pengiriman memiliki layanan ekspres dengan estimasi satu hari sampai ke tangan konsumen.

Di PT Tiki Jalur Nugraha (JNE) ada yang namanya paket Yakin Esok Sampai (YES). Sementara di Citra Van Titipan Kilat (TIKI) ada paket yang namanya One Night Service (ONS). Tentu saja untuk paket-paket ini harganya lebih mahal dibandingkan yang biasa. Namun, dengan paket yang lebih cepat sampai membuat konsumen akan lebih puas.

Coverage Area

Kebanyakan jasa pengiriman memang sudah hampir menjangkau daerah-daerah di berbagai pelosok Indonesia. Namun, ada beberapa daerah yang memang tak bisa didatangi oleh jasa pengiriman, tapi Anda masih bisa memilih PT Pos Indonesia yang bisa menjangkau seluruh daerah di Indonesia. Memang ada daerah tertentu yang tak bisa dijangkau oleh jasa pengiriman swasta lainnya. Kalaupun ada harganya pasti akan lebih mahal dibandingkan Pos Indonesia.

Sistem Layanan Jasa Pengiriman

Selain tarif, penjual online juga perlu memperhatikan layanan dari jasa pengiriman ke penjual online adalah sistem layanan barang yang akan Anda kirim tidak perlu Anda bawa ke agen jasa pengiriman. Kebanyakan agen-agen bisa mengambil barang yang akan Anda kirim. Nah, jika ada jasa pengiriman seperti ini maka akan memudahkan pelaku bisnis online. Terutama untuk barang-barang yang jumlahnya banyak dan cukup berat.

Selain itu, kebanyakan jasa pengiriman juga memanjakan para penerima barang atau konsumen dari bisnis online. Ada beberapa perusahaan jasa pengiriman yang menyediakan fasilitas barang itu bisa dititipkan ke agen untuk sementara.

Misalnya JNE yang memiliki layanan Pickup Point (PIPO). Dengan layanan ini, pelanggan JNE dapat meminta paket atau barang dikirimkan ke Kantor perwakilan (KP) JNE yang menyediakan layanan PIPO serta dilengkapi dengan fasilitas penyimpanan khusus.

Penerima paket bisa mengambil pada waktu yang diinginkan, sehingga aktivitasnya sehari-hari tidak terganggu. Pengirim juga tak perlu khawatir barang tidak sampai karena kurir datang saat penerima tidak berada di tempat.

Nah, tentu saja fasilitas ini akan memanjakan konsumen dan membuat pelaku bisnis online juga semakin sumringah. Maklum, kadang ada kasus barang yang sudah dikirim ternyata harus kembali ke penjual online dengan alasan penerima alias konsumen tidak sedang berada di alamat kiriman.

Sistem Tracking

Setelah barang dikirim melalui jasa pengiriman, pelaku bisnis online akan mendapatkan nomor resi. Dengan nomor resi ini, konsumen bisa melacak status pengiriman melalui situs resmi perusahaan kurir.

Nomor resi ini yang diberikan ke konsumen begitu barang sudah dimasukkan ke jasa pengiriman. Member nomor resi ke konsumen menjadi semacam kewajiban para pelaku bisnis online karena dengan memberikan nomor resi artinya kewajiban untuk pengirim barang sudah selesai. Penjual online sudah bisa dianggap tidak menipu.

Nah, sistem tracking di masing-masing jasa pengiriman memang agak berbeda-beda. Ada perusahaan yang memiliki sistem tracking bagus. Tetapi ada juga yang memang agak lama saat memasukkan kode resi itu ke mesin pencari di situs resmi jasa pengiriman. Nah, sistem tracking ini juga menjadi salah satu pertimbangan dalam memilih jasa pengiriman.

Nah, kalau begini bisa jadi pelaku bisnis online harus kembali mengeluarkan biaya untuk mengirim kembali barang itu. Jadi, jasa pengiriman kurir mana yang akan Anda jadikan partner?

Baca juga: Bagaimana Strategi / Kiat Menentukan Jenis Bisnis Toko Online?

Leave a Reply