Gugi Argamula, Pemilik Rematch Distro ~ Sukses Jual Ribuan Kaus Bola Tiap Bulan

Perjalanan usaha Gugi Argamula patut diacungi jempol. Pasalnya hanya dalam setahun, Gugi mampu meraup omset hingga Rp 100 juta per bulan dari usaha kaos bertemakan sepak bola. Berbekal keuletan, kreatifitas, dan mengutamakan kualitas kaos, membuat usaha Rematch Distro mampu bersaing dengan usaha-usaha sejenis. Apa keistimewaan produk yang tengah digandrungi para pecinta sepak bola ini?

Awal Usaha Kaos Rematch Distro

Banyaknya para maniak bola, berdampak baik bagi pengusaha merchandise dan pernak-pernik sepak bola, tak terkecuali juga para pengusaha distro yang memunculkan kaos-kaos distro bertemakan sepak bola. Salah satu contohnya adalah Gugi Argamula, seorang pengusaha kaos distro sepak bola dengan label Rematch.

Jauh sebelum piala dunia ini mulai ramai dibicarakan, pria bertubuh gempal ini sudah terlebih dahulu berjualan kaos dengan tema-tema sepak bola, bedanya tema yang ditonjolkan adalah tim-tim sepak dari Eropa seperti tim Juventus, Barcelona, Real Madrid, Manchester city, Liverpool hingga Bayer Munchen. “Diawal berdirinya distro ini, kami sudah menjual kaos-kaos bertemakan tim sepak bola Eropa,” ucapnya.

Pria yang akrab disapa Gugi ini hanya menggelontorkan modal sebesar Rp 9 juta yang digunakan untuk memproduksi 200 pieces kaos bola, sewa toko, dan merekrut karyawan. Untuk promosi usaha, menurut Gugi bisnis kaos bertemakan sepak bola ini bisa dibilang susah-susah mudah. Terbilang susah karena berbeda dengan kaos distro yang tidak segmented artinya apapun tema yang dikeluarkan pasti akan ada yang menyukainya, tetapi berbeda dengan kaos bola yang memiliki penggemar masing-masing. Oleh karenanya untuk mengatasi hal tersebut, Gugi tidak hanya membuat satu tim nasional saja, tetapi hampir semua timnas yang memiliki penggemar cukup dominan di Indonesia dibuatnya.

Sedangkan mudahnya, promosi dapat dilakukan dengan mendatangi komunitas-komunitas Tim Nasional sepak bola yang tersebar baik di Bogor maupun di kota-kota lain Indonesia. “Dengan promosi seperti itu bisa dibilang promosi akan tepat sasaran karena psar dan konsumen yang dituju sudah jelas dan pasti,” tuturnya.

Gugi Argamula, Pemilik Rematch Distro ~ Sukses Jual Ribuan Kaus Bola Tiap Bulan

Rematch Distro Tawarkan Ragam Pilihan Motif Desain

Untuk memberikan pilihan, Gugi membuat banyak desain yang mampu menarik perhatian para konsumen. “Di sini saya juga mengelompokkan beberapa jenis desain dan gambar yang saya buat. Agar konsumen ngak bingung dan mudah dalam pemesanan kaos bola ini,” terangnya. Ada tiga jenis motif yang diberikan Gugi untuk mengelompokkan produk kaosnya tersebut.

Pertama adalah desain dengan gambar bendera negara dan logo Tim Nasional sepak bola. Walau terbilang lawas alias motif lama, namun menurut Gugi motif ini masih saja tetap digemari, terlebih bagi para konsumen yang ingin benar-benar terlihat identitas kecintaan pada sebuah tim nasional pujaannya. Adapun gambar negara yang telah dibuatnya antara lain Spanyol, Jerman, Italia, Inggris, Portugal, Prancis, Argentina, hingga Brazil.

Motif kedua adalah gambar para pemain terkenal dari sebuah negara peserta sepak bola, seperti Cristiano Ronaldo pemain sepak bola yang tidak perlu lagi ditanyakan berapa banyak penggemarnya, ada juga Lionel Messi yang juga memiliki ketenaran tinggi. Selain itu masih ada beberapa nama lainnya seperti Wayne Rooney dari Inggris, Sergio Ramos dari Spanyol, sampai Neymar dari Brazil. Gugi menjelaskan pada motif ini jika kebanyakan pelaku usaha sejenis lebih memilih gambar dalam bentuk gambar vector seperti kartun dan karikatur, maka Gugi lebih memilih menggunakan gambar realis atau menyerupai foto aslinya.

Desain ketiga adalah motif tulisan dan julukan dari tim nasional peserta sepak bola piala Eropa dan Copa Amerika. Misalnya Timnas Jerman dengan julukannya “Der Panzer”, Argentina dengan julukannya Albiceleste (Putih dan Biru), Brasil “Selecao”, Inggris “The Three Lions, Italia “Gli Azzuri”, Perancis “Les Bleus”, Portugal “Seleccao das Quinas”, hingga Spanyol “La Furia Roja”.

Menurut Gugi hampir setiap motif memiliki peminatnya tersendiri. Motif negara gambar bendera Spanyol, Inggris dan Brazil yang paling banyak diminati. Sedangkan motif gambar, dua pemain yang memang saling mengejar rekor di klub masing-masing yaitu Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo paling banyak terjual. Harga yang ditawarkan Gugi cukup murah, yakni Rp 100 ribu untuk semua jenis motif dan ukuran kaos buatannya. Dan setiap bulan, ia mampu menjual hingga 1000 pieces kaos bola, ukuran S,M,L hingga XL.

Keunggulan Rematch Distro

Selain memberikan banyak pilihan desain, Gugi juga memberikan keistimewaan lain pada produk kaos bola buatannya. Yakni memberikan efek sablon yang unik dan mampu menarik perhatian para konsumen. Hal ini lantaran Gugi menggunakan teknik sablon brush yang dipadukan dengan tinta plastisol sebuah cat berbahan dasar minyak. Dengan kemampuan istimewa untuk mencetak dot/raster super kecil dengan hasil prima membuat sablon yang dihasilkan memiliki keunggulan lebih awet, tidak akan terlalu berat, karena tidak banyak tinta yang menempel pada kaos dan tentunya tahan lama serta mampu membuat efek-efek sablon yang lebih baik dari yang lainnya.

Selain tinta, keunggulan lainnya yaitu pada finishing yang menggunakan dua finishing yaitu menggunakan canveyor curing dan flas curing pada pengeringan, sehingga proses pengeringan lebih merata dan efisien. Dan pada teknik press menggunakan bahan penyerap minyak  dari bahan plastisol. Selain keunggulan bahan yang digunakan, keunggulan lain yang dimiliki Gugi yaitu terletak pada produk yang dikeluarkan yaitu limited edition.

Selain itu Gugi juga menggunakan bahan kaos berupa katun 30s. Walaupun menggunakan bahan yang sama dengan distro pada umumnya, namun Gugi menjamin bahan yang digunakannya itu lebih lembut dari distro lainnya, hal tersebut lantaran bahan katun yang digunakan telah melewati proses washing. Untuk bahan baku tersebut, ia membelinya dari salah satu langganan, sebuah pabrik garmen di kota Kembang. Dalam sebulan Gugi dapat membeli sebanyak 250 kg bahan kaos untuk memenuhi jumlah penjualan kaosnya yang rata-rata setiap bulan  sebanyak 1000 buah kaos.

Pemasaran dan Prospek Usaha

Untuk memasarkan kaos bola ini terbilang sangat mudah, karena merupakan produk yang banyak peminatnya. Selain dengan mendatangi komunitas-komunitas pecinta sepak bola, Gugi juga mempromosikannya melalui internet dan jejaring sosial. Tidak hanya itu, untuk mendongkrak penjualan kaosnya lebih luas, ia pun membuka kesempatan bagi mereka yang ingin menjadi reseller kaos distro bertemakan sepak bola miliknya. Syaratnya, cukup dengan pembelian minimal sebanyak 6 buah kaos maka seorang sudah bisa menjadi reseller. Sedangkan keuntugan yang didapat reseller berupa potongan harga sebesar 20%. “Saat ini Rematch telah memiliki lima reseller aktif yang tersebar di daerah Bogor”, tuturnya.

Sementara dari segi prospek, menurut Gugi, walaupun usaha sejenis banyak, peluangnya masih saja menjanjikan, hal tersebut dibuktikan dari hasil penjualan yang rata-rata setiap bulan dapat meraup omset hingga Rp 100 juta dengan keuntungan minimal 40%. Dan kedepan, ia akan terus memberikan inovasi desain yang mampu menarik perhatian konsumen sehingga bisa bersaing dengan sehat dengan pelaku sejenis lainnya. 

Info lebih lanjut mengenai peluang bisnis kaos distro ini, hubungi:

Rematch Development
Jalan Ciheuleut No 30 Pakuan, Bogor, Jawa Barat
Twitter: @Restart_Dev
Facebook: restart_distro

Baca juga:

Leave a Reply