Cara Budidaya / Pembenihan Lele Sangkuriang ala Supri Suprihanto

Salah satu pembudidaya Lele Sangkuring yang sukses dengan bisnisnya adalah Supri Suprihanto. Pria yang berasal Banyumas, Jawa Tengah ini mampu meraih omset hingga Rp 200 juta per bulannya.

Pembenihan Lele Sangkuriang

Berikut ini adalah cara pembenihan Lele Sangkuriang ala Supri Suprihanto

1. Lokasi kolam pembenihan Lele Sangkuriang sebaiknya berada di bawah pohon jati dan pohon bamboo yang bisa membuat benih Lele Sangkuriang dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Tahapan yang dilakukan pada pembenihan Lele Sangkuriang cukup mudah. Dimulai dari menyiapkan kolam pemijahan berbentuk kotak berukuran 2 x 3 m atau 3 x 4 m. Siapkan 108 ijuk yang berguna sebagai tempat menempelnya telur. Kaitkan ijuk dengan batu supaya dapat tenggelam, lalu isi kolam dengan air sumur sampai ketinggian air antara 20 – 30 cm. Pijahkan indukan dalam satu kolam masing-masing jantan 2 ekor dan betina 4 ekor dengan bobot ikan 6 – 7 ons. Lalu tutup pinggiran kolam agar ikan tenang. Supri mengatakan pada proses pemijahan, ia masih menggunakan cara tradisional yang alami, yakni tidak menggunakan obat-obat kimiawi tertentu untuk kelancaran proses pemijahan.

2. Proses pemijahan kurang lebih memakan waktu antara 22 – 24 jam misalnya pukul 05.00 pagi hari mulai pemijahan maka indukan akan bertelur antara pukul 02.00 – 05.00 esok harinya. Pengangkatan ijuk dilakukan setelah pukul 12.00 kemudain diangin-anginkan sekitar 10 menit. Indukan lalu diangkat dan dipindah ke kolam penetasam, sedangkan ijuk diletakkan di kolam pemijahan dengan ketinggian air antara 30 – 50 cm secara bertahap. Telur Lele Sangkuriang masih di bawah ijuk sampai umur 3 hari hingga benih mulai menyebar dari ijuk. Setelah itu ijuk baru diangkat. Pada umur 4 hari ke atas barulah benih Lele Sangkuriang diberi makan cacing hingga umur benih 12 hari. Pemberian pakan cacing bisa sehari 1 x sampai sehari 3 x tergantung kondisi benih.

Supri Suprihanto ~ Sukses Jual 1 Juta Benih Lele Sangkuriang per Bulan

3. Setelah benih Lele Sangkuriang mencapai umur 12 hari, pisahkan sesuai dengan kuran. Pada proses pemilahan, biasanya Supri membgi ke dalam 3 kolam, yakni untuk ukuran benih 1×2 cm, ukuran benih 3×4 cm dan kuran benih 5×6 cm. Pemilahan benih bertujuan agar benih bisa berkembang dengan abik dan menghindari adanya kanibalisme benih yang berukuran besar terhadap benih ukuran lebih kecil. Setelah dibagi menjadi 3 kolam, selanjutnya benih diberi pakan fengli atau tepung udang sampai umur 15-17 hari, kemudian berlanjut pada pakan pellet lembut yaitu PF 800 hingga benih berumur 21-23 hari. Pada umur ini, benih Lele Sangkuriang sudah dapat tumbuh dengan baik dan siap untuk dipasarkan. Namun jika ingin menghendaki ukuran yang lebih besar, dari usia 21 hari ini pemberian pakan untuk benih dilanjutkan dengan pakan pellet PF 1000.

Packaging

1. Agar kondisi kesehatan Lele Sangkuriang agar tetap prima pada saat pengiriman jarak jauh, Supri mengemas benih lele mnggunakan plastik PE ukuran 40×60 cm. Plastik diisi air dengan ketinggian kira-kira sepertiga dari plastik. Gunakan air yang bersih dan steril agar benih dapat bertahan hidup dengan baik selama di dalam plastik. Satu bungkus plastik biasanya berisi antara 4 – 7 ribu benih Lele Sangkuriang.

2. Plastik kemudian diberi oksigen yang cukup, lalu diikat dengan menggunakan karet gelang. Agar menghindari kebocoran, plastik sebaiknya dimasukkan ke dalam box styrofoam, dan diantara sela box diberi es batu. Lalu siap didistribusikan. Satu box styrofoam bisa berisi 2 hingga 4 plastik, tergantung permintaan dan besar kecilnya ikan. benih Lele Sangkuriang yang sudah dikemas dapat bertahan hidup dengan baik dalam waktu 10-12 jam.

3. Pada pengemasan, untuk pembelian benih di daerah lokasi kediamannya di sekitar Banyumas, biasanya Supri hanya menggunakan jirigen. Besar kecil jirigen menyesuaikan jumlah dan ukuran bibit ikan. Selain jirigen kemasan, Supri juga menggunakan plastik tanpa diberi oksigen dan biasanya plastik diikat tidak terlalu rapat agar oksigen tetap bisa masuk ke dalam plastik.

Info lebih lanjut mengenai cara budidaya Lele Sangkuriang ini, hubungi:

Supri Pembenih Lele Sangkuriang
Desa Wiradadi RT 05 RW 01 Kec. Sokaraja Kabl. Banyumas, Jawa Tengah
Tlp : 085747725158

Baca juga:

Leave a Reply