Bagaimana Cara Budidaya Rumput Gajah Mini ala Sutarno?

Rumput gajah mini (Axonopus compressus) tumbuh optimal pada suhu 22-35 derajat Celsius dengan curah hujan sedang-tinggi, namun tetap tahan suhu rendah (karena rumput sebenarnya gulma atau tanaman liar).

Persiapan Lahan Rumpuh Gajah Mini

Jenis tanah yang baik digunakan, yakni tanah merah tak berlempung. Gemburkan tanah menggunakan cangkul dan bersihkan lahan yang akan dipakai dari batu-batu kerikil atau akar bekas tanaman lain, supaya pertumbuhan rumput tidak terganggu dan memudahkan saat panen, biarkan selama beberapa hari supaya terpapar sinar matahari sehingga membunuh organism penyakit. Siram tanah yang akan digunakan, lalu siapkan potongan rumput untuk ditanam. Tekan-tekan rumput saat penanaman. Kemudian siram kembali dengan air.

Pemeliharaan Rumpuh Gajah Mini

Dalam seminggu pertama lakukan penyiraman dua kali sehari. Kemudian taburkan pupuk kandang di atas rumput dengan dosis 40 m2/karung. Siram kembali rumput satu hari sekali. Seminggu kemudian siram rumput hias dengan larutan urea dengan dosis 30 m2/kg urea. Supaya tanaman tidak hangus, pemberian urea dilakukan dengan melarutkan urea ke air (250 gr urea dilarutkan pada 10 liter air). Penyiraman dengan pupuk larutan urea ini cukup dilakukan sekali saja ketika pagi atau sore hari. Jangan lupa setelah itu tetap disiram satu kali sehari. Rumput hias ini tahan terhadap hama dan penyakit sehingga sebenarnya tidak perlu diberi obat selama budidaya.

Peluang Usaha Rumput Gajah Mini ~ Prospek Cerah, Modal Kecil, Untung Besar

Panen

Panen dilakukan setelah rumput berumur tiga minggu. Pemanenan biasanya dilakukan dengan mengikutsertakan tanah yang menempel pada akar sekitar 2 cm. rumput digali dengan cangkul kecil, sehingga berbentuk potongan bundar kecil-kecil agar mudah diangkut. Lakukan panen pada pagi atau sore hari agar rumput tidak terlalu kering.

Setelah panen, rumput hias siap ditanam di taman. Jangan lupa berikan pupuk larutan urea sebulan sekali dengan dosis sama seperti pada saat budidaya supaya warna daun terus hijau. Sebagai pemeliharaan lakukan pemangkasan rumput untuk peremajaan. Pemangkasan rumputh gajah mini cukup dilakukan 6 bulan sekali karena pertumbuhannya lambat.

Memperbanyak Bibit

Setelah panen, bibit rumput ini bisa diperbanyak sendiri dengan mengambil bibit yang bagus. Kriteria bibit yang bagus yaitu batang tidak terlalu besar, ukuran daun serempak, dan berumur 2 minggu.

Semoga informasi tentang “Bagaimana Cara Budidaya Rumput Gajah Mini ala Sutarno?” di atas bisa bermanfaat.

Baca juga:

Leave a Reply