Berbekal Ilmu IT, Sukses Kembangkan Usaha Tour and Travel Yang Tersebar di Indonesia

Saat ini banyak pelaku usaha yang memanfaatkan kemajuan teknologi sebagai media untuk memasarkan usahanya. Salah satunya adalah Baladil Ilham Maiga yang memilih menjalankan usaha tour and travel dengan memanfaatkan website sebagai media promosi. Mengadalkan kemampuannya di bidang IT, pria yang akrab disapa Baladil ini sukses mengembangkan Maiga Tour and Travel dengan 100 mitra yang tersebar di Indonesia. Seperti apa usaha tour and travel yang dirintis sejak 2013 lalu?

Awal Usaha Maiga Tour & Travel

Memiliki latar belakang pendidikan di bidang IT ternyata menjadi berkah tersendiri bagi Baladil Ilham Maiga.  \Pasalnya dengan kemampuannya tersebut, pemuda yang saat ini masih menuntut ilmu di salah satu universitas terkemuka di Jakarta ini bisa membangun sebuah perusahaan IT Konsultan dengan nama CV. Maiga Indonesia pada 2012.

Tak sampai disitu, melihat prospek menjanjikan di usaha tour and travel dan konsep yang hampir dengan disiplin ilmu yang dimiliki membuat tertarik untuk mengembangkan usaha dengan membuat Maiga Tour and Travel pada 2013.

Dengan mengandalkan webiste yang menarik dan mudah diaplikasikan oleh konsumen membuat Maiga Tour and travel bisa berkembang sangat pesat.  Hal tersebut bisa dilihat dari jumlah transaksi penjualan tiketing yang mencapai Rp 10 – 20 juta per bulannya. “Respons masyarakat terutama dari tiketing sangat bagus, membuat saya semakin yakin dengan prospek usaha tour and travel ini,” ujar pemuda 21 tahun ini.

Maiga Tour and Travel Tawarkan Tiketing Hingga Paket Wisata

Dengan banyaknya masyarakat yang membutuhkan jasa tour and travel membuat perkembangan Maiga Tour and Travel sangat pesat. Bukan hanya menjual tiket pesawat dari berbagai maskapai yang ada, ternyata dalam website yang digunakan sebagai media promosi, Maiga Tour and Travel juga menawarkan berbagai jasa mulai dari voucher hotel, umroh, pembayaran PPOB, penjualan pulsa elektrik, jasa pengiriman hingga yang terbaru adalah paket wisata dalam dan luar negeri.

Berbekal Ilmu IT, Sukses Kembangkan Usaha Tour and Travel Yang Tersebar di Indonesia

Untuk paket wisata, Baladil mengatakan bahwa jasa tersebut menjadi salah satu jualan utamanya. Dilihat dari paket yang ditawarkan, untuk paket domestik terdiri dari paket umum, Honey Moon (bulan madu) dan Backpaker.  Seperti misalnya perjalanan wisata ke Pulau Pahawang (Lampung) 3 hari 2 malam dengan biaya Rp 600 ribu, Pulau Harapan (Kep. Seribu) 3 hari 2 malam dengan biaya Rp 700 ribu, Pulau Sumbawa selama 5 hari 4 malam dengan biaya sekitar 7,8 juta. Paket Malang –  Jatim Park Tour 3 hari 2 malam dengan biaya Rp 3,1 juta, Bandung Offroad Tour & outbound 1 hari dengan biaya Rp 130 ribu dan masih banyak paket lainnya. “Untuk paket Honeymoon kita ada ke Bali selama 5 hari Rp 15 juga dan paket Backpaker Hongkong – Shenzen – Macau selama 5 hari 3 malam Rp 9 juta,” tambahnya.

Peluang Bisnis Menjadi Mitra Maiga Tour and Travel

Bagi anda yang tertarik menjalankan usaha ini, Maiga Tour and Travel membuka kesempatan kerjasama. Ada 3 paket kerjasama yang ditawarkan yang pertama adalah paket Agen dengan investasi Rp 1 juta, Paket Distributor Limited Rp 3,5 juta dan Distributor Unlimited dengan investasi Rp 5 juta.

Untuk para agen hanya bisa menjual tiket pesawat dan lain berbagai jasa yang ditawarkan Maiga Tour and Travel. Sedangkan Distributor mendapatkan kesempatan untuk bisa mencari agen usahanya. “Yang membedakan Distributor Limited hanya dibatasi 10 agen sedangkan Unlimited tidak ada pembatasan jumlah agen,” terang pemuda asli Riau ini.

Sadar persaingan di usaha tour and travel yang semakin pesat, membuat Baladil bertekad membantu para mitranya untuk sukses di usaha ini, salah satunya ialah dengan membuatkan para mitranya website dengan tampilan yang trendy namun simple dan juga user friendly. Dengan tampilan website yang mudah diakses oleh para konsumen tersebut, Baladil optimis usaha yang dijalankan para mitranya akan berkembang karena memiliki keunggulan dalam sistem pemasaran terutama melalui dunia maya. “Kita akan mensupport mitra secara penuh, kalau ada kendala mereka bisa berkonsultasi, “ kata Baladil.

Benar saja, dari 100 mitra yang bergabung yang terdiri dari 60 agen dan 40 distributor ini bisa dibilang hampir semuanya bisa mendapatkan keuntungan yang menjanjikan. Bahkan ada mitra yang dalam 1 bulan bisa memperoleh omset Rp 50 – 100 juta. Dengan keuntungan yang didapat sebesar 30 – 40 %

Kendala Usaha

Selama menjalankan usahanya, Baladil mengatakan bahwa kendala terbesar di usaha ini adalah persaingan usaha. Karena memang saat ini sudah banyak pelaku usaha sejenis yang menawarkan sistem tour and travel serupa. Apalagi jika dilihat dari permintaan yang ada, setiap tahunnya paling tidak ada saat-saat di mana permintaan akan meningkat biasanya pada akhir Mei hingga Desember, sedangkan permintaan akan menurun ketika Januari hingga April.

Namun Baladil tetap optimis dengan usaha yang dijalankan, karena berbagai inovasi yang dilakukan dan juga pelayanan kepada konsumen menjadi prioritas utama dalam menjalankan usaha. 

Info lebih lanjut mengenai usaha tour and travel ini, hubungi:

Maiga Tour & Travel
Jl. Salam Raya No. 51 Rawa Belong Jakarta Barat.
Office : 021-9681 8080
Mobile : 0823 8909 8080
PIN BBM : 26086935
E – Mail : admin@maiga-travel.com
Website : www.maiga-travel.com

Baca juga:

Leave a Reply