Andari Setiati, Pemilik Shalira Syar’i by Daiuwie ~ Sukses Usaha Pakaian Gamis Syar’I

Kegagalan menjalankan bisnis tak lantas membuat Andari Setiati terpuruk. Kembali memulai bisnis fesyen syar’I dari nol. Iapun berhasil membangun bisnis gamis yang belakangan menjadi tren. Tak mengherankan dalam waktu singkat, bisnisnya berkembang lewat sistem kemitraan hingga ke seluruh Indonesia bahkan mancanegara. Seperti apa kisah Andari Setiati menjalankan bisnis beromset ratusan juta sebulan ini?

Awal Usaha Shalira Syar’i by Daiuwie

Menjalankan usaha busana Muslim memang nggak ada matinya dan hal tersebut telah dibuktikan Andari Setiati dengan produk gamis syar’I. Bagi wanita yang akrab disapa Dai ini menjalankan usaha busana muslim bukan hanya sekadar mencari keuntungan semata melainkan juga ada unsur dakwah yang dibawa. “Saya menjalankan usaha ini agar dapat memberikan keuntungan ganda di dunia dan diakhirat,” ungkapnya.

Sebenarnya usaha busana Muslim yang dijalankan saat ini bukan usaha pertama. Dai mengaku sebelumnya pernah menjalankan usaha serupa yang dibangun pada bulan April 2012. Usaha yang diberi nama Aazimara tersebut dijalankan Dai bersama dua orang rekannya. Dengan produk berkualitas dan sistem pemasaran yang efektif membuat Aazimara cepat berkembang. Hal tersebut bisa dilihat dari jumlah reseller yang mencapai puluhan dan tersebar di seluruh indonesia serta omset yang telah mencapai ratusan juga per bulan.

Ditengah kesuksesan yang diraih, ternyata Dai  dan rekannya tidak sepaham dalam beberapa hal. Karena itu sejak November 2014 kerjasama yang dirintis selama 2 tahun belakangan pun berakhir. “Visi dan misi kita dalam menjalankan usaha sudah tidak sejalan karena itu tidak ada alasan untuk terus menjalankan usaha bersama,” ungkapnya.

Walaupun perpecahan tersebut dirasa sangat berat karena usaha yang dirintis bersama dengan penuh perjuangan  sedang berada di puncak namun kesedihan tersebut tidak dibiarkan berlarut. Dengan semangat berdakwah pada usaha yang dijalankan, membuat Dai cepat bangkit untuk kembali membangun usaha.

Andari Setiati, Pemilik Shalira Syar’i by Daiuwie ~ Sukses Usaha Pakaian Gamis Syar’I

Bangkit dari Kegagalan

Satu bulan setelah peristiwa tersebut tepatnya pada Desember 2014, Dai mulai merintis usaha serupa namun dengan brand dan semangat berbeda. Nama Shalira Syar’i by Daiuwie pun dipilih untuk usaha pakaian gamis syar’I yang dijalankan.

Bersama seorang sahabat Dhiah Rully Handayani, Dai memulai semuanya dari nol. Mulai dari mencari penjahit, membuat desain hingga memilih bahan yang tepat. Namun berbekal pengalaman sebelumnya, hal itu tidak terlalu sulit bagi Dai. “Alhamdullilah, dengan pengalaman usaha sebelumya saya tidak kesulitan untuk membangun usaha dari awal,” jelas Dai.

Berbagai sistem promosi dilakukan Dai untuk memperkenalkan usaha barunya namun promosi yang dilakukan tidak jauh berbeda dari sistem sebelumnya. Melalui jejaring sosial seperti facebook dan instagram serta menghubungi konsumen di usaha awal Dai mulai memperkenalkan usaha. Di luar itu, Dai juga memperkuat promosinya dengan menggandeng komunitas seperti salah satunya komunitas ngafe bisnis dan kopi tangsel. “Selain untuk berbagi pengalaman berwirausaha, di komunitas tersebut kita juga bisa saling bekerja sama dalam hal penjualan produk, “ ungkap Dai semangat.

Limited Edition

Dibandingkan dengan gamis syar’I pada umumnya, Shalira Syar’i by Daiuwie memiliki beberapa keunggulan. Bila gamis pada umumnya menggunakan bahan kaos, Shalira Syar’i by Daiuwie menggunakan bahan wolly crepe, woffis dan twiscone. Menurut Dai bahan-bahan tersebut sangat cocok untuk pakaian gamis syar’I karena selain lembut juga tidak mudah kusut. Bahan tersebut juga memiliki ketebalan yang cukup sehingga membuat penggunaannya tidak perlu risau akan tembus pandang atau membentuk tubuh pemakainya.

Tak Cuma pada bahan gamis yang ditawarkan, Shalira Syar’i by Daiuwie juga memiliki varian yang beragam terutama dalam warna dengan tambahan cadar dan kantung pada bagian kanan gamis sehingga menambah kesan syar’I namun tetap trendy. Agar tidak pasaran dan memiliki nilai jual lebih Dai mencoba memproduksi secara terbatas produknya (limited edition). “Setiap bulan kita hanya mengeluarkan satu edisi atau desain dengan harga mulai dari Rp 380-470 ribu,” tuturnya.

Keagenan

Guna memperluas jangkauan penjualan, Dai menerapkan strategi pemasaran dengan cara keagenan. Hingga kini Shalira Syar’i by Daiuwie telah memiliki 5 distributor yang terletak di Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan Papua dan 25 agen yang tersebar di seluruh Indonesia dan 1 agen di Qatar. “Alhamdullilah omset yang di dapat dari penjualan kami bisa sekitar Rp200 juta,” ungkapnya

Untuk menjadi agen Shalira Syar’i by Daiuwie tidaklah sulit, calon agen hanya perlu membeli minimal 25 pcs gamis dan hijab maka akan menerima potongan harga 15% sedangkan untuk menjadi distributor minimal 50-100 pcs gamis sehingga mendapatkan potongan harga 25-30%. “Kalau untuk reseller minimal permbelian 3 stel per bulan akan mendapatkan potongan harga 10%,” tuturnya.

Promosi dan Beramal

Seperti umumnya busana Muslim lainnya yang menjalin kerjasama dengan artis untuk mengenalkan brand mereka. Shalira Syar’i by Daiuwie juga melakukan promosi dengan meng-endorse beberapa artis seperti Indadari, dan istri dari Caesar YKS. Dai juga aktif melakukan promosi di media sosial dengan posting di akun instagram @shalirayari, tidak heran bila Shalira Syar’i by Daiuwie sering diliput media baik cetak, elektronik maupun online.

Meski mengalami kesuksesan yang begitu cepat, Dai sadar bahwa keuntungan yang diraihnya saat ini ada hak orang lain di dalamnya, karena itu selain berinvestasi untuk keperluan akhiratnya nanti yaitu dengan menyisihkan sebagian keuntungannya untuk  orang-orang yang berhak mendapatkan seperti pada anak yatim piatu dan sebagainya.

Info lebih lanjutn tentang peluang bisnis usaha busana Muslim ini, hubungi:

Shalira Syar’i by Daiuwie
Graha Bunga, Blok GB 7 No 43 Pondok Jagung, Tangerang
Facebook fanpage: Shalira Syar’i
Instagram: shalirasyar’i

Baca juga:

Leave a Reply