Bagaimana Strategi / Kiat Menentukan Jenis Bisnis Toko Online?

Seperti halnya membuka toko fisik, ada banyak alternative bisnis toko online. Sebelum memutuskan jenis barang atau jasa yang akan Anda tawarkan lewat bisnis online, ada beberapa hal yang mesti Anda pertimbangkan secara matang.

Banyak sudah kisah sukses tentang mereka yang menggeluti bisnis toko online. Berjualan lewat internet tanpa banyak promosi, mendapatkan kepercayaan dari pembeli, dan meraup omzet ratusan juta rupiah setiap bulan. Adalah wajar bila Anda ingin mengikuti kesuksesan mereka. Namun menjelaskan bisnis yang sama, belum tentu menghasilkan kesuskesan serupa.

Lalu, bagaimana cara Anda menentukan bisnis toko online yang bisa mengantarkan Anda meraih impian sebagai pengusaha online sukses?

Seperti halnya membuka toko fisik atau offline, ada beberapa hal yang mesti Anda pertimbangkan saat akan membuka toko online. Yang terutama tentu saja jenis produk barang atau jasa yang akan Anda tawarkan. Dan, sebagaimana berlaku hukum permintaan-penawaran, produk yang akan laku keras adalah produk yang permintaannya sangat tinggi.

Memberi solusi

Menurut survei pada tahun tahun 2014 lalu, ada 10 produk yang paling dicari konsumen Indonesia. Produk itu antara lain mainan, kendaraan, pakaian, peralatan masak, dan produk kecantikan serta perawatan tubuh. Sebagai awal, Anda bisa memakai hasil survei Google ini sebagai acuan atau bahan pertimbangan.

Bagaimana Strategi / Kiat Menentukan Jenis Bisnis Toko Online?

Hampir semua bisnis punya potensi besar untuk bersinar di tahun mendatang. Namun, tidak semua bisnis cocok untuk dipasarkan secara online. Misalnya, komoditas air mineral atau bensin. Itu di mana-mana ada dan orang tidak kesulitan mencarinya.

Nah, kata kunci dalam berbisnis online adalah harus memudahkan masyarakat dalam mengakses produk yang diinginkan. Problem utama masyarakat dalam mendapatkan produk adalah kesibukan, kemacetan jalan serta jarak. Alhasil, mereka mencari produk yang mereka butuhkan via internet. Nah, toko online mesti memberikan solusi dari persoalan tersebut.

Bisnis transportasi masih menarik karena masih dibutuhkan. Pemain saat ini, seperti Gojek dan GrabBike, baru melayani wilayah tertentu. Jadi, ada potensi untuk dikembangkan di daerah lain.

Selain itu, beberapa produk masih potensial ditawarkan secara online antara lain produk pribadi seperti pakaian dalam, lingerie, obat-obatan khusus, serta games online. Bisa dilihat dari aplikasi Duel Otak yang mencuri perhatian pengguna di dalam negeri.

Dari sisi e-commerce, sektor consumer goods, busana, akomodasi, dan furniture masih tetap berkembang. Namun, persaingan di sektor itu sangat ramai sehingga pemain baru membutuhkan strategi khusus, misalnya menjual produk yang tidak dijual di lapak lain atau produk yang khas lokal. Produk berkaitan dengan hobi juga masih menarik. Ambil contoh, bisnis ikan koi.

Ke depan, barang dan jasa yang ditawarkan secara online akan kian tersegmentasi. Contohnya, jasa guru les atau tukang jahit jins yang menggunakan platform mobile.

Baca juga:

Mengenali diri

Sebenarnya, tak soal apa pun jenis produk barang dan jasa yang Anda pilih untuk ditawarkan secara online. Ada enam jurus yang mesti Anda terapkan dalam memulai bisnis toko online.

1. Who am I?

Di sini, calon onlinepreneur mesti mengenali diri sendiri terlebih dahulu untuk menentukan jenis bisnis yang hendak digeluti. Misalnya jika anda tertarik terhadap fashion, Anda bisa memilih busana sebagai bisnis Anda.

2. What am I offering?

Anda harus memikirkan konsep busana yang ditawarkan. Pilihannya, pakaian dengan desain yang simpel dan nyaman untuk dipakai sehari-hari atau ke kantor dengan harga terjangkau dan kualitas baik.

3. Why does it matter?

Tidak semua orang merasa pantas atau suka mengenakan baju yang sedang trend. Jadi, ciptakanlah busana Anda suka, teman-teman suka, sekaligus trendy.

4. Whom are we talking to?

Di sini, pelaku bisnis toko online memikirkan pasar atau target produk mereka. Produk pun harus disesuaikan dengan segmen pasar ini.

5. When is the right thing?

Pertanyaan ini tak akan terjawab jika Anda tak pernah mencobanya. Anda bisa bekerja sebagai karyawan dulu untuk belajar lalu saat sudah mantap Anda bisa terjun sepenuhnya di bisnis Anda. Timing is everything.

6. How to attract customer?

Setelah 5 jurus di atas beres, barulah Anda memikirkan cara mempromosikan bisnis Anda. Banyak cara yang bisa ditempuh. Namun, keunikan produk Anda paling menentukan kesuksesan bisnis Anda. Product is the best marketing tool.

Baca juga: Bagaimana Strategi Promosi Pebisnis Toko Online Guna Menarik Calon Pembeli?

Semoga informasi mengenai “Bagaimana Strategi / Kiat Menentukan Jenis Bisnis Toko Online? di atas bisa menjadi inspirasi. Ingat, mulailah dari hal kecil untuk mewujudkan mimpi besar Anda!

2 thoughts on “Bagaimana Strategi / Kiat Menentukan Jenis Bisnis Toko Online?

Leave a Reply