Analisis Usaha Cafe Kecil-Kecilan Beserta Rincian Modal

Untuk membuka usaha cafe kecil-kecilan kita harus mempunyai target pemasaran atau segmen pemasaran. Segmen yang cocok untuk bisnis cafe kecil-kecilan adalah untuk pelajar dan mahasiswa. Kita tahun sendiri uang pelajar dan mahasiswa juga cocok untuk nongkrong di cafe kecil. Untuk itu perlu pemilihan lokasi yang tepat buat cafe agar bisa terjamah pelajar dan mahasiswa, tidak terlalu jauh dan juga terlalu ramai atau bising.

Modal Usaha Cafe Kecil-Kecilan

Berikut modal yang harus dikeluarkan untuk membuka usaha cafe kecil-kecilan, tidak harus sama, namun rincian modal di bawah ini adalah contoh modal bagi pemula untuk membuka cafe sederhana :

  • Sewa toko/bangunan selama 1 tahun = Rp 8.000.000
  • Meja dan kursi 10 set @Rp 100.000 = Rp 1.000.000
  • Etalase = Rp 1.000.000
  • Peralatan makan piring, gelas dan lain-lain = Rp 1.500.000
  • Peralatan masak, kompor dan lain-lain = Rp 3.500.000
  • Bahan baku awal = Rp 3.000.000
  • Biaya lain-lain = Rp 4.000.000
  • Gaji pelayan 2 orang = Rp 2.000.000

Total  = Rp 24.000.000

Tips Sukses Cafe Kecil-Kecilan

Setelah kita tahu peluang usaha dan modal yang dibutuhkan untuk membuka usaha cafe kecil-kecilan, sekarang kita lanjut mengenai tips bagaimana bisnis cafe kecil-kecilan yang kita jalankan laris dan ramai pengunjung. Berikut ulasannya :

Analisis Usaha Cafe Kecil-Kecilan Beserta Rincian Modal

1. Lokasi usaha

Lokasi usaha bisnis yang cocok untuk mahasiswa adalah yang dekat dengan area kampus. Makin sering cafe anda dilewati oleh pelajar dan mahasiswa, makin besar kemungkinan cafe anda akan dikunjungi. Usahakan lokasi tidak terlalu bising dengan kegiatan akademik, karena cafe biasanya buat membicarakan di luar itu.

2. Buat konsep yang unik dan menarik, namun klasik

Buatlah konsep yang menarik misalnya konsep yang terlihat klasik. Namun nuasa modern, anak muda dan kekinian. Seperti halnya menyajikan lagu hits. Untuk menata kursi dan meja sebaiknya sediakan meja besar, sedang dan couple biar yang datang bisa memilih sesuka hati. Tidak mungkin anak muda pacaran duduk di kursi dengan meja besar yang bisa muat 10 orang.

3. Daftar menu lengkap dan murah

Kebanyakan dari mereka yang datang ke cafe adalah untuk menikmati kopi, minuman dingin dan aneka jus sambil ngobrol santai. Jarang ada yang memesan makanan seperti nasi goreng dan ayam bakar, haha. Selain mahal, di pinggir jalan juga banyak dan murah. Jadi perbanyaklah aneka minuman dan snack ringan.

3. WiFi gratis

Tersedianya fasilitas akses internet gratis adalah pilihan disamping menu makanan yang murah, karena anak muda dekat dengan sosial media yang tentu membutuhkan akses internet setiap waktu. Jadi menyediakan layanan ini adalah pilihat tepat.

5. Promo melalui voucher minuman dan makanan gratis

Cara ini adalah langkah tepat promosi cafe anda kepada mahasiswa. Kita tahu bahwa muka gratisan sangat melekat pada orang Indonesia terutama mahasiswa perantauan/anak kost. Jadi berilah voucher gratis untuk pemesanan lebih dari nominal yang ditentukan serta kunjungan yang ditentukan.

Itulah analisa usaha cafe kecil-kecilan beserta rincian modal yang dibutuhkan. Semoga bisa membantu Anda, terutama jiwa-jiwa pebisnis yang haus akan keberhasilan usaha.

Baca juga:

Leave a Reply