Dari Kaki Lima, Kini Usaha Kedai Susu Cammo Milk Bar Raih Omset Ratusan Juta Tiap Bulan

Booming usaha susu segar sebagai menu utama menarik tiga orang sahabat, Dwi Erfanji Pudjianto, Erfan Lazuardi, Bagas Adinda Wibisono membuka lapak angkringan dengan menu utama susu dan ketan di pinggir jalan. Tak disangka, ramainya anak muda yang nongkrong hingga larut malam tiap hari membuat usaha yang diberi nama Cammo Milk Bar ini berkembang. Kurang dari setahun tiga orang sahabat ini memindahkan usahanya ke ruko dua lantai di belakang Kampus Universitas Indonesia. Tak heran usaha yang berjalan 3 tahun ini mampu mendulang omset ratusan juta tiap bulan. Seperti apa kisah sukses usaha kedai susu ini?

Awal Usaha Kedai Susu Cammo Milk Bar

Membangun usaha di bidang kuliner diperlukan kreatifitas para pelakunya. Bukan hanya konsep penyajian, rasa dan varian juga perlu dikembangkan guna untuk memikat pasar. Seperti yang dikembangkan tiga orang sahabat Dwi Erfanji Pudjianto, Erfan Lazuardi, Bagas Adinda Wibisono.

Melihat masih jarangnya pelaku usaha kedai susu khususnya di daerah Depok, Jawa Barat menarik Erfan terjun ke usaha ini. “Kita lihat susu itu minuman yang banyak dikonsumsi, kenapa kita nggak buat tempat usaha dengan menu utamanya susu,” kata Erfan.

Dengan modal Rp 7,5 juta, ketiga sahabat ini membuka usaha kedai susu dengan konsep ankringan di pinggir jalan daerah Beji Depok dengan nama Cammo Milk Bar di tahun 2013. Walaupun sederhana, namun dengan kualitas rasa dan pelayanan menjadi prioritas utama, membuat Cammo Milk Bar tidak pernah sepi pengunjung yang sebagian besar anak muda yang suka nongkrong sambil ditemani segelas susu segar.

Terus meningkatnya omset yang didapat tiap bulannya, kurang dari satu tahun, Erfan dan kawan-kawan memutuskan pindah lokasi usaha ke ruko dua lantai di jalan H Asnawi Raya No. 105, Beji, Kukusan, Depok, Jawa barat. “Kami pindah karena antusiasme masyarakat yang cukup besar, bahkan di hari-hari tertentu seperti weekend atau hari libur nasional, jumlah pengunjung yang kongkow sambil menikmati susu segar tak tertampung,” jelasnya.

Dari Kaki Lima, Kini Usaha Kedai Susu Cammo Milk Bar Raih Omset Ratusan Juta Tiap Bulan

Cammo Milk Bar Hadirkan Layanan “Self Service”

Suasana nyaman memang menjadi daya tarik Cammo Milk Bar. Memasuki ruko dua lantai itu, pengunjung disambut jajaran bangku dan kursi kayu yang difurnished warna hitam serta berbagai hiasan dinding grup band lawas The Beatles. Sementara itu dinding di lantai dua dihiasi kata-kata mutiara tentang persahabatan yang membuat kedai susu yang tidak jauh dari pintu belakang Kampus Universitas Indonesia itu menjadi lebih customer-friendly. Tak hanya itu, kedai susu berkapasitas 40 orang itu juga menghadirkan pelayanan yang ramah. “Di kedai ini, pelanggan bisa langsung self service dengan mengambil daftar menu, juga nomor meja untuk dibawa ke meja masing-masing,” ungkap Dwi Erfanji Pudjianto.

Belum banyak kedai susu seperti ini di sekitar Depok membuat Cammo Milk Bar menjadi pilihan muda mudi menghabiskan waktu bersama teman-teman, mengerjakan tugas kuliah, bersantai, atau hanya sekadar untuk kongkow dan bersenda gurau para ABG.

Menu Favorit di Cammo Milk Bar

Lebih lanjut Erfan mengatakan berbagai menu favorit pelanggan di antaranya Milky Cookie yakni segelas susu yang dicampur dengan remahan biskuit Oreo menghadirkan rasa segar dan manis berbaur melewati tenggorokan. Dahagapun langsung hilang dan tidak tahan kembali meneguk susu Oreo tersebut hingga tandas.

Sebagai teman minum susu, Erfan menyajikan menu tradisional ketan dengan berbagai varian topping mulai dari keju, cokelat, susu dan lain sebagainya. Salah satunya adalah Ketan Cokelat Keju yang menjadi incaran konsumen ketika berkunjung ke Cammo Milk bar.

Gunungan ketan yang diberi topping keju, meises, serta juga susu kental manis yang disajikan di atas nampan saji dari kayu yang dilapisi daun pisang yang tak menghilangkan unsur makanan tradisionalnya. Begitu masuk ke mulut, rasa gurih dari keju, manis dari meises dan susu kental manis berbaur dengan ketan.

Tidak hanya itu, menurut pria yang hobi naik gunung ini, menu best seller lainnya di kedai Cammo Milk Bar diantaranya Snow White yakni susu segar yang dicampur marshmallow, Avocalypse yakni susu segar di campur buah alpukat, The Jack merupakan paduan susu segar dengan  rasa jeruk, yellow submarine yakni susu segar yang dicampur dengan pisang, dan tidak ketinggalan Doury and Milk, yakni susu dengan tambahan durian.  “Sementara, untuk makanan, banyak menu lain yang juga dari bahan ketan seperti Ketan Caramella, Ketan juruh, hingga ketan Nangka pun wajib dicoba,” ungkapnya. Cammo Milk Bar buka tiap hari mulai pukul 11:00 hingga 23:00, sementara untuk hari Jumat, buka pukul 14:00 hingga 23:00.

Lebih lanjut Erfan mengatakan, karena sasaran pengunjung Cammo Milk Bar adalah mahasiswa anak sekolah dan juga keluarga, berbagai menu yang ditawarkan cukup terjangkau. “Untuk susu dan ketan harganya sekitar Rp 9-10 ribu.  Yang termahal itu Tordano yakni sosis dan twister potato yang merupakan menu yang dibakar. Harganya Rp 19 ribu,” jelas Erfan.

Erfan sengaja menjual berbagai menu dengan harga terjangkau kantong mahasiswa, agar pelanggan betah berlama-lama nongkrong di Cammo Milk Bar. “Konsepnya, orang bisa nongkrong disini, makanya kami tidak menyediakan menu makanan berat,” ungkapnya.

Selain itu, konsep ini sangat sesuai dengan nama kedainya, Cammo yang diambil dari bunga chamomile yang berkhasiat menghangatkan.  “Seperti bunga chamomile, Cammo Milk Bar ingin menciptakan suasana hangat dan keakraban di tengah-tengah pelanggannya,” tandasnya.

Prospek dan Promosi Usaha

Dengan konsep sederhana, namun nyaman untuk hangout, dan cocok buat anak muda, membuat prospek usaha kedai susu sangat menjanjikan.  Dengan pengunjung sekitar 100 orang tiap harinya tak heran jika  Cammo Milk Bar meraih omset di atas Rp 100 juta tiap bulannya. “Omset bisa nambah Rp 20 juta per hari-hari libur,” ungkapnya.

Besarnya omset yang di dapat tak terlepas dari kesabaran dan ketekunan serta promosi yang dijalaninya. Bagi Erfan dalam menjalani sebuah usaha, diperlukan ketekunan dan kerja keras agar usaha bisa berkembang. 

Info lebih lanjut mengenai usaha kedai susu ini, hubungi:

Cammo Milk Bar
Jalan H. Asnawi Raya No. 105, Beji, Kukusan, Depok, Jawa Barat
Tlp: 021-7721968
Twitter : @cammomilkbar
Instagram : @cammomilkbar_id

Baca juga:

Leave a Reply