Fit n Fun Catering ~ Layani Catering Bayi, Anak, Bumil Hingga Modifikasi Diet Penyakit

Pola makan sehat saat ini bukan hanya menjadi keharusan bagi pasien dalam masa penyembuhan, masyarakat umum pun semakin banyak yang menyadari dan mulai mengonsumsi makanan sehat sehari-hari. Melihat peluang bisnis tersebut, Leonardo dan istri tercinta memutuskan untuk terjun ke usaha catering makanan sehat pada 2011 lalu. Bermodalkan pengalaman Maria sebagai ahli gizi di beberapa rumah sakit menjadikan bisnis catering sehat Fit n Fun Catering terus berkembang hingga sekarang. Seperti apa perjalanan usaha catering sehat organik ini?

Awal Mula Usaha Fit n Fun Catering

Pengalaman bekerja di beberapa rumah sakit ternyata memberikan berkah tersendiri bagi Maria. Pasalnya, dengan banyak bertemu pasien yang menjalani perawatan dan membutuhkan makanan sehat khususnya ketika rawat jalan, membuat wanita yang akrab disapa Ria ini terinspirasi untuk membuat jasa penyedia makanan sehat.

Tepatnya pada tahun 2011, Ria dan suami tercinta Leonardo atau yang akrab disapa Leo ini membangun Fit n Fun Catering sebagai usaha yang menyediakan makan sehat dengan bahan organik. “Kami mencoba mengubah image makanan sehat dengan melakukan modifikasi sehingga tampilan dan rasanya menggugah selera,” ujar Ria

Ada yang unik dalam sistem pemasaran yang dilakukan Leo dan Ria. Sambil mempersiapkan berbagai keperluan usaha dan melakukan uji coba resep masakan selama beberapa bulan, Leo juga mulai memasarkan usahanya melalui media online. “Setiap ada konsumen yang menghubungi, kita berikan info kalau kita baru akan buka beberapa bulan lagi, dan banyak yang mengerti serta meminta untuk diinfokan ketika sudah buka,” jelas Leo.

Dengan strategi tersebut, membuat Fit n Fun Catering langsung tancap gas melayani konsumen ketika dibuka. Apalagi dengan masih jarangnya pelaku usaha sejenis, menjadikan respons masyarakat terhadap Fit n Fun sangat luar biasa.

Fit n Fun Catering ~ Layani Catering Bayi, Anak, Bumil Hingga Modifikasi Diet Penyakit

Fit n Fun Catering Tawarkan Layanan Lengkap

Sesuai dengan niat awal menjalankan usaha ini, Ria dan Leo menyiapkan berbagai makanan sehat berbahan organik tanpa MSG dan pengawet. Dipilihnya bahan organik karena bahan makanan tersebut bebas dari kandungan kimia tambahan seperti pestisida, insektisida, dan hormon.

Bisa dibilang layanan catering yang ditawarkan Fit n Fun sangat lengkap, mulai dari makanan untuk bayi dan anak-anak (lebih dari 6 bulan), menu rumah sakit, menu anak sekolah dan menu yang juga diminati karena gizi seimbang melalui modifikasi diet penurunan berat badan.

Menu gizi seimbang melalui modifikasi diet penyakit cocok untuk mereka yang sedang proses rawat jalan seperti diet energi tinggi protein, diet energi rendah, diet garam rendah, diet serat tinggi, diet pra bedah, diet pasca bedah, diet luka bakar, diet hiperemesis, diet peeklamsia, diet penyakit saluran cerna atas, diet penyakit saluran cerna bawah, diet penyakit hati, diet penyakit kandung empedu, diet penyakit diabetes militus tanpa komplikasi, diet penyakit diabetes militus dengan netropati, diet dislipidemia, diet penyakit jantung, diet penyakit stroke, dan berbagai penyakit lainnya.

Di Fit n Fun Catering setiap menu yang dibuat disesuaikan berdasarkan usia, berat badang aktual, tinggi badan serta hasil anamnesa gizi. Fit n Fun Catering menggunakan siklus menu 21 hari, 30 hari dan personal menu. Selain itu, menu tersajikan selalu dalam keadaan fresh karena dikemas dengan termos box yang tahan panas hingga lebih dari 2 jam. “Untuk menu kita selalu berbeda dan dalam satu box sudah lengkap mulai dari nasi, lauk dan sayur. Bahkan konsumen juga bisa request menu kesukaan,” tambah Ria.

Harga yang ditawarkan Fit n Fun bervarisasi tergantung paket catering yang dipilih. Untuk menu balita usia 6 bulan sampai 3 tahun, ada paket menu 7 hari, 14 hari dan 21 hari sedangkan untuk anak usia 3 tahun sampai 10 tahun dan dewasa ada paket menu 10 hari, 20 hari dan 30 hari. “Untuk satu kali makan harganya berkisar Rp 30 ribu untuk balita dan sekitar Rp 50 ribuan untuk anak dan dewasa dan harga tersebut sudah termasuk ongkir,” tambah Ria.

Konsultasi Gizi Pribadi

Selain soal kesehatan bahan baku yang digunakan dan rasa yang nikmat, keunggulan lain yang menjadikan Fit n Fun terus berkembang adalah pelayanan optimal yang diberikan. Di sini setiap konsumen bebas memilih apakah makanan yang dikirim untuk sarapan, makan siang atau makan malam. Bahkan Leo mengatakan dirinya tidak membatasi jumlah alamat yang dikirim oleh seorang konsumen. “Bisa jadi ada konsumn yang sarapan minta dikirim ke rumah dan makan malam ke kantor tetap akan kita layani, dan semua makan yang kita kirim selalu dalam keadaan hangat karena baru dimasak sebelum dikirimkan,” tambahnya.

Pelayanan lain yang juga diberikan pada konsumen ialah konsultasi gizi secara gratis yang diberikan oleh ahli gizi Fit n Fun. Konsumen bisa menanyakan tentang gizi makanan kapanpun tanpa dikenakan biaya tambahan. Bila kontrak pengiriman catering sudah habis, Fit n Fun akan memberikan resep menu yang dibuat, tujuannya agar konsumen bisa memasak menu tersebut di rumah.

Karena keterbatasan tenaga kerja dan agar kualitas menu tetap terjaga, Leo hanya membatasi jumlah konsumennya 70-75 orang per bulan. Selain itu, untuk wilayahnya sendiri untuk saat ini hanya konsumen disekitar Jakarta dan Tangerang yang dilayani, sedangkan untuk konsumen di daerah lain, Fit n Fun hanya memberikan konsultasi gizi. Dalam menjalankan usaha ini, Leo dan Ria mengatakan bisa memperoleh omset hingga puluhan juta per bulannya. Dan walaupun konsumennya hanya dibatasi untuk wilayah sekitar lokasi usaha namun Fit n Fun Catering mendapatkan kepercayaan untuk mengirimkan menu makan ke beberapa sekolah khusus anak autis dan beberapa perguruan tinggi di sekitar Jakarta.

Kendala Usaha

Perjalanan usaha Leo dan Ria bukan tanpa kendala, saat hari libur seperti awal dan akhir tahun atau libur lebaran dan libur anak sekolah permintaan akan sangat menurun. Selain itu, kondisi jalan terutama ketika musim hujan dan saat banjir besar melanda membuat armada pengiriman yang disiapkan tidak bisa mengantarkan pesanan ke konsumen. Dan sebagai konsekuensinya pihak Fit n Fun akan mengganti semua menu yang tidak sampai ke konsumen yang bersangkutan. 

Info lebih lanjut tentang usaha catering sehat organik ini, hubungi:

FIT n FUN CATERING
Jl. Murni No. 8F, Joglo, Jakarta Barat
Telp. 021 22542043 / 081386821883
Website: www.fitfuncatering.com

Baca juga:

Leave a Reply