Dengan Modal Awal 1 Juta, Ribka Erlinda Sukses Raup Untung 50% Dari Overnight Oat Rasa Buah

Dalam beberapa bulan terakhir bisnis kuliner healthy food sedang booming, salah satunya Overnight Oat. Adalah Ribka Erlinda yang ikut meramaikan usaha Overnight Oat lewat brand Bressert. Menawarkan lima varian rasa Overnight Oat, Bressert mampu meraup keuntungan bersih hingga 50%. Yuk simak perjalanan usaha Ribka.

Memulai Bisnis Overnight Oat Tanpa Sengaja

Makanan sehat yang diproduksi secara home made saat ini sedang menjadi tren di kalangan masyarakat urban. Malahan, hal itu seakan menjadi tren gaya hidup yang makin digandrungi masyarakat perkotaan. Kok bisa? Sebab, menjaga kesehatan dengan cara mengonsumsi makanan sehat sedang marak dilakukan, lantaran berbagai isu kesehatan mulai dari polusi udara, beragam penyakit degeneratif, serta tingginya serangan stress akibat mobilisasi rutinitas yang begitu padat.

Salah satu makanan sehat yang kian memiliki penggemar adalah Overnight Oat. Oat yang memiliki nama latin Avena Sativa L ini, merupakan sereal yang kaya akan serat dan berasal dari tanaman mudah tumbuh di negara beriklim sub tropis. Menengok lebih jauh, Overnight Oats dalam pengolahannya tidak perlu dimasak, melainkan direndam bersama susu kacang almond semalaman, sehingga Overnight Oat memiliki tekstur yang lembut. Karena berupa sereal, tentunya hidangan ini sangat cocok bila dijadikan menu sarapan.

Proses pembuatan Overnight Oat pun sebenarnya tak sulit, dan bisa dilakukan sendiri di rumah. Namun, karena kesibukan yang begitu padat, terkadang membuat sebagian orang cenderung membelinya di online store yang banyak tersebar di dunia maya. Meski begitu, pembelian di online store pun juga baik. Sebab mereka pun akan mengantarkan pesanan dalam kondisi yang fresh.

Adalah Ribka Erlinda seorang pelaku usaha berbasis Overnight Oat yang mengusung brand usaha bernama Bressert. Diakui Ribka memulai bisnis ini tanpa sengaja. Awalnya, penggemar santapan sehat ini rajin mengunggah bubur oats bikinannya ke media sosialnya, path dan instagram. Ternyata, teman-teman kantornya suka bubur oats bikinannya dan mulai memesanannya. Dari sinilah, Ribka merintis Overnight Oat miliknya sejak Februari 2015. “Saya hanya mengeluarkan modal sekitar Rp 1 juta untuk membeli perlengkapan usaha,” ujarnya.

Dengan Modal Awal 1 Juta, Ribka Erlinda Sukses Raup Untung 50% Dari Overnight Oat Rasa Buah

Varian Rasa Buah Overnight Oat

Menurut Ribka awalnya bressert hanya memunculkan Overnight Oat dalam tiga varian rasa buah yaitu strawberry, blueberry, dan kiwi. Namun seiring berjalannya waktu, Ribka melakukan inovasi dengan mengeluarkan dua varian rasa tambahan yaitu Banana, dan Cokelat. Ribka juga sangat memperhatikan soal tampilan agar eye catching agar dapat membangkitkan selera makan pelanggan yaitu dengan cara menyusun oat dalam beberapa lapis dengan topping serta disajikan dalam toples kaca (jar) ukuran 250 ml.

Selain menawarkan Overnight Oat, Bressert juga menyajikan healthy food lain berupa Chia Pudding yaitu pudding yang terbuat dari Chia Seeda yang kaya akan manfaat di blend dengan Soy Milk, yoghurt, dan diberi toping home made seperti granala, almond, dan buah segar yang dikemas juga dalam jar. “Chia Pudding merupakan produk terbaru yang kita rilis tahun ini dan mendapat respons yang bagus dari pelanggan setiap,” terangnya.

Adapun keunggulan dari produk Bressert buatan Ribka ini selain menggunakan bahan baku berkualitas, Overnight Oat dan Chia Pudding buatannya tidak menggunakan bahan pengawet atau perasa. Oleh karena itu lantaran tidak menggunakan bahan pengawet atau perasa produknya hanya bertahan 3 jam di luar pendingin dan sekitar lima sampai tujuh hari di dalam kulkas. “Produk ini memang terkenal singkat masa daya tahannya, makanya kami selalu menyarankan untuk segera mungkin menyantapnya,” jelasnya.

Tak perlu khawatir soal harga, pasalnya semua menu yang ditawarkan Bressert cukup terjangkau yaitu sebesar Rp 55 ribu/jar. Tak heran bila Ribka mengaku dalam setiap bulannya mampu menjual 250 jar yang jika dikalikan dengan harga produknya Rp 55 ribu, maka setiap bulannya Ribka mampu mengantongi omset Rp 12 juta. “Untuk keuntungan bersihnya kurang lebih 50% dari omset usaha,” ungkapnya.

Promosi dan Kendala Usaha

Bicara mengenai promosi yang dijalaninya, Ribka mengaku mengikuti tren promosi lewat Instagram. Namun meski demikian dirinya juga tidak lupa untuk memasarkannya secara offline dengan mengikuti bazar dan pameran. “Kalau bicara penjualan sebetulnya lebih banyak di bazaar daripada online, karena kalau di bazar tiga hari saja kita ikut sudah mempu menjual ratusan jar,” tuturnya.

Soal kendala, Ribka mengaku kendala utama usahanya terletak pada kurir dan daya tahan Overnight Oat yang singkat. Khusus untuk kurir, Ribka mengatasinya dengan menggunakan jasa ojek aplikasi. Sedangkan untuk daya tahan biasanya memberitahukan baik pada kurir dan juga pelanggan tentang singkatnya daya tahan oat. “Pelanggan kita berikan edukasi soal Overnight Oat yang harus segera dikonsumsi karena tidak dapat bertahan lama,” pungkasnya.

Info lebih lanjut mengenai usaha healthy food ini, hubungi:

BRESSERT
Jalan Kresek Raya, Duri Kosambi, Jakarta Barat
Tel/WA : 081932252768
Line : @bressert
Email : hellobressert@yahoo.com
IG : bressert_id

Baca juga:

Leave a Reply