Gagal Usaha Kedai Kopi, Sukses Dengan Kafe Milkshake Berkonsep Monster

Bagi George Alvino Putra Saddam, konsep menjadi modal penting dalam memulai usaha. Gagal menjalankan usaha kedai kopi karena tidak mempersiapkan konsep, kini pemuda yang akrab disapa Alvin ini memulai usaha baru kafe milkshake berkonsep monster dengan nama Monster Shaker. Benar saja, walau belum setahun namun Monster Shaker tidak pernah sepi pengunjung.  Seperti apa usaha kedai susu ini?

Awal Usaha Monster Shaker

Menjalankan sebuah usaha menjadi idaman bagi setipa orang, tidak terkecuali bagi George Alvino Putra Saddam. Keinginan untuk membangun usaha khususnya di bidang kuliner dimulai pemuda yang akrab disapa Alvin ini ketika masih duduk di bangku kuliah.

Bersama lima orang temannya, Alvin yang saat itu masih kuliah semester 4 psikologi UI memutuskan membuka usaha kedai kopi bersama teman-temannya. Usaha ini dipilih karena usaha yang menyajikan tempat kongkow banyak diminati anak muda. “Ketika itu kami tidak memiliki konsep yang jelas, karena termakan kata-kata motivator untuk langsung action dan jalanin saja,” ungkap Alvin tersenyum.

Dengan tidak adanya konsep usaha, membuat kedai kopi tidak bertaan lama. Satu persatu rekan bisnis Alvin mengundurkan diri dari usaha yang dijalankan, hingga akhirnya menyisakan Alvin untuk menjalankan usaha tersebut sendirian.

Konsep Monster

Belajar dari kegagalan tersebut, Alvin yang masih bersemangat dalam memulai usaha dengan memikirkan konsep apa yang bagus untuk dijalankan. Selain itu, dari beberapa produk yang pernah ia jajakan, Alvin mengambil tiga produk andalan sebagai menu di usaha barunya yaitu nasi goreng, ayam penyet dan milkshaker. “Dari 3 produk ini hanya milkshake yang masih jarang pelaku yang menjalankannya dengan konsep tempat kongkow, akhirnya saya memilih milkshake sebagai menu utama,” terang Alvin.

Gagal Usaha Kedai Kopi, Sukses Dengan Kafe Milkshake Berkonsep Monster dengan nama Usaha Monster Shaker

Keseriusan Alvin juga terlihat dari packaging yang dipersiapkan dengan matang. Untuk membuat packaging, Alvin sampai harus meminta bantuan seorang rekan yang memiliki keahlian dalam mendesain. Dari beberapa masukan, akhirnya Alvin memutuskan untuk memilih konsep monster dan menggunakan nama Monster Shaker sebagai identitas usahanya. “Untuk mempersiapkan semua memakan waktu 4 bulan dan mencari konsep ini memakan waktu yang lama,” ujarnya.

Dengan memanfaatkan peralataan bekas usaha sebelumnya dan modal tambahan puluhan juta, Alvin memulai usahanya pada akhir 2014 yang lalu di Matraman, Jakarta Timur. Modal tersebut digunakan untuk mendesign tempat usaha yang nyaman dan pas bagi mereka yang ingin ngobrol sambil menikmati milkshake.

Pangsa Pasar Anak Muda

Ketika masuk ke dalam Monster Shake, pengunjung akan disambut ruangan khusus tempat barista menyiapkan berbagai pesanan konsumen. Pengunjung bisa memilih untuk duduk menikmati hidangan baik di lantai satu maupun dilantai dua. Untuk lantai satu, Alvin hanya menyiapkan beberapa kursi, sedangkan di lantai dua selain ada beberapa kursi juga disiapkan tempat untuk menikmati hidangan secara lesehan.

Sesuai dengan konsepnya, di dinding café digambarkan beberapa karakter monster yang menjadi identitas Monster Shaker. Ada 4 karakter monster yang dibuat yang mewakili berbagai karakter atau sifat dalam diri manusia seperti plegmatis, melankolis, sanguinis dan koleris.

Karena di design sebagai tempat kongkow, Monster Shaker juga dilengkapi dengan ruangan yang berisi buku-buku maupun komik yang bisa dibaca pengunjung sambil menunggu makanan datang atau juga bisa berselancar di dunia maya dengan free Wifi yang sudah disiapkan. Bicara mengenai menu, Alvin mengaku milkshake yang disajikan benar-benar memiliki standar tinggi dengan bahan baku sama dengan yang digunakan resto ternama.  Milkshake dibuat dengan menggabungkan powder, susu dan juga es krim dengan perpaduan tersebut didapat rasa milkshake yang berbeda dari yang ada.

Ada 17 varian milkshake, mulai dari Classic Chocolatte, Classic Vanilla, Classic Strawberry, Classic Banana, Caramel Lovers, Green Tea Latte hingga Nutella. Dari berbagai varian tersebut milkshake Original, Nutella, Cokelat dan Green Tea paling banyak dipesan konsumen. Selain milkshake, ada juga berbagai menu lain seperti Es Krim, Nasi Goreng, Ayam Penyet Crispy, Omlet Pizza, dan menu lainnya.

Walaupun memiliki kualitas rasa yang tinggi, namun harga yang ditawarkan sangat terjangkau. Hal ini tidak lepas dari target pasar anak sekolah maupun anak muda. Untuk harga milkshake Rp 10 ribu hingga Rp 18 ribu, sedangkan untuk makanan tidak lebih dari Rp 20 ribu per porsinya.

Promosi Usaha

Dengan mengambil lokasi di Jalan Kayumanis Timur no. 60, Utan Kayu Utara, Jakarta Timur yang diapit oleh beberapa sekolah dan juga kampus, Alvin mengaku gencar melakukan promosi ke tempat-tempat tersebut. Salah satunya ketika opening ia memberikan promo gratis pada beberapa sekolah yang ada di sekitar lokasi usaha. Selain itu dengan konsep kongkow, Alvin juga memasarkan usahanya melalui internet dengan membuat sebuah website dan memanfaatkan media sosial yang banyak digunakan anak muda saat ini. Dengan berbagai promosi yang dilakukan tidak heran bila sambutan positif datang dari para konsumen yang datang baik pada siang hari yang diwakili oleh para siswa sekolah dan sore sampai malam hari oleh para anak muda yang ingin menghabiskan waktu bersama.

Walau baru berdiri namun pendapatan Monster Shaker bisa dibilang lumayan. Paling tidak dari puluhan pengunjung yang datang dalam satu hari Alvin bisa mengantongi omset sekitar Rp 1,8 juta dan bisa meningkat 50% ketika weekend tiba.

Kendala Usaha

Diakui pemuda 24 tahun ini, masalah usaha yang dihadapinya tidak lepas dari managemen usaha  Karena baru berdiri maka Alvin mengaku belum mempersiapkan manajemen yang baik sehingga ia harus rela turun langsung untuk mempersiapkan semuanya.

Selain itu tempat yang sempit sehingga kerap tidak bisa menampung pengunjung yang datang membuat Alvin harus berpikir ulang untuk mempersiapkan tempat yang lebih besar sehingga konsumen bisa lebih nyaman menikmati hidangan yang disiapkan. 

Info lebih lanjut mengenai usaha kedai susu ini, hubungi:

Monster Shaker
Jl. Kayumanis Timur No. 60 Rt 01/04
Utan Kayu Utara, Matraman, Jakarta Timur
Telp : 085691713120
Email: info@monstershaker.com, monstershaker@gmail.com
Website : http://monstershaker.com/

Baca juga:

Leave a Reply